Studi Literatur: Pelayanan Konseling Behavior Teknik Kontrak Perilaku Untuk Menangani Perilaku Terlambat
Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.29408/jkp.v9i1.27995Keywords:
Pelayanan konsleing behavior teknik perilaku, Perilaku Terlambat, Self ManagementAbstract
Perilaku terlambat ke sekolah merupakan kebiasaan melanggar norma yang telah ditentukan oleh pihak sekolah. Jika siswa terlambat kesekolah bisa dipatikan self management yang ada pada dirinya belum terancang dengan baik. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui seberapa efektif pelayanan konsleing behavior teknik kontrak perilaku dalam menangani keterlambatan siswa saat datang ke sekolah. Metode penelitian ini menggunakan kualitatif dengan pendekatan studi literatur. Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini yaitu keefektifan dalam pelayanan konsleing behavior teknik perilaku untuk menangani perilaku terlambat siswa dan menumbuhkan self management yang bagus bagi siswa guna meningkatkan kedisiplinan siswa.
References
Aini, W. H., Saman, A., & Pandang, A. (2023). Pengaruh Teknik Self-Management Dalam Mengatasi Perilaku Terlambat Datang Ke Sekolah Pada Siswa Smp Negeri 2 Bajeng Barat the Influence of Self-Management Techniques in Overcoming Tardiness Behavior Among Students of Smp Negeri 2 Bajeng Barat. 3, 1–20.
Astuti, A. D., & Lestari, S. D. (2020). Teknik Self Management untuk mengurangi perilaku terlambat datang di Sekolah. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 10(1), 54. https://doi.org/10.25273/counsellia.v10i1.6304
Badan Pusat Statistik Indonesia. (2022). Statistik Pendidikan Indonesia 2022. Badan Pusat Statistik, February, 1–353.
Baihaqi, A., & Utami, R. (2020). Menurunkan Perilaku Siswa Terlambat Masuk Sekolah Melalui Konseling Kelompok Dengan Teknik Restrukturing Kognitif. HELPER : Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 37(1), 23–31. https://doi.org/10.36456/helper.vol37.no1.a2830
Chasanah, N. (2017). Upaya Mengatasi Keterlambatan Siswa Masuk Kelas Melalui Layanan Penguasaan Konten Dengan Teknik Manajemen Waktu. Jurnal Menejemen Waktu, 4(2), 29–40.
Corey, G. (1995). Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi. PT. Eresku.
Diyah’ulhaq, N. R., & Hariastuti, R. T. (2023). Studi Literatur Tentang Penanganan Siswa Terlambat Hadir Di Sekolah. 649–655.
Fikri, A., Sinring, H. A., & Pandang, H. A. (2021). Penerapan Teknik Kontrak Perilaku untuk Mengurangi Perilaku Membolos Siswa di SMA Negeri 11 Sidrap (Application of Behavior Contract Techniques to Reduce Student Ditching Behavior in Senior High School 11 Sidrap). PINISI JOURNAL OF EDUCATION, 1, 1–26.
Hafidzun, M., Maghfiroh, N. H., & Suharmawan, W. (2023). SEKOLAH DI KELAS XIII TKJ SMK MINHAJUT THULLAB MUNCAR BANYUWANGI TAHUN AJARAN 2022 / 2023. CONSILIUM Journal : Journal Education and Counseling, 457–464.
Harahap, A. C. P., Syafira, R., & Nasution, S. (2022). Terlambat Sekolah (Studi Kasus pada Anak Pesisir Pantai). Jurnal Pendidikan Konseling, 4(4), 6552–6558. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/6527/4922
Manuaba, I. B. P. W. G., Dharmayanti, P. A., & Lestari, L. P. (2022). Pengembangan Buku Panduan Konseling Behavioral Teknik Kontrak Prilaku Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa Smp. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Indonesia, 7(1), 1–13. http://dx.doi.org/10.1186/s13662-017-1121-6%0Ahttps://doi.org/10.1007/s41980-018-0101-2%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.cnsns.2018.04.019%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.cam.2017.10.014%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.apm.2011.07.041%0Ahttp://arxiv.org/abs/1502.020
Muslih, Y. N., Wibowo, M. E., & Purwanto, E. (2017). Konseling Behavioral menggunakan Teknik Kontrak Perilaku dengan Students’ Logbook untuk Meningkatkan Minat Membaca Siswa. Jurnal Bimbingan Konseling, 6(1), 34–43.
Simamora, F. M., Yuline, Y., & Wicaksono, L. (2024). Studi Kasus Tentang Peserta Didik Yang Sering Terlambat Datang Ke Sekolah Di SMA Negeri 11 Pontianak Barat. Academy of Education Journal, 15(2), 1168–1176. https://doi.org/10.47200/aoej.v15i2.2385
Situmeang, D., Situmeang, E., Sijabat, M., Zalukhu, S. M., Simajuntak, F., & Sitepu, H. I. (2024). Identifikasi Penyebab Siswa Terlambat Datang Setiap Pagi ke Sekolah. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research Volume, 4(3), 14056–14063.
Sukatin, Nurhaliza, M., Fatimah, D., Habibah, Pramudia, D., & Saputra, A. (2021). Studi Tentang Penanganan Siswa yang Terlambat Tiba di Sekolah oleh Guru BK SMA Negeri 13 Muaro Jambi Sukatin , Meisy Nurhaliza , Dewi Fatimah , Habibah , Deni Pramudia , Andre Saputra The purpose of this study is to know ( 1 ) pattern of student senior hi. Jurnal Ilmu Lmu Kependidikan, 2008, 71–75.
Sukur, A. M., Ruslan, R. A., & Alfiati, D. (2023). Penerapan Teknik Self Management Dalam Mengurangi Perilaku Terlambat Siswa SMA Islam Athirah BukitBaruga. Jurnal Kebijakan, 02(November), 1–5.
Taha, R. A., & Sujana, I. N. (2021). Pengaruh Penerapan Tata Tertib Sekolah Terhadap Disiplin Belajar Siswa. EKUITAS: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 1(3), 170–188. https://doi.org/10.36418/sosains.v1i3.50
Triyaningtias, Y., Puspitasari, D., & Nugraha, A. (2020). Teknik Self Management untuk Mengurangi Perilaku Terlambat Datang di Sekolah. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 10(1), 54. https://doi.org/10.25273/counsellia.v10i1.6304
Umaria, S. R. (2019). Analisis perilaku terlambat pada peserta didik SMP Negeri 2 Sungai Raya. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2.
Wahidin, J. H. (2024). Analisis Perilaku terlambat dan Penangannya. Jurnal Pendidikan Pasar Dan Menengah (Dikdasmen), 3(3), 138–142. https://doi.org/10.31960/dikdasmen-v3i3-2426
Yasa, I. M. O., Mahaardhika, I. M., & Tari, I. D. A. E. P. D. (2024). Implementasi Konseling Behavior dengan Teknik Kontrak Perilaku Untuk Meningkatkan Perilaku Disiplin Siswa di Sekolah Menengah Atas. … Bimbingan Dan Konseling …, 3(1), 6–13. https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/jbk/article/download/3929/2617
Yunita, A. R. (2021). Efektifitas Behavior Contract Untuk Mengurangi Perilaku Terlambat Peserta Didik Kelas XI BDP SMK Negeri 1 Metro. Jurnal Guru Indonesia, 1(6), 2021. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/alurwatul
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Layts Layyin Layyin, Baharudin All Habsy, Budi Purwoko, Elisabeth Christiana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
All writings in this journal are the full responsibility of the author. JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) provides open access to benefit anyone with valuable information and findings. JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) can be accessed free of charge at no cost, following the creative commons license. Authors who publish articles in the JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) must comply with the following conditions:
The author retains the copyright and grants the right of first publication with the work licensed simultaneously under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license, allowing others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors may make additional separate contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published journal version of the work (for example, posting it to an institution or publishing it in a book), acknowledging its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (for example, on institutional repositories or websites) before and during the submission process, resulting in a productive exchange and earlier and more extensive citations of the published work.
All articles in this journal are the sole responsibility of the author. JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) provides open access to benefit anyone with valuable information and findings. JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) can be accessed and downloaded for free, following the creative commons license.
JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License