Konseling Kelompok Dalam Menghadapi Stress Akademik Dan Tekanan Orang Tua Pada Mahasiswa

Indonesia

Authors

  • Nisa Lutvia Nurjanah Universitas Islam Negri Sultan Maulana Hasanudin Banten
  • Ayatullah Humaeni UIN Sultam Maulana Hasanuddin Banten
  • Iwan Kosasih UIN Sultam Maulana Hasanuddin Banten
  • Isak Iskandar UIN Sultam Maulana Hasanuddin Banten

DOI:

https://doi.org/10.29408/jkp.v9i1.28706

Keywords:

Konseling Kelompok, Stress Akademik, Tekanan Orang Tua, Mahasiswa

Abstract

Stres akademik dan tekanan dari orang tua merupakan tantangan yang sering dihadapi oleh mahasiswa, yang dapat berdampak negatif pada kesehatan mental dan kinerja akademik mereka. Berbagai macam tantangan yang dihadapi oleh mahasiswa baik terkait akademik maupun non akademik. Salah satu tantangan yang berat ketika mahasiswa sudah berada pada tingkat akhir. Mahasiswa dituntut untuk bisa mengerjakan tugas akhir atau skripsi dan juga Praktek Profesi Lapangan (PPL). Ketidakmampuan pemenuhan tuntutan akademik ini pada akhirnya memicu reaksi fisik, perilaku, pikiran, dan emosi negatif. Maka dari itu, sebelum semakin jauh, penelitian ini dilakukan pada mahasiswa semester bawah. Apabila tidak diatasi dengan baik, maka dapat berujung kepada distres dan memperburuk kondisi akademik mahasiswa. Artikel ini mengeksplorasi peran konseling kelompok sebagai metode intervensi yang efektif dalam membantu mahasiswa mengatasi stres akademik dan tekanan dari orang tua. Melalui konseling kelompok, mahasiswa dapat berbagi pengalaman, mendapatkan dukungan emosional, serta mengembangkan strategi coping yang lebih baik. Penelitian menunjukkan bahwa konseling kelompok tidak hanya meningkatkan kesejahteraan psikologis tetapi juga memperkuat hubungan sosial di antara peserta. Dengan pendekatan yang melibatkan diskusi, latihan keterampilan, dan dukungan sosial, konseling kelompok dapat membantu mahasiswa mengurangi tingkat stres dan meningkatkan kemampuan mereka dalam
menghadapi tuntutan akademik. Artikel ini juga memberikan rekomendasi untuk pengembangan program konseling kelompok di institusi pendidikan sebagai upaya untuk mendukung kesehatan mental mahasiswa. Hasil penelitian yang sudah dilakukan, bahwasanya Stres akademik bisa terjadi dikarenakan tuntutan dan tekanan dari orang tua yang semakin meningkat, apalagi jika tidak terdapat kesesuaian antara tuntutan atau tekanan orang tua dengan perolehan anaknya. Akibat tekanan dari orangtua yang meningkat akan dapat mengakibatkan siswa mengalami stres akademik.

References

‘22200011128_BAB-I_IV-Atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.Pdf’

Arifyanto, Alber Tigor, ‘Kata Kunci: Stres Akademik, Layanan Bimbingan Kelompok’, 27 (2020), 10–17

Hafizd, Jefik Zulfikar, ‘Implementasi Peran Mahasiswa Sebagai Agent Of Change Melalui Karya Tulis Ilmiah’, 4.2 (2022), 175–84

Hermina, Ceria, and Dyta Setiawati Hariyono, ‘Oleh ’:, 163–74

Ii, B A B, ‘No Title’, 2002, 29–63

Khoir, Rizky, Apriansyah Pane, Islam Negeri, and Sumatera Utara, ‘UPAYA GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MENGATASI STRESS AKADEMIK SISWA SELAMA PEMBELAJARAN DI MTS SWASTA AL-’, 3.2 (2023), 61–70

Khusnah, Umi Khamidatul, Zidni Ilma Atmagistri, and Iklasul Amalia, ‘Konseling Kelompok Dengan Art Therapy Dalam Mengatasi Kejenuhan Warga Binaan Rutan Kelas 1 Surabaya’, 5.1 (2024)

Konseling, Keefektifan, Kelompok Realita, Meningkatkan Resiliensi, Diri Mahasiswa, Program Studi, Bimbingan Dan, and others, ‘Keefektifan Konseling Kelompok Realita Untuk Meningkatkan Resiliensi Diri Mahasiswa Tahun Pertama’, 2022

Ningtiyas, Ayu, ‘Layanan Konseling Kelompok Dalam Upaya Meningkatkan Percaya Diri Peserta Didik’, 1.1 (2020), 13–16

Pengantar, Kata, ‘No Title’

Psikologi, Program Studi, Fakultas Kedokteran, and Universitas Sriwijaya, ‘No Title’, 2.2 (2023), 39–48

Setyawan, Nova, and A Fa, ‘Kajian Literatur : Bisakah Konseling Kelompok Realita Meningkatkan Tanggung Jawab Belajar Siswa ?’, 2023, 107–18

Stres, Manajemen, and Mahasiswa Semester Akhir, ‘No Title’, November, 2019, 852–58 <https://doi.org/10.30998/simponi.v0i0.331>

Yandri, Hengki, Gusti Rahayu, and S Neviyarni, ‘Kebermaknaan Konseling Kelompok Dalam Menanggulangi Masalah Kehidupan’, 4.2 (2022), 59–69

Konseling Kelompok Sesi 1

Konseling Kelompok Sesi 2

Downloads

Published

30-06-2025

How to Cite

Nisa Lutvia Nurjanah, Humaeni, A., Kosasih, I., & Iskandar, I. (2025). Konseling Kelompok Dalam Menghadapi Stress Akademik Dan Tekanan Orang Tua Pada Mahasiswa: Indonesia. JKP (Jurnal Konseling Pendidikan), 9(1), 17–31. https://doi.org/10.29408/jkp.v9i1.28706