Analisis Asesment Daftar Cek Masalah (DCM) Berbasis Aplikasi Google Form (Studi Pendahuluan Di Sman 1 Sukamulia)
DOI:
https://doi.org/10.29408/jkp.v9i1.29127Keywords:
Asessmet, student need, guidance and counseling, Asesment, DCM, Google Form.Abstract
DCM merupakan salah satu instrumen yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi masalah siswa. DCM yang banyak digunakan berbentuk paper based. Hal ini menyebabkan kesulitan dalam proses perhitungan dan penyimpanan. Salah satu tools yang bisa dimanfaatkan untuk mempermudah proses instrumentasi dalam BK adalah dengan aplikasi google form karena bersifat aplikasi data base dan bernilai paper less. Aplikasi ini sangat memudahkan guru BK dalam proses pengisian, instrumentasi dan administrasi. Metode penelitian menggunakan survey. Item yang dikembangkan dalam google form ini terdiri dari 45 item yang terbagi dalam bidang pribadi, sosial, belajar dan karir. Sedangkan pada versi paper based, DCM berjumlah 240 item, yang dibagi ke dalam beberapa bidang, yaitu (1) kesehatan, (2) ekonomi, (3) kehidupan keluarga, (4)agama dan moral, (5)rekreasi dan hobi, (6) hubungan pribadi, (7) kehidupan sosial-keaktifan berorganisasi,(8) muda mudi/ remaja, (9) penyesuaian terhadap sekolah, (10) penyesuaian kurikulum, (11) kebiasaan belajar, (12) masa depan dan cita-cita. Berdasarkan hasil anaklisis hasil survey diperoleh prosentase setiap bidang yaitu pribadi 1.67%, sosial 1.67%, belajar 2.50%, dan karir 2.08%. Dengan demikian, permasalahan tertinggi terdapat pada bidang belajar. Hal ini menunjukkan kebutuhan akan layanan pada bidang belajar harus diprioritaskan.
References
Arsini, Y. et al. (2023) ‘Bentuk-Bentuk dan Cara Menganalisis Kebutuhan’, Liberosis: Jurnal Psikologi dan Bimbingan Konseling, 1(2), pp. 21–30. Available at: https://doi.org/10.3287/liberosis.v1i2.927.
Divinubun, S., Mahaly, S.,umail (2021) ‘Pelatihan Penggunaan DCM (Daftar Cek Masalah) Bagi Guru Bimbingan Konseling Dalam Mengidentifikasi Masalah Siswa’, Jurnal Pustaka Mitra (Pusat Akses Kajian Mengabdi Terhadap Masyarakat), 1(1), pp. 19–23.
Fauziyyah, S.A. (2023) ‘Identifikasi Pelaksanaan Need Asesmen dan Program Bimbingan dan Konseling di SMPN 2 Rongga’, Quanta : Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling dalam Pendidikan, 7(2), pp. 68–73. Available at: https://doi.org/10.22460/quanta.v7i2.3610.
Habsy, B.A., Puspitahaqni, V., Berliana, A.R. (2024) ‘Daftar Cek Masalah sebagai Asesmen Kebutuhan Siswa si Sekolah Menengah’, Tsaqofah, 4(4), pp. 2273–2282. Available at: https://doi.org/10.58578/tsaqofah.v4i4.3079.
Ilmi, N., Aulia, F. and Yulianti, D. (2024) ‘Analisis Angket Kebutuhan Peserta Didik Di Smpn 3 Selong Dalam Kegiatan Layanan Bimbingan dan Konseling’, JKP (Jurnal Konseling Pendidikan), 8(1), pp. 30–35. Available at: https://doi.org/10.29408/jkp.v8i1.26003.
Komalasari, G., Wahyuni, E. and Karsih (2016) Teori dan Teknik Konseling. Jakarta: PT. Indeks (5).
Mahdum, M. et al. (2024) ‘Tuntaskan hambatan belajar dengan Pemberian Asesmen DCM di SMA NEGERI 2 TUALANG’, Jurnal Pengabdian Masyarakat Akademisi, 2(4), pp. 38–42. Available at: https://doi.org/10.59024/jpma.v2i4.918.
Nurihsan, J. (2010) Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.
Rahardjo, S. and Gudnanto (2013) Pemahaman Individu Teknik Non Tes. Revisi. Jakarta: Kencana Prenamedia Group.
Retno Ningsih, D., Fatmah and Okfriandiani Naurdi, D.A. (2021) Asesmen Nontes Bimbingan dan Konseling. Malang: Institut Agama Islam Sunan Kalijogo Malang.
Rifa’i and Mastur (2009) ‘APLIKASI DCM SMP - SMA VERSI 40 ( MASTER )’.
Sudibyo, H. and Budiman S, M.A. (2021) ‘Need Asessment Program Bimbingan dan Konseling Komprehensif Berbantuan Google Form’, Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia, 6(2). Available at: http://www.i-rpp.com/index.php/jpp/article/view/1318 (Accessed: 26 December 2024).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Fitri Aulia, Fathurrahman, Winda Sukmani, Muhamad Rizki Fahmi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
All writings in this journal are the full responsibility of the author. JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) provides open access to benefit anyone with valuable information and findings. JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) can be accessed free of charge at no cost, following the creative commons license. Authors who publish articles in the JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) must comply with the following conditions:
The author retains the copyright and grants the right of first publication with the work licensed simultaneously under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license, allowing others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors may make additional separate contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published journal version of the work (for example, posting it to an institution or publishing it in a book), acknowledging its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (for example, on institutional repositories or websites) before and during the submission process, resulting in a productive exchange and earlier and more extensive citations of the published work.
All articles in this journal are the sole responsibility of the author. JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) provides open access to benefit anyone with valuable information and findings. JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) can be accessed and downloaded for free, following the creative commons license.
JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License