PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL UNTUK MENINGKATKAN SELF CONTROL SISWA KELAS XI BUSANA DI SMK NEGERI 2 SELONG

Authors

  • Desi Ariska Universitas Hamzanwadi
  • Aidil Zaky Universitas Hamzanwadi
  • Mushifuddin Universitas Hamzanwadi

DOI:

https://doi.org/10.29408/jkp.v8i2.30290

Keywords:

Layanan Bimbingan Klasikal, Self control, siswa SMK, layanan bimbingan klasikal

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan klasikal terhadap peningkatan self control siswa kelas XI Busana di SMK Negeri 2 Selong. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen one group pre-test dan post-test. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Busana yang berjumlah 32 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Busana yang berjumlah 32 orang siswa dan teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh dimana semua anggota populasinya dijadikan sampel. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuisioner skala self control dengan model likert. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan  adanya peningkatan self control pada siswa setelah diberikannya layanan bimbingan klasikal menggunakan menggunakan grand theory Averill 1973. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil uji-t dengan nilai sig 0,001 < α 0,05, jika nilai sig < 0,05 maka Ho di tolak dan Ha diterima. Sehingga dapat di simpulkan penelitian ini membuktikan bahwa layanan bimbingan klasikal efektif dalam meningkatkan self control siswa kelas XI Busana SMK Negeri 2 Selong.

 

Author Biography

Desi Ariska, Universitas Hamzanwadi

psikologi pendidikan

References

Ariati, J. (2018). Subjective well-being and self-control behavior. Jurnal Psikologi, 44(3), 199-209.

Averill, J. R. (1973). Personal control over eversive stimuli and it’s relationship to stress. Pichological Bulletin, No. 80. P. 286-303.

Awaliyah, M. S. (2024). Pengaruh Layanan Bimbingan Klasikal Terhadap Peningkatkan Self-Control Siswa Kelas VII di MTsN 9 Tanah Datar.

Ayu, S. P. (2018). Pengaruh Layanan Bimbingan Klasikal Untuk Meningkatkan Self Control Siswa Di SMAN 2 Sungai Tarab.

Baumeister, R. F., Heatherton, T. F., & Tice, D. M. (1994). Losing control: How and why people fail at self-regulation. San Diego, CA: Academic Press.

Chaplin, J. P. (2006). Kamus Lengkap Psikologi (terjemahan Kartono, K). PT. Raja Grafindo Persada: Jakarta.

Creswell, J. W. (2014). Research design: Qualitative, quantitative and mixed methods approaches (4th ed.). Thousand Oaks, CA: Sage.

Dapertemen Pendidikan Nasional. (2007). Jakarta: Balai Pustaka.

Departemen Pendidikan Nasional, (2003)., Undang-Undang Nomor 20, Tentang Sistem Pendidikan Nasional, (Jakarta: Depdiknas).

Devina, L. K. (2024). Eksperimentasi Konseling Individu Dalam Meningkatkan Self Control Peserta Didik SMP Negeri 3 Katibung (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Dewa Ketut Sukardi dan Desak P.E. Nila Kusmawati, Proses Bimbingan dan Konseling di Sekolah (Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2008)

Duckworth, A. L., & Gross, J. J. (2014). Self-control and grit: Related but separable determinants of success. Current Directions in Psychological Science, 23(5), 319-325.

Elizabeth B, H. (2011). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Erlangga.

Faijin, F. (2020). Implementasi Bimbingan Klasikal Untuk Meningkatkan Self Control Pada Peserta Didik. Guiding World: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 3(1), 1-10.

Faried, L., & Nashori, F. (2012). Hubungan antara Self Control dan kecemasan menghadapi masa pembebasan pada narapidana di lembaga pemasyarakatan wirogunan yogyakarta. Khazanah, 5(2), 63–74.

Fatmawati, L., Rosra, M., & Ifdil, I. (2018). Kontrol diri remaja di tinjau dari pola asuh orang tua. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, 3(4), 172-180. https://doi.org/10.30653/001.201834.89

Febrita. D. 2014. Pengaruh Layanan Bimbingan Klasikal Menggunakan Media Audio-Visual Terhadap Hubungan Sosial Teman Sebaya Kelas VII di SMPN 4 Kota Bengkulu, Skripsi. Universitas Bengkulu.

Fitri, S. V. (2019). Layanan bimbingan klasikal untuk meningkatkan self-control dalam pergaulan remaja: Penelitian pada MAN 1 Kabupatn Bandung (Doctoral dissertation, UIN Sunan Gunung Djati Bandung).

Ghufron, M.N., Risnawita. R. S. 2010. Teori-Teori Psikologi. Yogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Hamdani. 2012. Bimbingan dan Penyuluhan. Bandung: Pustaka Setia.

Hidayah, N., & Ramli, M. (2015). Peran layanan bimbingan klasikal dalam meningkatkan self-regulated learning. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Konseling, 1(2), 81-89.

Hidayat, L. M. (2023). Efektivitas Layanan Informasi dengan Model Problem Based Learning dalam Meningkatkan Self-Control Siswa (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Padang).

https://doi.org/10.26858/jpsy.v7i1.16949

https://doi.org/10.30653/001.201943.108

Janna, N. M., & Herianto, H. (2021). Konsep uji validitas dan reliabilitas dengan menggunakan SPSS

Kartadinata, S. (2008). Kompilasi Konseling Lintas Budaya. In S. Kartadinata, Konseling Lintas Budaya (P. 125). Bandung: Pascasarjana Upi.

Kartono, K. (2010). Patologi Sosial 2: Kenakalan Remaja. Jakarta: CV. Rajawali Expres.

Kusmiran, E. (2011). kesehatan Reproduksi remaja dan Wanita. Salemba Medika.

Kusuma, A. D., & Mukhlishah, A. R. (2020). Perkembangan self-control pada remaja di Indonesia: Sebuah tinjauan lintas budaya. Jurnal Psikologi Sosial, 18(1), 1-12.

Marsela, R. D., & Supriatna, M. (2019). Konsep diri: Definisi dan faktor. Journal of Innovative Counseling: Theory, Practice, and Research, 3(02), 65-69.

Moffitt, T. E., Arseneault, L., Belsky, D., Dickson, N., Hancox, R. J., Harrington, H., ... & Sears, M. R. (2011). A gradient of childhood self-control predicts health, wealth, and public safety. Proceedings of the National Academy of Sciences, 108(7), 2693-2698.

Mukhtar, M., Yusuf, S., & Budiamin, A. (2016). Program Layanan Bimbingan Klasikal untuk Meningkatkan Self-Control Siswa. Psikopedagogia Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 5(1), 1

Mukhtar dkk, 2016. Ciri-ciri pada remaja. Jakarta: Rineka Cipta..

Nurbaniyah, F. (2016). Hubungan Antara Tingkat (Self-Control) Dengan Frekuensi Perilaku Merokok Pada Mahasiswa Laki-Laki Fakultas Teknik Program Studi Teknik Industri Universitas Muhammadiyah Gresik Angkatan 2010-2014 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Gresik).

Nurihsan, A. J. 2006. Bimbingan dan Konseling dalam Berbagai Latar Kehidupan, PT. Refika Aditama. Bandung.

Oktarini, I. (2014). Efektivitas Teknik Modeling untuk Peningkatan Pengendalian Diri Siswa. (Tesis). Sekolah Pascasarjana, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.

Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling Sekolah Menengah Atas (2016) SMA. Jakarta.

Permendikbut 111. (2014). Tentang Bimbingan dan Konseling Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

Prayitno & Erman Amti (2004). Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling, Jakarta: Rineka Cipta.

Prayitno. (2004). Layanan Bimbingan Klasikal. Padang: Universitas Negeri Padang.

Prayitno. (2017). Konseling profesional yang berhasil: Layanan dan kegiatan pendukung. Jakarta: Rajawali Pers.

Prayitno. Pedoman Khusus Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, departemen Pendidikan Nasional, 2004.

Priskila, M., Ramadhani, E., & Surtiyoni, E. (2021). Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Menggunakan Teknik Modeling Untuk Meningkatkan Self Control Siswa Kelas XI SMK Muhammadiyah 2 Palembang. Quanta: Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling dalam Pendidikan, 5(2), 56-60.

Punch, K. F. (2005). Introduction to social research: Quantitative and qualitative approaches (2nd ed.). Thousand Oaks, CA: Sage.

Santrock, J. W. (2010). Remaja (Edisi Kesebelas). Jakarta: Erlangga.

Saputra, W. N. E., & Handoko, H. (2019). Efektivitas pelatihan pengendalian diri untuk meningkatkan kontrol diri pada siswa SMA. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, 4(3), 99-108.

Setiawan, Y. (2015). Efektivitas layanan bimbingan klasikal untuk meningkatkan daya juang kelas XII SMA N 1 Banjarsari Tahun ajaran 2014/2015. (Tesis). Sekolah Pascasarjana, Univesitas Pendidikan Indonesia, Bandung.

Smet, B. (1994). Psikologi kesehatan. Jakarta: Grasindo.

Sucipto, S., Munadi, S., & Pratiwi, T. I. (2020). Pengaruh self-control terhadap prestasi belajar siswa di Indonesia: Sebuah kajian meta-analisis. Jurnal Pendidikan Karakter, 10(1), 85-98.

Sugiyono. (2017) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2019) Metode Penelitian Pendidikan Pedekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2022) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitaif Kualitatif dan R&D. Cet. 5 (Bandung: Alfabeta. 2014)

Tangney, J. P., Baumeister, R. F., & Boone, A. L. (2004). High self-control predicts good adjustment, less pathology, better grades, and interpersonal success. Journal of Personality, 72(2), 271-324.

Undang-undang RI nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional. (2003) Jakarta: Presiden RI.

Wahyuni, S., Yuline, Y., & Halida, H. (2023). Efektivitas Konseling Kelompok Menggunakan Teknik Want Doing Evaluation Planning (WDEP) Dalam Meningkatkan Self-Control Siswa Di Mts Negeri 2 Pontianak. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 10(3), 354-366.

Widoyoko, E. P. (2012). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wulandari, A., & Afdhal, A. (2021). Hubungan antara kontrol diri dengan prokrastinasi akademik pada siswa SMA Negeri di Kota Bandung. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Konseling, 7(1), 65-72.

Yusuf, L.N.2009. Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Rizqi Press. Bandung.

Downloads

Published

30-12-2024

How to Cite

Ariska, D., Zaky, A., & Mushifuddin. (2024). PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL UNTUK MENINGKATKAN SELF CONTROL SISWA KELAS XI BUSANA DI SMK NEGERI 2 SELONG. JKP (Jurnal Konseling Pendidikan), 8(2), 27–36. https://doi.org/10.29408/jkp.v8i2.30290