Pengembangan Media Berbasis Powerpoint Interaktif Untuk Perencanaan Karier Siswa Sekolah Menengah Atas
Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.29408/jkp.v9i1.30622Keywords:
Perencanaan Karier PowerPoint Interaktif, Media PembelajaranAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media berbasis PowerPoint interaktif yang valid, praktis, dan efektif untuk mendukung perencanaan karier siswa Sekolah Menengah Atas (SMA). Pengembangan media ini muncul karena kurangnya pengetahuan dan pemahaman di kalangan siswa mengenai jalur karier yang sesuai dengan minat, bakat, dan kepribadian mereka. Proses pengembangan menggunakan model Borg and Gall yang telah disederhanakan menjadi tujuh langkah. Para subjek dalam penelitian ini mencakup ahli materi, ahli media, serta siswa dan guru yang akan menggunakan media tersebut. Alat penelitian terdiri dari lembar validasi dan kuesioner untuk mengevaluasi kelayakan berdasarkan aspek isi, penyajian, bahasa, visual, serta interaktivitas. Hasil validasi menunjukkan bahwa media ini berada pada kategori “sangat layak”, dengan persentase 87,78% dari ahli materi, 93,57% dari ahli media, dan 96,76% dari pengguna. Media ini terbukti dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang perencanaan karier secara sistematis dan dalam konteks yang relevan, serta mampu digunakan dalam layanan bimbingan maupun secara mandiri
References
Ahmad Faqih Asy’ari. (2023). Perencanaan Karier Mahasiswa Bimbingan Konseling Islam. Al-Isyrof: Jurnal Bimbingan Konseling Islam. https://doi.org/10.51339/isyrof.v5i1.879
Anam, Syaiful, Nashihin, Husna, Taufik, Akbar, Mubarok, Sitompul, hamela sari, Manik, yuni mariani, Suparto, Arsid, Irfan, Jumini, Sri, Nurhab, muhamad irpan, Solehudin, W, nurul eko, & Luturmas, Yulius. (2023). Metode Penelitian (Kualitatif, Kuantitatif, Eksperimen, dan R&D). In Journal of Chemical Information and Modeling.
Ariyantini, Komang Yuni, & Tegeh, I. Made. (2022). Media Pembelajaran Interaktif Berbantuan Powerpoint Pada Subtema 1 Lingkungan Tempat Tinggalku Tema 8. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 5(2), 250–259. https://doi.org/10.23887/jp2.v5i2.47146
Asapari, Mugni. (2020). Desain Perangkat Pembelajaran: Bahasa Inggris Kontekstual.
Ayu, Maria Ni Komang, Widarnandana, I. Gde Dhika, & Retnoningtias, Diah Widiawati. (2022). Pentingnya Perencanaan Karier Terhadap Pengambilan Keputusan Karier. Psikostudia : Jurnal Psikologi. https://doi.org/10.30872/psikostudia.v11i3.7021
Farhan, Farhan, & Biran, Megaiswari. (2022). Perspektif teori holland dalam pemilihan karir siswa SMA di era teknologi informasi. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia. https://doi.org/10.29210/1202221148
Fatiha Simangunsong, Ulfa, & Mustika, Dea. (2022). Pengembangan Media Powerpoint Interaktif Pada Tema 6 Subtema 2 Kelas III Sekolah Dasar. IJoIS: Indonesian Journal of Islamic Studies. https://doi.org/10.59525/ijois.v3i1.92
Fatmasari, & Supriyatna, Adi. (2019). Pemilihan dan Pengembangan Karier Berdasarkan Minat, Bakat dan Kepribadian Remaja Menggunakan Forward Chaining (Election and Career Development Based on Interest, Talent and Personality Teenagers Using Forward Chaining). Jurnal Informatika.
Fatmawati, Andi. (2015). Pengembangan media blog sebagai sarana informasi untuk meningkatkan kemampuan perencanaan karir di sman 1 bulukumba. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan Dan Bimbingan Konseling. https://doi.org/10.26858/jpkk.v1i2.1814
Gulo, Safrinus, & Harefa, Amin Otoni. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Powerpoint. Educativo: Jurnal Pendidikan. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.40
Hamdani. (2020). Strategi Pembelajaran. In Cet. 1, Bandung : Pustaka Setia. Retrieved from https://ojs.fkip.ummetro.ac.id/index.php/bk/article/view/555
Irmawati, A., Pandang, A., &. Hasriani. (2023). Meningkatkan perencanaan karir melalui layanan bimbingan karir bagi peserta didik kelas XI. Retrieved from Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran
Mulyadi, Rajib, Hidayati, Tetra, & Maria, Siti. (2018). Pengaruh perencanaan karir pelatihan dan pengembangan karir terhadap kinerja karyawan. KINERJA. https://doi.org/10.29264/jkin.v15i1.1999
Noor Fatimah, Yasmine, Stifani Simamora, Maulana, Maghfirah, Syahidah, & Monalisa Purba, Frisca. (2024). Permasalahan Layanan Bimbingan Karier di Sekolah. Cendikia: Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 2(5), 161–180.
Nurfadhillah, Septy, Ningsih, Dwi Aulia, Ramadhania, Putri Rizky, & Sifa, Umi Nur. (2021). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD Negeri Kohod III. PENSA : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 243–255. Retrieved from https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pensa
Nurhayati Ramadhania, Yessy Elita, Vira Afriyati. (2017). Efektivitas layanan penguasaan konten dengan format kelompok menggunakan multimedia interaktif untuk meningkatkan kemampuan perencanaan karier siswa. Jurnal Ilmiah Bimbingan Dan Konseling.
Nurjanah, Aspi, Maulana, Haris, & Nurhayati, Nurhayati. (2023). Psikologi Pendidikan dan Manfaat bagi Pembelajaran: Tinjauan Literatur. Cendekia Inovatif Dan Berbudaya. https://doi.org/10.59996/cendib.v1i1.172
Putra, F. D., & Pratiwi, Y. (2022). Pengembangan media pembelajaran interaktif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, 10(1), 45–53
Rukmana, Rosiana Dwi, & Fitrihidajati, Herlina. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Powerpoint Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Komponen Ekosistem Kelas X. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 11(3), 621–633. https://doi.org/10.26740/bioedu.v11n3.p621-633
Sa’adah, Risa Nur, & Wahyu. (2022). Metode penelitian R&D (Research and Development) Kajian Teoretis dan Aplikatif. In Literasi Nusantara.
Sabrini, A., Syafriafdi, N., & Oktary, D. (2025). Bimbingan klasikal berbantuan multimedia untuk meningkatkan pemahaman diri dalam perencanaan karier siswa. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 7(1), 20–29. Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/388772115_Bimbingan_Klasikal_Berbantuan_Multimedia_untuk_Meningkatkan_Pemahaman_Diri_dalam_Perencanaan_Karier_Siswa
sangid, akhmad, & muhib, mohammad. (2019). strategi pembelajaran muhadatsah. Tarling : Journal of Language Education. https://doi.org/10.24090/tarling.v2i1.2226
Saputra, Ria, Diandita, Yusuf Nungky, & Zulfiati, Heri Maria. (2023). Pengembangan media pembelajaran berbasis web google sites pada pembelajaran ips sekolah dasar. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.962
Saputro, Junia Nur, Nanda, Wahyu, Malik, Muhammad Abdul, & Haryanto, Agus. (2020). Meningkatkan Perencanaan Karir Melalui Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Diskusi Socrates Pada Siswa Kelas XI dpib smk pancasila 2 jatisrono. Prosiding Pendidikan Profesi Guru Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Ahmad Dalan, 446–455.
Sugiyono. (2021a). Buku Metode Penelitian Pendidikan (kuantitatif,kualitatif,kombinasi R&D dan Penelitian Pendidikan. In Penerbit ALFABETA BANDUNG.
Sugiyono. (2021b). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kulaitatif, dan R&D, dan Penelitian Pendidikan). Alfabeta.
Sugiyono, Prof. Dr. metode penelitian kuantitatif, kualitatif,dan R&D. , Alfabeta, cv. (2016).
Umawaitina, Ilham. (2022). Penggunaan media power poin untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas xi ips sma alhilaal sanana. Pangea : Wahana Informasi Pengembangan Profesi Dan Ilmu Geografi. https://doi.org/10.33387/pangea.v3i2.4617
Wibowo, Agus. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif R&D. Jurnal Ilmu Pendidikan, Psikologi, Bimbingan Dan Konseling.
Yunita, S., & Fadillah, R. (2021). Pengaruh bimbingan karier terhadap pemahaman perencanaan karier peserta didik. Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia, 6(2), 123–130.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nurul, Maulida Hidayati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
All writings in this journal are the full responsibility of the author. JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) provides open access to benefit anyone with valuable information and findings. JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) can be accessed free of charge at no cost, following the creative commons license. Authors who publish articles in the JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) must comply with the following conditions:
The author retains the copyright and grants the right of first publication with the work licensed simultaneously under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license, allowing others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors may make additional separate contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published journal version of the work (for example, posting it to an institution or publishing it in a book), acknowledging its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (for example, on institutional repositories or websites) before and during the submission process, resulting in a productive exchange and earlier and more extensive citations of the published work.
All articles in this journal are the sole responsibility of the author. JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) provides open access to benefit anyone with valuable information and findings. JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) can be accessed and downloaded for free, following the creative commons license.
JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License