EFEKTIFITAS BELAJAR DI RUMAH ERA PANDEMI COVID -19 BAGI ANAK SEKOLAH DASAR

Muhammad Deni Siregar, Dukha YUnitasari, I Dewa Putu Partha, Safrudin Jauhari

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk melihat sejauh mana efektivitas proses belajar di rumah era pendemi covid -19 bagi anak sekolah dasar di masyarakat Nyelak Kelayu Jorong. Pelaksanaan penelitian di lapangan daam bentuk kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi, wawancara dan observasi. Subyek dalam penelitian ini adalah oran tua dan siswa, data di analisis dengan reduksi data yang tersaji untuk kemudian menarik kesimpulan. Pada saatnya pembahasannya di sampaikan secara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses beljar siswa di rumah tidak efektif, karena tidak terkontrol oleh guru, orang tua, dan lebih banyak maen-maen. Diketahui masyarakat Nyelak banyak buruh tani dan walau di beritahu diam di rumah namun sebgaian besar masyarakat terus melakukan kerja demi menopang kelangsungan hidup anak-anak mereka. Kontrol pendidikan yang paling tepat untuk meningkatkan proses belajar adalah orang tua dan guru.


Keywords


Efektivitas Belajar, Covid-19.

Full Text:

PDF

References


Aliyah, A., Abidin, Z., & Fathani, A. H. (2019). KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CORE (CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING, EXTENDING) BERBANTUAN ALAT PERAGA PUZZLE PADA MATERI KUBUS DAN BALOK. Jurnal Penelitian, Pendidikan, Dan Pembelajaran, 14(7).

Arifin, M. Z., Afifuddin, A., & Abidin, A. (2019). PROFESIONALISME DALAM MENINGKATKAN KINERJA TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PUBLIK (Studi Kasus di Kantor Kecamatan Lowokwaru Kota Malang).

Djamarah. (2002). Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta.

Iqbal, R., & Farihanto, M. N. (2019). KOMODIFIKASI VIDEO GAME DI SOSIAL MEDIA (STUDI KASUS VIDEO GAME RESIDENT EVIL VII: BIOHAZARD). Universitas Ahmad Dahlan.

Jamal, F. (2019). Analisis kesulitan belajar siswa dalam mata pelajaran matematika pada materi peluang kelas XI IPA SMA Muhammadiyah Meulaboh Johan Pahlawan. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1).

Lexy J. Moleong. (2002). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bum,i Aksara.

Lubis, N. M. (2019). ANALISIS PORTOFOLIO PRODUK PARIWISATA DALAM RANGKA MENENTUKAN PRIORITAS DESTINASI WISATA DI PROVINSI LAMPUNG.

Mardalis. (2002). Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Bumi Aksara.

Muchlis, M. (2019). KARAKTERISTIK GURU TELADAN DALAM TINJUAN AL-QURAN SURAH AL-KAHF AYAT 65. TAJDID: Jurnal Pemikiran Keislaman Dan Kemanusiaan, 3(1), 561–575.

MUI. (2020). Fatwa MUI RI dan Pemerintah tentang COVID-19 (terbaru, p. 1).

Oktavia, N. (2019). Konsep pengembangan pendidikan Islam di Indonesia telaah pemikiran Muhaimin. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Polri, M. (2020). Maklumat Mabes Polri bernomor Mak/2/III/2020.

Siregar, M. D., & Yunitasari, D. (2019). Meningkatkan Membaca Menulis Melalui Teknik SAS Kelas 3 MI No. 1 Pancor Lombok Timur. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(1), 32–39.


Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.