PENGARUH TEKNIK REBT DENGAN MENGGUNAKAN MODEL ABCDEF UNTUK MENGATASI RASA RENDAH DIRI SISWA
DOI:
https://doi.org/10.29408/jkp.v6i1.3080Keywords:
Rational Emotive Behavior Therapy (REBT), ABCDEF, Rasa Rendah DiriAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh teknik REBT dengan menggunakan model ABCDEF untuk mengatasi rasa rendah diri siswa kelas VII di MTs NW Tanak Maik Tahun Pembelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain subjek tunggal menggunakan desain (A-B). Dalam penelitian ini digunakan satu orang siswa yang bermasalah sebagai sampel yaitu yang diambil dengan teknik purposive. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala. Analisis data dilakukan pada fase baseline (A) dan fase intervensi (B), dan menggunakan rumus eksperimen subjek tunggal dengan menghitung banyaknya data poin (skor) dalam setiap kondisi, banyaknya variabel terikat yang ingin diubah, tingkat stabilitas data dan perubahan level data dalam satu kondisi atau antar kondisi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh pemberian layanan pendekatan konseling pengaruh konseling REBT dengan menggunakan model ABCDEF untuk mengatasi rasa rendah diri siswa di MTs NW Tanak Maik.References
Ahmad & Karunia. (2017). “Pengaruh Teknik Biblio Edukasi Terhadap Rasa Rendah Diri Pada Kelas XI di SMA Negeri 8 Mataramâ€. Mataram: FIP IKIP Mataram.
Ainun, Khasanah.(1999). “Bimbingan Konseling Agama Dalam Mengatasi Rasa Rendah Diriâ€. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Fakultas Dakwah. Institut Agama Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya: Surabaya
Arikunto, Suharsimi. (1998). Manajemen Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta
Azwar, Saifuddin.(2010). Metode Penelitian.Yogyakarta: PT Pustaka Pelajar
Corey, Gerald. (2005). Teori dan Praktek Konseling & Psikoterapi. Bandung: PT Refika Aditama
Erford, Bradley T. (2017). 40 Teknik Yang Harus Diketahui Setiap Konselor. Yogyakarta: PT Pustaka Pelajar
Enik Sartika, (2017). Konseling Rational Emotive Behaviour therapy (REBT) berbasis rasa syukur dalam meningkatkan konsep diri remaja, 2017/2018.
Girang, Firdaus. (2017). “Penggunaan Konseling Individu Rasional Emotif Behaviour Terapi Untuk Meningkatkan Konsep Diri Positif Peserta Didik Kelas IX SMPN 10 Bandar Lampungâ€. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. Lampung
Prayitno & Amti, Erman. 2009. Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta : PT Rineka cipta
Ridwan. (2017). Modul Keterampilan Dasar Konseling: Universitas Hamzanwadi
Sondi, Silalahi. (2018). “Konseling Rational Emotif Behaviour Therapy Dalam Mengembangkan kepercayaan Diri pada korban penyalahgunaan Napza di rehabilitas berbasis masyarakat mandiri Cirebon jawa baratâ€.Skripsi. Tidak Diterbitkan. Fakultas Ilmu Pendidikan Dakwah dan Ilmu Komunikasi. UIN Syarif Hidayatullah: Jakarta
Sugiyono, (2010) Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Alfabeta
Sukmadinata, Nana S. (2012). MetodePenelitianPendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Sunanto,Takeuchi,Nakata.(2005). Pengantar Penelitian Dengan Subyek Tunggal.Tsukuba: Criced
Suryabrata, Sumadi. (2011). Psikologi Pendidikan, Jakarta: PT: Raja Grafindo Persada
Suryosubroto. (2010). Beberapa Aspek Dasar-dasar Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta
Siska Wiyasa Oktora, (2017). Peningkatan Percaya Diri Dalam Belajar Menggunakan Konseling Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) Studi Kasus Siswa Kelas X SMA 15 Negeri Bandar Lampung Tahun 2017/2018.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Nusuki Nusuki, Dewi Yulianti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
All writings in this journal are the full responsibility of the author. JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) provides open access to benefit anyone with valuable information and findings. JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) can be accessed free of charge at no cost, following the creative commons license. Authors who publish articles in the JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) must comply with the following conditions:
The author retains the copyright and grants the right of first publication with the work licensed simultaneously under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license, allowing others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors may make additional separate contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published journal version of the work (for example, posting it to an institution or publishing it in a book), acknowledging its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (for example, on institutional repositories or websites) before and during the submission process, resulting in a productive exchange and earlier and more extensive citations of the published work.
All articles in this journal are the sole responsibility of the author. JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) provides open access to benefit anyone with valuable information and findings. JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) can be accessed and downloaded for free, following the creative commons license.
JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License