PENGARUH KONSELING INDIVIDU DENGAH PENDEKATAN BEHAVIOR TEHNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENGATASI PERILAKU MEMBOLOS DI SMA 1 SURALAGA
DOI:
https://doi.org/10.29408/jkp.v4i2.3087Keywords:
Membolos, Konseling Behavior, Tehnik Manajemen DiriAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah konseling individu dengan manajemen diri dapat mengatasi perilaku membolos siswa SMA Negeri 1 Suralaga. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X, XI dan XII SMA Negeri 1 Suralaga yang menunjukkan perilaku membolos yang berjumlah 6 (enam) orang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan bimbingan konseling (PTBK). Pengumpulan data yang dibutuhkan berupa pedoman observasi dan wawancara sebagai data pendukung dan angket (inventarisasi) digunakan sebagai alat pengumpulan data primer. Rancangan penelitian yang digunakan adalah pre test dan post test group, dalam rancangan penelitian ini dilakukan 2 kali observasi (pengukuran) yaitu sebelum dan sesudah treatmen. (01) dan (02) perbedaan antara 01 dan 02 diasumsikan sebagai efek dari pengobat. Kegiatan layanan konseling yang dilakukan dalam enam pertemuan untuk setiap klien dengan draft treatmen akan dilakukan dalam empat tahap yaitu penetapan tujuan penilaian - teknik implementasi - evaluasi dan terminasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perubahan positif dari penurunan yang signifikan pada perilaku membolos siswa setelah mendapatkan pelayanan konseling individu dengan pendekatan perilaku teknik manajemen diri, dengan rincian: perilaku membolos sebelum diberikan traktir menunjukkan persentase rata-rata 76% termasuk dalam kategori tinggi. Setelah dirawat persentase rata-rata 43,5% termasuk dalam kategori rendah.
References
Arikunto, Suharsimi. Edisi Revisi Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta, Jakarta 2006.
Corey, Gerald. Teori Dan Praktik Konseling dan Psikoterapi. PT. Refika Aditama, Bandung: 2005.
Dantes, Nyoman. 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta: CV Andi offset.
Depdikbud. 1996. Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah. Proyek Peningkatan Mutu Guru Pendidikan Dasar dan Menengah.
Gunarsa, Singgih. Psikologi Remaja. BPK Gunung Mulia Jakarta: 1981.
--------------------. Konseling dan Psikoterapi.PT.BPK Gunung Mulia Jakarta 2005.
Indri Astuti. Mengurangi Perilaku Membolos Siswa Dengan Menggunakan Layanan Konseling Individual (Studi Kasus Pada Siswa Kelas XI IPS di SMA Muhammadiah I Purbalingga). Skripsi 2009. Tidak ditebitkan.
Kartono, Kartini Bimbingan Bagi Anak dan Remaja yang Bermasalah. Rajawali Press Jakarta: 2003.
Latipun. 2008. Psikologi Konseling. UPT UMM Malang: 2011.
Munandir. Program Bimbingan Karier di Sekolah. Depdikbud Dirjen Pendidikan Tinggi, Proyek Pendidikan Tenaga Akademik. Jakarta: 1996.
Prayitno. Layanan Konseling Perorangan. Universitas Negeri Padang Press. Padang : 2004.
Prayitno dan Erman Amti. Dasar dasar bimbingan dan konseling. Rieneka cipta Jakarta. 2004.
Pujosuwarno, Sayekti. Berbagai Pendekatan Dalam Konseling. Menara Mas Offset Yogyakarta1993.
Ridlowo, Achmad. 2009. BK (siswa yang membolos) dalam. http://aridlowi. blogspot. com/2009/03/bk-siswa-yang-membolos.html. diakses 16 Sep. 2016
Suarni, Ketut.2004. Meningkatkan Motivasi Berprestasi Sekolah Menengah Umum di Bali dengan Strategi Pengelolaan Diri Model Yates (Studi Kuasi Eksperimental Pada Siswa Kelas 1 SMU di Bali). Disertasi (tidak diterbitkan).Yogyakarta. Universitas Gajah Mada.
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan, kuantitatif, kualitatif dan R&D). Alfabeta. Bandung: 2008.
Supriyo. Studi Kasus Bimbingan Konseling. CV. Nieuw Setapak Semarang: 2008.
Suryosubroto. Proses Belajar Mengajar di Sekolah.PT Rineka Cipta Jakarta: 2009.
Willis,Sofyan S. Konseling Individual Teori dan Praktik. Alfabeta Bandung: 2004.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
All writings in this journal are the full responsibility of the author. JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) provides open access to benefit anyone with valuable information and findings. JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) can be accessed free of charge at no cost, following the creative commons license. Authors who publish articles in the JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) must comply with the following conditions:
The author retains the copyright and grants the right of first publication with the work licensed simultaneously under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license, allowing others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors may make additional separate contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published journal version of the work (for example, posting it to an institution or publishing it in a book), acknowledging its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (for example, on institutional repositories or websites) before and during the submission process, resulting in a productive exchange and earlier and more extensive citations of the published work.
All articles in this journal are the sole responsibility of the author. JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) provides open access to benefit anyone with valuable information and findings. JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) can be accessed and downloaded for free, following the creative commons license.
JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License