HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGN INTERAKSI SOSIAL SISWA KELAS VII SMPN 01 TERARA LOMBOK TIMUR

Authors

  • Baiq Mahyatun Universitas Hamzanwadi
  • Desy Syofiyanti UIN Pekan Baru

DOI:

https://doi.org/10.29408/jkp.v5i1.3539

Keywords:

Kecerdasan Emosional dan Interaksi Sosial.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan bagai mana gambaran kecerdasan emosional siswa, interaksi sosial siswa, dan bagaimana hubungan antara kecerdasan emosional dengan interaksi sosial siswa SMPN 01 Terara Lombok Timur. Penelitian ini menggunakan deskriptif korelasional. Sampel penelitian adalah siswa kelas VII SMPN 01 Terara Lombok Timur, sebanyak 152 orang siswa, yang diperoleh dengan teknik non probability sampling. Data pemelitian dengan menggunakan angket. Teknik analisis data yang digunakan untuk melihat kecerdasan emosional, dan interaksi sosial siswa, yaitu dengan teknik statistik dengan menentukan nilai mean, standar, deviasi, range dan skor. Untuk melihat kedua hubungan diantara variabel digunakan tehnik Pearson Product Moment Corelation. Temuan penelitian menunjukkan bahwa, kecerdasan emosional siswa berada pada kategori sedang, interaksi sosial siswa berada pada kategori sedang dan terdapat hubungan yang signuifikan dan positif antara kecerdasan emosi dengan interaksi sosial dengan tingkat korelasi cukup kuat. Besar r hitung yaitu 0,546 yang berada pada taraf signifikansi sebesar 0,01. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi kecerdasan emosional siswa, maka interaksi sosial siswa semakin positif. Berdaasrkan temuan penelitian ini, diharapkan guru BK dapat memunculkan tema-tema kreatif yang lebih efektif dalam kegiatan konseling yang dapat dijadikan program pelayanan BK untuk meningkatkan kecerdasan emosional siswa sehingga dapat membangun interaksi sosial siswa yang positif.

 

 

Author Biography

Baiq Mahyatun, Universitas Hamzanwadi

Bimbingan dan konseling

References

C. Skiner and P., Spurgeon. 2001. Valuing Empathy and Emotional Entlligence in Healh Leadership: a study of empathy, leadership, behaviour and outcome effectiveness.

Goleman, D. 1995. Emotional Intligence: Why It Can Metter More Than IQ. New York: Macmillian Publising Company.

Garnerd, H. 1999. Frames Of Mind: The Theory Of Multiple Intelligence For 21 Century: New York: Basic Books.

Prayitno. 2010. Pengembangan Karakter Cerdas di Sekolah. Universitas Negeri Padang.

Suko, B. 2015. Keserdasan Emosional dengan Interaksi Sosial Siswa di Sekolah: International Counseling Seminar 2015. Universitas Negeri Padang.

Teori Interaksi Sosial menurut para Ahli- Universitas Psikologi. Warning – Copyright ! Sumber Tulisan: : https://www.universitaspsikologi.com/2020/12/teori-interaksi-sosial-menurut-para-ahli.html diakses 3 mei 2021.

Downloads

Published

30-06-2021