HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGN INTERAKSI SOSIAL SISWA KELAS VII SMPN 01 TERARA LOMBOK TIMUR
DOI:
https://doi.org/10.29408/jkp.v5i1.3539Keywords:
Kecerdasan Emosional dan Interaksi Sosial.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan bagai mana gambaran kecerdasan emosional siswa, interaksi sosial siswa, dan bagaimana hubungan antara kecerdasan emosional dengan interaksi sosial siswa SMPN 01 Terara Lombok Timur. Penelitian ini menggunakan deskriptif korelasional. Sampel penelitian adalah siswa kelas VII SMPN 01 Terara Lombok Timur, sebanyak 152 orang siswa, yang diperoleh dengan teknik non probability sampling. Data pemelitian dengan menggunakan angket. Teknik analisis data yang digunakan untuk melihat kecerdasan emosional, dan interaksi sosial siswa, yaitu dengan teknik statistik dengan menentukan nilai mean, standar, deviasi, range dan skor. Untuk melihat kedua hubungan diantara variabel digunakan tehnik Pearson Product Moment Corelation. Temuan penelitian menunjukkan bahwa, kecerdasan emosional siswa berada pada kategori sedang, interaksi sosial siswa berada pada kategori sedang dan terdapat hubungan yang signuifikan dan positif antara kecerdasan emosi dengan interaksi sosial dengan tingkat korelasi cukup kuat. Besar r hitung yaitu 0,546 yang berada pada taraf signifikansi sebesar 0,01. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi kecerdasan emosional siswa, maka interaksi sosial siswa semakin positif. Berdaasrkan temuan penelitian ini, diharapkan guru BK dapat memunculkan tema-tema kreatif yang lebih efektif dalam kegiatan konseling yang dapat dijadikan program pelayanan BK untuk meningkatkan kecerdasan emosional siswa sehingga dapat membangun interaksi sosial siswa yang positif.
References
C. Skiner and P., Spurgeon. 2001. Valuing Empathy and Emotional Entlligence in Healh Leadership: a study of empathy, leadership, behaviour and outcome effectiveness.
Goleman, D. 1995. Emotional Intligence: Why It Can Metter More Than IQ. New York: Macmillian Publising Company.
Garnerd, H. 1999. Frames Of Mind: The Theory Of Multiple Intelligence For 21 Century: New York: Basic Books.
Prayitno. 2010. Pengembangan Karakter Cerdas di Sekolah. Universitas Negeri Padang.
Suko, B. 2015. Keserdasan Emosional dengan Interaksi Sosial Siswa di Sekolah: International Counseling Seminar 2015. Universitas Negeri Padang.
Teori Interaksi Sosial menurut para Ahli- Universitas Psikologi. Warning – Copyright ! Sumber Tulisan: : https://www.universitaspsikologi.com/2020/12/teori-interaksi-sosial-menurut-para-ahli.html diakses 3 mei 2021.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Baiq Mahyatun, Desy Syofiyanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
All writings in this journal are the full responsibility of the author. JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) provides open access to benefit anyone with valuable information and findings. JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) can be accessed free of charge at no cost, following the creative commons license. Authors who publish articles in the JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) must comply with the following conditions:
The author retains the copyright and grants the right of first publication with the work licensed simultaneously under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license, allowing others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors may make additional separate contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published journal version of the work (for example, posting it to an institution or publishing it in a book), acknowledging its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (for example, on institutional repositories or websites) before and during the submission process, resulting in a productive exchange and earlier and more extensive citations of the published work.
All articles in this journal are the sole responsibility of the author. JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) provides open access to benefit anyone with valuable information and findings. JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) can be accessed and downloaded for free, following the creative commons license.
JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License