PERAN USTADZ DALAM MEKANISME PEMBIMBINGAN SANTRI PADA PONDOK PESANTREN DARUL CHALIDI NW PRINGGASELA
DOI:
https://doi.org/10.29408/jkp.v5i1.3542Keywords:
santri, bimbingan dan konseling di pesantrenAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran ustadz dalam mekanisme pembimbingan santri pada pondok pesantren Darul Chalidi NW Pringgasela. Tujuan lainnya yaitu untuk menganalisis peran-peran ustadz dan hambatan apa yang dihadapi dalam pembimbingan santri. Jenis penelitian ini adalah deskriptif, dengan menggunakan pendekatan campuran (mixed methods), yaitu perpaduan antara kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian adalah ustadz dan santri pada jenjang pendidikan SMP IT yang merupakan bagian dari Pondok Pesantren Darul Chalidi. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah angket, wawancara, oservasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis kuantitatif menunjukkan bahwa peran ustadz dalam mekanisme pembimbingan santri sangat tinggi, sebesar 85,8%, sedangkan kerjasama ustadz dan guru bimbingan dan konseling dalam mekanisme pembimbingan santri pada pondok pesantren Darul Chalidi berada pada kategori Baik, dengan hasil persentase menunjukkan 81,6%. Namun berdasarkan analisis kualitatif berupa wawancara dan observasi, kasus santri terbilang masih tinggi, serta peraturan pesantren kerap dilanggar oleh santri hal ini juga didukung oleh peran guru BK yang belum maksimal. Sehingga kesimpulannya adalah meskipun peran ustadz untuk membimbing santri termasuk kategori tinggi,,namun tidak diikuti dengan pelayanan pembimbingan yang dilakukan oleh guru bimbingan dan konseling, yang menyebabkan masih banyak kasus santri yang terjadi dan belum ditangani dengan baik.
References
Creswell, John. 2012. Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif Dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Daradjat,dkk. 2017. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Depag. 2003. Manajemen Pondok Pesantren.Jakarta: Diva Pustaka.
Depdiknas. 2008. Penataan Pendidikan Professional Konselor dan Layanan Bimbingan dan Konseling Dalam Jalur Pendidikan Formal.Jakarta.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2014. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.
Imam Abdul Aziz, (2019) Peran Ustadz Dalam Membina Karakter Santri Di Madrasah Pondok Pesantren Ma’hadul ‘Ilmi Wal ‘Amal Tulungagunghttp://Repo.Iain-Tulungagung.Ac.Id/Id/Eprint/10204
Khasanah, Uswatun. 2016. Peran ustadz dalam membentuk karakter santri di pondok pesantren pancasila salatiga tahun 2016. IAIN Salatiga. Hal.9
Matondang, Zulkifli (2009). validitas dan reliabilitas suatu instrumen penelitian. jurnal tabularasa, 6 (1). pp. 87-97. issn 1693-7732 . http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/705
Moleong, Lexy. 2002. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Naim, Ngainun. 2016. Menjadi Guru Inspiratif. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Prayitno,Erman Amti. 2013. Dasar-Dasar Bimbingan Dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.
Shaleh, Abdul.2000. Pendidikan Agama dan Keagamaan. Jakarta:Gemawindu Pancaperkasa.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Yasmadi. 20005. Modernisasi Pesantren. Ciputat: Quantum Teaching.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Maulidiana Zain, Ridwan, Muhamad Taqiuddin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
All writings in this journal are the full responsibility of the author. JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) provides open access to benefit anyone with valuable information and findings. JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) can be accessed free of charge at no cost, following the creative commons license. Authors who publish articles in the JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) must comply with the following conditions:
The author retains the copyright and grants the right of first publication with the work licensed simultaneously under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license, allowing others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors may make additional separate contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published journal version of the work (for example, posting it to an institution or publishing it in a book), acknowledging its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (for example, on institutional repositories or websites) before and during the submission process, resulting in a productive exchange and earlier and more extensive citations of the published work.
All articles in this journal are the sole responsibility of the author. JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) provides open access to benefit anyone with valuable information and findings. JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) can be accessed and downloaded for free, following the creative commons license.
JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License