PERSEPSI SISWA TENTANG BIMBINGAN DAN KONSELING TERHADAP PEMBERIAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI MTs NW KELAYU JORONG
DOI:
https://doi.org/10.29408/jkp.v5i1.3687Keywords:
Student Perception. The provision of guidance and counseling servicesAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi siswa terhadap BK dalam hubungannya dengan pemberian layanan bimbingan dan konseling di MTs NW Kelayu Jorong. Penelitian ini menggunakan rancangan ex-post facto. Pengumpulan data dengan menggunakan kusioner model skala likert dan dokumentasi kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis korelasi product moment. Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis yang menyatakan “ terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi siswa terhadap BK dalam hubungannya dengan pemberian layanan bimbingan dan konseling siswa MTs NW Kelayu Jorong” diterima dengan nilai r hitung = 0,573 dengan r tabel = 0,334. Hal ini membuktikan bahwa pelaksanaan pemberian layanan bimbingan dan konseling terhadap siswa sangat efektif sehingga menyebabkan semakin tinggi pemahaman dan persepsi siswa terhadap bimbingan dan konseling meningkat dengan pesrepsi yang baik seklai. Penelitian ini mengisyaratkan bahwa tingkat persepsi siswa terhadap bimbingan dan konseling sangat ditentukan oleh tingkat kemajuan guru BK dalam memberikan layanan bimbingan dan konseling. Guru BK yang memiliki kehebatan dalam memberikan layanan bimbingan dan konseling sangat memberikan pengaruh besar dalam menggerakkan psikologi siswa di sekolah sangat diperlukan. Jadi dapat dikatakan bahwa persepsi siswa terhadap BK akan meningkat seiring dengan tingkat pelayanan bimbingan dan konseling oleh guru BK di sekolah.
References
Arikunto, Suharsimi. (2002). Prosedur Penelitian: Sebuah Pendekatan Praktis. Jakarta: Rineka Cipta
Dantes, Nyoman. (2019). Metode Penelitian. Yogyakarta : CV Andi Offset
Desmita. (2009). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Depdiknas. (2004). Penilaian Kinerja Kepala Sekolah. Jakarta
Prayitno & Erman. (2004). Dasar-Dasar Bimbingan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta
Prayitno. (2004). Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Rakhmat, Jalaluddin. (2001). Psikologi komunikasi. Bandung : Remaja Rosdakarya
Sardiman. (2001). Motivasi dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta
Siregar, M. D., & Yunitasari, D. (2018). Penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri dalam peningkatan Kreativitas Belajar IPS Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio, 13(1), 68–83.
Sugiyono, (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R &D. Bandung: Alfabeta
Sukardi, Dewa Ketut. (2000). Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta : Rineka Cipta
Surya, M. (2019). Bimbingan dan Penyuluhan di Sekolah. Bandung : CV Ilmu. Walgito, Bimo. (2010). Bimbingan dan Konseling (Studi & Karier). Yogyakarta : CV Andi Offset.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Undang-Undang Nomor 14 tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen
Wibowo, Mungin Edi. (2017). “Konseling Kelompok Perkembanganâ€. Semarang: UNNES Press.
Winkel, W.S, (2005). Bimbingan dan Konseling di Intitusi Pendidikan, Edisi Revisi.
Jakarta: Gramedia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Muhammad Deni Siregar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
All writings in this journal are the full responsibility of the author. JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) provides open access to benefit anyone with valuable information and findings. JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) can be accessed free of charge at no cost, following the creative commons license. Authors who publish articles in the JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) must comply with the following conditions:
The author retains the copyright and grants the right of first publication with the work licensed simultaneously under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license, allowing others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors may make additional separate contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published journal version of the work (for example, posting it to an institution or publishing it in a book), acknowledging its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (for example, on institutional repositories or websites) before and during the submission process, resulting in a productive exchange and earlier and more extensive citations of the published work.
All articles in this journal are the sole responsibility of the author. JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) provides open access to benefit anyone with valuable information and findings. JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) can be accessed and downloaded for free, following the creative commons license.
JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License