LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL MENGGUNAKAN TEKNIK DISKUSI KELOMPOK UNTUK PERSIAPAN KARIR SISWA
DOI:
https://doi.org/10.29408/jkp.v5i2.4963Keywords:
Layanan bimbingan klasikal, diskusi kelompok dan persiapan karir.Abstract
Penelitian ini berangkat dari permasalahan yang dihadapi siswa kelas X DPIB 2 Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Selong yakni masalah persiapan dalam memilih karir, yang disinyalir terjadi karena kurangnya pemahaman mendalam yang dimiliki siswa. Untuk persiapan karirnya Maka dari itu tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pemahaman memilih karir pada siswa kelas X DPIB 2 Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Selong sebelum dan sesudah diberi layanan bimbingan klasikal serta untuk mengetahui efekivitas layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan pemahaman memilih karir pada siswa kelas X DPIB 2 Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Selong. Metode penelitian menggunakan penelitian eksperimen. Subyek penelitian ialah siswa kelas X DPIB 2 Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Selong. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan angket pemahaman pemilihan karir siswa. Data dianalisis dengan analisis deskripsi dan uji hipotesis menggunakan rumus T-test. Hasil penelitian menunjukkan data kondisi awal siswa sebelum mendapatkan layanan bimbingan klasikal masuk dalam kategori sedang dengan skor (43,65) dan kondisi siswa setelah mendapat layanan bimbingan klasikal masuk dalam kategori tinggi dengan skor (47,25). Terdapat pengaruh bimbingan klasikal untuk meningkatkan pemahaman memilih karir pada siswa dengan hasil t-hitung 9,25 ˃ t-tabel 2,042 yang artinya signifikan. Maka dapat dinyatakan bahwa layanan bimbingan klasikal dapat untuk meningkatkan pemahaman dalam persiapan memilih karir pada siswa kelas X DPIB 2 Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Selong.References
Aulia Fitri. (2017). Teori &Praktik BK Karier. Selong: Universitas Hamzanwadi Press.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.
Syarqawi Ahmad. (2018). Bimbingan Konseling Sebagai Upaya dan Bagian Pendidikan. Jurnal pendidikan dan keislaman. Vol. I, No. 1, hal 172-173.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta.
Winkel, W.S dan M.M. Sri Hastuti.(2004). Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakata: Media Abadi.
Winkel, W.S. Sri Hastuti. (2006). Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakata: Media Abadi.
Yusuf, Syamsul. (2009). Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Bandung: Rizqi press.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
All writings in this journal are the full responsibility of the author. JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) provides open access to benefit anyone with valuable information and findings. JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) can be accessed free of charge at no cost, following the creative commons license. Authors who publish articles in the JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) must comply with the following conditions:
The author retains the copyright and grants the right of first publication with the work licensed simultaneously under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license, allowing others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors may make additional separate contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published journal version of the work (for example, posting it to an institution or publishing it in a book), acknowledging its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (for example, on institutional repositories or websites) before and during the submission process, resulting in a productive exchange and earlier and more extensive citations of the published work.
All articles in this journal are the sole responsibility of the author. JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) provides open access to benefit anyone with valuable information and findings. JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) can be accessed and downloaded for free, following the creative commons license.
JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License