ANALISIS TERHADAP SUDUT PANDANG G. HUSSEIN RASSOOL TENTANG KONSELING PSIKOANALITIK DALAM PERSPEKTIF ISLAMI
DOI:
https://doi.org/10.29408/jkp.v5i2.4964Keywords:
konseling psikoanalitik, G. Hussein rassool, perspektif islamiAbstract
Tujuan Konseling Islami adalah memfungsikan seoptimal mungkin nilai-nilai keagamaan dalam kebulatan pribadi atau tantangan masyarakat, sehingga dapat memberikan manfaat bagi dirinya dan masyarakat. Konseling psikoanalitik memiliki pandangan, pemikiran, dan praktik yang berbeda. Sigmund Freud menempatan pandangannya dalam teori bahwa pendekatan psikoanalitik yang dalam pembahasan-pembahasan ahli sebelumnya dianggap sebagai pendekatan psikologis yang menganut paham ateis, pandangan Freud yang menganggap agama sebagai reaksi manusia atas ketakutan dalam dirinya dan anggapan bahwa Tuhan hanyalah refleksi dari oedius complex, serta tentang agama adalah ilusi yaitu kepercayaan yang dasar utamanya adalah angan-angan. penelitian ini dilakukan dengan kualitatif digunakan untuk mendapatkan data yang mendalam, suatu data yang mengandung makna. Metode penelitian yang dipilih dalam tulisan ini adalah penelitian pustaka (Library Research). Data dikumpulkan dari dokumen dan wawancara. Hasil analisis menunjukkan bahwa. Hasil penelitian peneliti masih menyesuikannya
References
AL-Qur’an Al-Karim. (2018). Departemen Agama RI. Al-Qur’an dan Terjemahannya. Jakarta:PT, Kumudasmoro Grafindo
Rijali, Ahmad. (2018). Analisi data Kualitatif. Jurnal Alhadharah. Volume 17, No. 33, Hal. 81-95
Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Nisa, Auliyatun. (2017). Model Bimbingandan Konseling Islam Psikoanalisis Berbasis Islam untuk Menguangi Kecemasan Moral Pada Remaja. Jurnal al-Tazkiah.Volume 6, No. 1, Hal 17-32
Putri, Amalia. (2016). Pentingnya Kualitas Pribadi Konselor dalam Konseling untuk Membangun Hubungan antar Konselor dan Konseli. Jurnal Bimbingan konseling Indonesia.Volume 1, No. 1, Hal 10-13
Bukhori, Baidi.(2014).Dakwah Melalui Bimbingan dan Konseling Islam. Jurnal Bimbingan Konseling Islam.Volume 5, Nomor 1. Hal 1-18
Syam, Essy., Mita, Rosaliza. (2020). Kajian Struktur kepribadian Freud dalam Kisah 1001 Malam: Studi Psikoanalisis. Jurnal Ilmu Budaya. Volume 17, No. 1, Hal 1-15
Husna, Faiqatul. (2018). Aliran Psikoanalisis dalam Perspektif Islam. Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i. Volume 5, No. 2, Hal 99-112
Rassool, G.Hussein.(2019). Konseling Islami: Sebuah pengantar kepada teori dan praktik. Yogyakarta:Pt pustaka pelajar
Arifin, Imron. (2002). Penelitian Kualitatif dalam Ilmu-ilmu Sosial dan Keagamaan. Malang:Kalimashada.
Rajab, Khairunnas. (2010). Islam dan Konseling Telaah atas Pengaruh Kemodernan dalam kehidupan. Sosio-Religia.Volume 9. Hal 1-14
Afrizal, Lalu Heri. (2014). Psikoanalisa Islam, Menggali Struktur Psikis Manusia dalam perspektif Islam.Jurnal Kalimah. Volume 12, No 2, Hal 237-261
Molwong, Lexi J. (2004). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung:Pt. Remaja Rosdakarya
Nawawi, Marthunis,. AS, Chairunnisa Ahsana. (2017). Struktur Kepribadian Tokoh Utama dalam Cerpen “Ash-ShabiyulA’Raj” Karya Taufik Yusuf Awwad. Volume 1, No. 1, Hal 130-147
Pidarta, M. (1999). Studi tentang Landasan Kepemimpinan. Jurnal Filsafat. Hal 3-4
as-Suyuthi, Jalaluddin,. Jalaluddin al-Mahalli. (1505). Tafsir Jalalain.
Puspitasari, Putri Dyah Wahyu. (2016). Kepribadian Tokoh Utama Viktor Larenz dalam Roman Die Therapie Karya Sebastian Fitzek: Teori Psikoanalisis Freud
Ridwan, Sutoyo, A., dan Mansur, A. (2020).“The Meeting Point of Neo-Sufism and School Counselors Competencies (Titik Temu Karakter Neo Sufisme dengan Kompetensi Konselor Sekolah). “Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, 5(4), 142-153. https://doi.org/10.17977/um001v5i42020p142
Ridwan.(2017). Modul Konseling Dan Psikoterapi Teori Dan Praktik. Pancor
Nelson-Jones, Richard. (2011). Teori dan Praktik Konseling dan Terapi. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alpabeta.
Soejono dan Abdurrahman. (1999). Metode Penelotian Suatu Pemikiran dan Penerapannya. Jakarta: Reneka Cipta.
Ardi, Zadrian, Frischa Meivilona Yendi, & ifdilifdil. (2013). Konseling Online: Sebuah pendekatan dalam Pelayanan Konseling. Jurnal Konseling dan Pendidikan. Volume 1, Nomor 1. Hal 1-5
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
All writings in this journal are the full responsibility of the author. JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) provides open access to benefit anyone with valuable information and findings. JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) can be accessed free of charge at no cost, following the creative commons license. Authors who publish articles in the JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) must comply with the following conditions:
The author retains the copyright and grants the right of first publication with the work licensed simultaneously under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license, allowing others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors may make additional separate contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published journal version of the work (for example, posting it to an institution or publishing it in a book), acknowledging its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (for example, on institutional repositories or websites) before and during the submission process, resulting in a productive exchange and earlier and more extensive citations of the published work.
All articles in this journal are the sole responsibility of the author. JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) provides open access to benefit anyone with valuable information and findings. JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) can be accessed and downloaded for free, following the creative commons license.
JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License