LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL UNTUK MENINGKATKAN KONSEP DIRI DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN KARIR SISWA

Authors

  • Fitri Aulia Universitas Hamzanwadi
  • Kamaria Kamaria Universitas Hamzanwadi
  • Musifuddin Musifuddin Universitas Hamzanwadi

DOI:

https://doi.org/10.29408/jkp.v5i2.4965

Keywords:

bimbingan klasikal, konsep diri, pengambilan keputusan karir

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan konsep diri siswa dalam pengambilan keputusan karier melalui layanan bimbingan klasikal pada siswa kelas XII IPA MA NW Sakra. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan menggunakan One Group Pre Test Post Test Design. Teknik pengumpulan data menggunakan pengisian  angket dengan skala 1-4. Data dianalisis menggunakan paired sample t test dengan data berdistribusi normal dengan menggunakan bantuan program SPPS V.22. Berdasarkan hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa thitung > ttabel (6,276 > 1,696) yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan layanan bimbingan klasikal untuk meningkatkan konsep diri dalam pengambilan keputusan karir siswa kelas XII IPA MA NW Sakra efektif digunakan.

Author Biography

Fitri Aulia, Universitas Hamzanwadi

References

ABKIN. (2011). Panduan Pelayanan Bimbingan Karir Bagi Guru Bimbingan Konseling/Konselor Pada Satuan Pendidikan Dasar Dan Menengah. Organisasi Perburuhan Internasional. Jakarta

Burns, R. B. (1993). Konsep Diri Teori Pengukuran, Perkembangan, dan Perilaku. Jakarta: Arcan.

David Ozora, Lieli Suharti, and Hani Sirine, “Potret Perencanaan Karir Pada Mahasiswa,” Prosiding Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu & Call For Papers UNISBANK (Sendi_U) Ke-2, no. ISBN: 978-979-3649-96-2 (2016): 623–632

Ghufron, Nur dan Risnawati, Rini. (2010). Teori-Teori Psikologi. Jogjakarta:Ar-Ruzz Media

Murwani, S. (2001). Statistika Terapan (Teknik Analisis Data). Malang: Universitas Negeri Malang

Nuryadi, dkk. (2017). Dasar -Dasar Statistic Penelitian. Yogyakarta: Sibuku Media

Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling Seklah Menengah Atas (SMA). (2016). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.

Rakhmat, Jalaludin. (2017). SQ for Kids Mengembangkan Kecerdasan Spiritual Anak Sejak Dini. Bandung: MIZAN

Sugiyono. (2016) Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R & D. Bandung: Alfabeta

Syamsi,Ibnu. (2000). Pengambilan Keputusan Dan Sistem Informasi. Jakarta: Bumi Aksara

Downloads

Published

25-01-2022