LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL UNTUK MENINGKATKAN KONSEP DIRI DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN KARIR SISWA
DOI:
https://doi.org/10.29408/jkp.v5i2.4965Keywords:
bimbingan klasikal, konsep diri, pengambilan keputusan karirAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan konsep diri siswa dalam pengambilan keputusan karier melalui layanan bimbingan klasikal pada siswa kelas XII IPA MA NW Sakra. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan menggunakan One Group Pre Test Post Test Design. Teknik pengumpulan data menggunakan pengisian angket dengan skala 1-4. Data dianalisis menggunakan paired sample t test dengan data berdistribusi normal dengan menggunakan bantuan program SPPS V.22. Berdasarkan hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa thitung > ttabel (6,276 > 1,696) yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan layanan bimbingan klasikal untuk meningkatkan konsep diri dalam pengambilan keputusan karir siswa kelas XII IPA MA NW Sakra efektif digunakan.References
ABKIN. (2011). Panduan Pelayanan Bimbingan Karir Bagi Guru Bimbingan Konseling/Konselor Pada Satuan Pendidikan Dasar Dan Menengah. Organisasi Perburuhan Internasional. Jakarta
Burns, R. B. (1993). Konsep Diri Teori Pengukuran, Perkembangan, dan Perilaku. Jakarta: Arcan.
David Ozora, Lieli Suharti, and Hani Sirine, “Potret Perencanaan Karir Pada Mahasiswa,” Prosiding Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu & Call For Papers UNISBANK (Sendi_U) Ke-2, no. ISBN: 978-979-3649-96-2 (2016): 623–632
Ghufron, Nur dan Risnawati, Rini. (2010). Teori-Teori Psikologi. Jogjakarta:Ar-Ruzz Media
Murwani, S. (2001). Statistika Terapan (Teknik Analisis Data). Malang: Universitas Negeri Malang
Nuryadi, dkk. (2017). Dasar -Dasar Statistic Penelitian. Yogyakarta: Sibuku Media
Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling Seklah Menengah Atas (SMA). (2016). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.
Rakhmat, Jalaludin. (2017). SQ for Kids Mengembangkan Kecerdasan Spiritual Anak Sejak Dini. Bandung: MIZAN
Sugiyono. (2016) Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R & D. Bandung: Alfabeta
Syamsi,Ibnu. (2000). Pengambilan Keputusan Dan Sistem Informasi. Jakarta: Bumi Aksara
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
All writings in this journal are the full responsibility of the author. JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) provides open access to benefit anyone with valuable information and findings. JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) can be accessed free of charge at no cost, following the creative commons license. Authors who publish articles in the JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) must comply with the following conditions:
The author retains the copyright and grants the right of first publication with the work licensed simultaneously under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license, allowing others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors may make additional separate contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published journal version of the work (for example, posting it to an institution or publishing it in a book), acknowledging its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (for example, on institutional repositories or websites) before and during the submission process, resulting in a productive exchange and earlier and more extensive citations of the published work.
All articles in this journal are the sole responsibility of the author. JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) provides open access to benefit anyone with valuable information and findings. JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) can be accessed and downloaded for free, following the creative commons license.
JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License