KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK COGNITIVE RESTRUCTURING MENURUNKAN PROKRASTINASI AKADEMIK : LITERATURE REVIEW

Authors

  • Angga Dwi Prastiyo Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Abdul Muhid Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.29408/jkp.v6i1.4966

Abstract

Pembelajaran berbasis online merupakan pembelajaran yang dipilih cocok untuk saat ini. Pembelajar ini munkin solusi untuk saat ini namun ini bukan tanpa adanya masalah. Masalah yang terjadi pada pembelajaran saat ini salah satunya prokrastinasi akademik.  Prokrastinasi akademik ini mungkin dianggap sepele namun jika dibiarkan akan mengakibatkan masalah baru seperti hilangnya rasa tanggung jawab, kecemasan, perilaku membolos bahkan bila terus dibiarkan akan  mengakibatkan putus sekolah. Untuk itu strategi yang digunakan dalam menurunkan prokrastinasi akademik ini adalah dengan melakukan Konseling konseling kelompok teknik cognitive restructuring. Penelitian ini bertujuan untuk meninjau seberapa efektif pengaruh konseling kelompok tentik restructuring kognitifterhadap perilaku prokrastinasi akademik pada siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan literature review. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan konseling kelompok dengan teknik restructuring kognitif dapat menurunkan prokrastinasi akademik pada siswa.

Downloads

Published

30-06-2022

How to Cite

Prastiyo, A. D., & Muhid, A. (2022). KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK COGNITIVE RESTRUCTURING MENURUNKAN PROKRASTINASI AKADEMIK : LITERATURE REVIEW. JKP (Jurnal Konseling Pendidikan), 6(1), 20–32. https://doi.org/10.29408/jkp.v6i1.4966