MENINGKATKAN DISIPLINAN BELAJAR SISWA KELAS IX MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DI SMPN 2 SURALAGA TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Authors

  • L. M Sasaki Septriyogi Program Studi Bimbingan Konseling, Universitas Hamzanwadi
  • Musifuddin Musifuddin Program Studi Bimbingan Konseling, Universitas Hamzanwadi
  • Fitri Aulia Program Studi Bimbingan Konseling, Universitas Hamzanwadi

DOI:

https://doi.org/10.29408/jkp.v6i1.6757

Keywords:

Layanan Bimbingan Kelompok, disiplin belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan disiplin belajar siswa kelas IX melalui layanan bimbingan kelompok di SMPN 2 Suralaga tahun pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan menggunakan desain penelitian eksperimen, dan untuk desain yang digunakan yaitu Pre-Experimental Designs (Nondesigns), One-Group Pre-test- Post-test Designs. Data dianalisis menggunakan uji-t satu pihak. Hasil hipotesis menunjukkan bahwa thitung> ttabel yaitu (2,53 >2,015) yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima, berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan pada BAB IV maka dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan disiplin belajar siswa melalui layanan bimbingan kelompok siswa kelas IX SMPN 2 Suralaga.

References

Anggota IKP AI Perputakaan Nasional, Sistem Pendidikan Nasional (SISDIKNAS) UU RI No 20 Tahun 2003, Nuansa Auli, Bandung, 2008, h. 4

Arikunto, Suharsimi. (2006) prosedur Penelitian Pendekatan Praktik. Jakarta PT.

Bandung

Hadi, P Sudharto. 2008 Pendidikan dan Aspek sosial amdal. Gajah Mada University Prees: Yogyakarta.

Hasan, Iqbal. (2004) Analisis data Penelitian dengan statistic. Jakarta : PT. BumiAksara

Hurlock. 1969. Perkembangan Anak. Jilid II Alih Bahasa Meistasari Tjandra.Jakarta: PT. Erlangga.

Imam Ahmad Ibnu Nizar. 2009 Membentuk dan Meningkatkan Disiplin Anak Sejak Dini

Prayitno dan Erman Amti. 2004. Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta:Rineka Cipta.

Prayitno. 1995. Layanan Bimbingan Dan Konseling Kelompok. Jakarta: GhaliaIndonesia.

Downloads

Published

22-10-2022