EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK PEMAHAMAN PEMILIHAN STUDI LANJUT SISWA KELAS IX SEKOLAH ISLAM DARUL QUR’AN AL-MAHDI NAHDLATUL WATHAN

Authors

  • Ina Febrianti Universitas Hamzanwadi
  • I Dewa Putu Partha Universitas Hamzanwadi

DOI:

https://doi.org/10.29408/jkp.v6i1.6794

Keywords:

Layanan Bimbingan Kelompok

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas layanan bimbingan kelompok untuk pemahaman pemilihan studi lanjut sswa kelas IX sekolah SMP Islam Darul Qur’an Al-Mahdi NW  Tahun Pembelajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah pre-eksperimen design dengan desain One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah kelas IX dengan jumlah sampel penelitian berjumlah 16 orang siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, analisis menggunakan data kuantitatif berupa angka-angka yang diolah menggunakan statistic sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa data kondisi awal sebelum diberikan perlakuan (pre-test) yang berupa layanan bimbingan kelompok berada pada kategori sedang dengan skor 16, sedangkan setelah diberikan perlakuan (post-test) layanan bimbingan kelompok berada pada kategori tinggi dengan skor 21,12. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan efektivtas layanan bimbingan kelompok untuk pemahaman pemilihan studi lanjut siswa kelas IX sekolah SMP Islam Darul Qur’an Al-Mahdi NW.

References

Sugiyono. (2016). Metode Penellitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Indonesia Nomor 111 Tahun 2014 Tentang Bimbingan Dan Konseling Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah

Downloads

Published

30-06-2022

How to Cite

Febrianti, I., & Partha, I. D. P. (2022). EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK PEMAHAMAN PEMILIHAN STUDI LANJUT SISWA KELAS IX SEKOLAH ISLAM DARUL QUR’AN AL-MAHDI NAHDLATUL WATHAN. JKP (Jurnal Konseling Pendidikan), 6(1), 33–42. https://doi.org/10.29408/jkp.v6i1.6794