EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK PEMAHAMAN PEMILIHAN STUDI LANJUT SISWA KELAS IX SEKOLAH ISLAM DARUL QUR’AN AL-MAHDI NAHDLATUL WATHAN
DOI:
https://doi.org/10.29408/jkp.v6i1.6794Keywords:
Layanan Bimbingan KelompokAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas layanan bimbingan kelompok untuk pemahaman pemilihan studi lanjut sswa kelas IX sekolah SMP Islam Darul Qur’an Al-Mahdi NW Tahun Pembelajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah pre-eksperimen design dengan desain One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah kelas IX dengan jumlah sampel penelitian berjumlah 16 orang siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, analisis menggunakan data kuantitatif berupa angka-angka yang diolah menggunakan statistic sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa data kondisi awal sebelum diberikan perlakuan (pre-test) yang berupa layanan bimbingan kelompok berada pada kategori sedang dengan skor 16, sedangkan setelah diberikan perlakuan (post-test) layanan bimbingan kelompok berada pada kategori tinggi dengan skor 21,12. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan efektivtas layanan bimbingan kelompok untuk pemahaman pemilihan studi lanjut siswa kelas IX sekolah SMP Islam Darul Qur’an Al-Mahdi NW.
References
Sugiyono. (2016). Metode Penellitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Indonesia Nomor 111 Tahun 2014 Tentang Bimbingan Dan Konseling Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah
Downloads
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
All writings in this journal are the full responsibility of the author. JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) provides open access to benefit anyone with valuable information and findings. JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) can be accessed free of charge at no cost, following the creative commons license. Authors who publish articles in the JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) must comply with the following conditions:
The author retains the copyright and grants the right of first publication with the work licensed simultaneously under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license, allowing others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors may make additional separate contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published journal version of the work (for example, posting it to an institution or publishing it in a book), acknowledging its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (for example, on institutional repositories or websites) before and during the submission process, resulting in a productive exchange and earlier and more extensive citations of the published work.
All articles in this journal are the sole responsibility of the author. JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) provides open access to benefit anyone with valuable information and findings. JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) can be accessed and downloaded for free, following the creative commons license.
JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License