PENERAPAN KONSELING QUR'ANI UNTUK MENGENTASKAN ADAB BURUK GENERASI MILENIAL PADA SISWA SMPN 1 SURALAGA
DOI:
https://doi.org/10.29408/jkp.v6i2.7671Keywords:
Adab Buruk, konseling Qur’ani, Terapi pertobatanAbstract
Penelitian ini membahas tentang fenomena adab buruk yang terjadi dikalangan generasi milenial yang diakibatkan oleh pengaruh dari kemajuan teknologi dan bagaimana penerapan konseling Qur’ani yang mernggunakan terapi pertobatan dalam mengentaskan adab buruk tersebut. Penelitiann ini juga bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektifitas penerapan Konseling Qur’ani dengan menggunakan terapi pertaubatan yang dilaksanakan layanan konseling kelompok. Hasil penelitian menunjukan bahwa data fase awal ( A1) sebelum diberikan perlakuan (pretest) berupa konseling Qur’ani dengan terapi pertaubatan memperoleh skor maksimal 128 dengan mean rata-rata 25,6 yang menunjukkann adab buruk siswa dalam kategori buruk. Pada saat fase intervensi (B) skornya menurun menjadi 83 dengan rata-rata 16, 6 menunjukkan kategori sedikit buruk. Kemudian setelah diberikan intervensi (B2) menurun menjadi 59 dengan mean rata-rata menjadi 11,8 yang menunjukkan adab buruk siswa menajdi tidak buruk.
Kata kunci : Adab Buruk, konseling Qur’ani, Terapi pertobatan
References
DAFTAR PUSTAKA
Absher dan Amidjaya dalam Zuhal. (2000). Visi Iptek Memasuki Milenium III. (Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia (UI-Press).
Albari, Moh Misbahusani. (2022). Konsep Konseling Qur’ani dalam Mengatasi Moral Menurut Ridwan. Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri Prof. K.H.Saifuddin Zuhri. Purwokerto.
Arikunto, Suharsimi. (2016) Manajemen Penelitian. Jakarta. Penerbit: Rineka Cipta.
Baedowi. (2020). Konseling Qur’an untuk Meningkatkan Kesiapan Mental Siswa Kelas X SMKN 2 Tulungagung Menghadapi Ujian Kenaikan Kelas Tahun Pelajaran 2000/2001.
Ekayani, Syafira Putri. (2018). Efektivitas Konseling Qur’ani terhadap Kesejahteraan Subjektif Ibu yang Memiliki Anak Berkebutuhan Khusus. Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya. Universitas Islam Yogyakarta.
Hasbi, Muhammad. (2020). Akhlak Tasawuf (Solusi Mencari Kebahagiaan dalam Kehidupan Esoteris dan Eksoteris). Penerbit: Trust Media.
KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia). (2009). Jakarta: PT. (Persero) penerbitan dan percetakan.
Masdudi. (2015). Bimbingan dan Konseling Perspektif Sekolah. Cirebon: Nurjati Press. Prayitno. (1995). Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok. Padang: Jurusan
Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang.
Rassol, Husen.(2019). Konseling Islami. Sebuah Pengantar kepada Teori dan Praktik.
Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ridwan dan Farozin. (2021). Akidah Bimbingan dan Konseling. Selong: Universitas Hamzanwadi Press.
Ridwan. (2018). Konseling dan Terapi Qur’ani. Yogyakarta: Pustaka Belajar. Sukmadinata, Nana. (2002). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung. Pernebit: PT.
Remaja Rosdakarya.
Sunanto, Takeuchi, Nakata.(2005). Pengantar Penelitian Subyek Tunggal. CRICED. University of Tsukuba.
Tohirin.(2014). Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (Berbasis Integrasi) .
Jakarta: Grafindo Persada.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Nusuki Nusuki
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
All writings in this journal are the full responsibility of the author. JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) provides open access to benefit anyone with valuable information and findings. JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) can be accessed free of charge at no cost, following the creative commons license. Authors who publish articles in the JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) must comply with the following conditions:
The author retains the copyright and grants the right of first publication with the work licensed simultaneously under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license, allowing others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors may make additional separate contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published journal version of the work (for example, posting it to an institution or publishing it in a book), acknowledging its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (for example, on institutional repositories or websites) before and during the submission process, resulting in a productive exchange and earlier and more extensive citations of the published work.
All articles in this journal are the sole responsibility of the author. JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) provides open access to benefit anyone with valuable information and findings. JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) can be accessed and downloaded for free, following the creative commons license.
JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License