Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Akuntansi
DOI:
https://doi.org/10.29408/jpek.v4i1.2195Keywords:
Accounting Learning, Discovery Learning, Learning Outcomes,Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar akuntansi peserta didik semester 1 Program Studi Akuntansi Universitas Islam Lamongan Tahun Akademik 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experimental design, dengan melibatkan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi penelitian adalah peserta didik semester 1 kelas A, B, dan C sebanyak 118 peserta didik. Sampel penelitian diambil 2 kelas, yaitu kelas B sebanyak 44 peserta didik dan kelas C sebanyak 45 peserta didik. Kelas B merupakan kelas eksperimen yang diberikan perlakuan dengan Discovery Learning, sedangkan kelas C merupakan kelas kontrol yang tidak diberikan perlakuan (model pembelajaran konvensional). Data dikumpulkan menggunakan metode tes, dokumentasi, dan wawancara. Instrumen penelitian berupa soal pretest dan posttest. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar akuntansi peserta didik semester 1 Program Studi Akuntansi Universitas Islam Lamongan Tahun Akademik 2019/2020. Model pembelajaran Discovery Learning dapat menjadi pilihan bagi dosen dalam melakukan pembelajaran akuntansi, dengan disesuaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai. Peserta didik mampu berpartisipasi dalam pembelajaran, mengintegrasikan, dan membangun pengetahuannya sendiri serta mampu menemukan sendiri tentang berbagai konsep.
References
Achera, L. J., Belecina, R. R. (2015), “The Effect of Group Guided Discovery Approach on the Performance of Students in Geometryâ€, International Journal of Multidisciplinary Research and Modern Education, 1 (1), 2454-6119.
Apridasari, E. (2016), “Faktor-faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Peserta didik dalam Matakuliah Bidang Akuntansiâ€, Jurnal Dewantara, 2(1), 230-240.
Akani, O. (2017), “Effect of Guided Discovery Method of Instruction and Students’ Achievement in Chemistry at the Secondary School Level in Nigeriaâ€, International Journal of Scientific Research and Education, 5 (2), 6226-6234.
Aziz, A., Budiyono & Subanti, S. (2017), “The Effect of Inquiry Learning and Discovery Learning on Student Learning Achievement Viewed from Spatial Intelligenceâ€, Southeast Asian Mathematics Education Journalâ€, 7 (2), 59-69.
Bamiro, A. O. (2015), “Effects of Guided Discovery and Think-Pair-Share Strategies on Secondary School Students’ Achievement in Chemistryâ€, SAGE Open Access January-March, 1-7.
Cintia, N. I., Kristin, F. & Anugraheni, I. (2018). “Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Siswaâ€, Jurnal Perspektif Ilmu pendidikan, 32 (1), 69-77.
Cohen, M. T. (2008), “The Effect of Direct Instruction versus Discovery Learning on the Understanding of Science Lessons by Second Grade Studentsâ€, NERA Conference Proceedings, 1-37.
Fitriyah, Murtadlo, A., & Warti, R. (2017), “Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa MANModel Kota Jambiâ€, Jurnal Pelangi, 9 (2), 108-112.
Halim, S., Boleng, D. T. & Labulan, P. M. (2019). “Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dan Number Head Together terhadap Aktivitas, Motivasi dan Hasil Belajar Siswaâ€, Jurnal Pijar MIPA, 14 (1), 55-61.
Hanifah, U. & Wasitohadi. (2017), “Perbedaan Efektivitas antara Penerapan Model Pembelajaran Discovery dan Inquiry Ditinjau dari Hasil Belajar IPA Siswaâ€, Jurnal Mitra Pendidikan, 1(2), 92-104.
Inuwa, U. & Baraya A. U. (2017), “Effects of Cooperative and Guided Discovery Approach on Financial Accounting Achievement Among Secondary School Studentâ€, Journal of Science, Technology & Education (JOTE), 5 (2), 60-70.
Kristin, F., & Rahayu, D. (2016), “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Hasil Belajar IPS pada Siswa Kelas 4 SDâ€, Scholaria: Jurnal Pendidikan & Kebudayaan, 6 (1), 84-92.
Olorode J. J. (2016), “Effect of Guided Discovery Learning Method on Students’ Academic Achievements in Financial Accounting in Colleges of Education in Ogun Stateâ€, Unpublished M.Ed thesis, Tai Solarin University of Education, Ijagun Ijebu-ode, Ogun State.
Olorode, J. J & Jimoh, A. G. (2016), “Effectiveness of Guided Discovery Learning Strategy and Gender Sensitivity on Students’ Academic Achievement in Financial Accounting in Colleges of Educationâ€, International Journal of Academic Research in Education and Review, 4 (6), 182-189.
Rosdiana, Boleng, D. T. & Susilo. (2017). “Pengaruh Penggunaan Model Discovery Learning terhadap Efektivitas dan Hasil Belajar Siswaâ€, Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2 (8), 1060-1064.
Sappaile, B. I., Djam’an, N., Darwis, M. (2018), “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Minat Belajar Siswa SMP Negeri di Kota Rantepao “, Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 2 (2), 253-266.
Sari, E.R. (2017), “Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Fisika pada Pokok Bahasan Kalor di SMP Negeri 2 Pamona Timurâ€, Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika, 119-126.
Shieh, C. J. & Yu, L. (2016), “A Study on Information Technology Integrated Guided Discovery Instruction towards Students’ Learning Achievement and Learning Retentionâ€, Eurasia of Mathematics, Science & Technology Education, 12 (4), 833-842.
Susanti, E., Jamhari, M & dan Suleman, S. M. (2016), “Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Keterampilan Sains dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII tentang IPA SMP Advent Paluâ€, Jurnal Sains dan Teknologi Tadulako, 5 (3), 36-41.
Undang-Undang No. 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi.
Wati, Y & Sartiman. (2019), “Discovery Learning: Pengaruhnya terhadap Hasil Belajarâ€, Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 02 (1),