Kedisiplinan Kerja dan Manajemen Kinerja Salesperson PT Sun Mega Motor Hyundai Yogyakarta
DOI:
https://doi.org/10.29408/jpek.v8i1.25134Keywords:
Jurnal Pendidikan ekonomi, dan kewirausahaanAbstract
The purpose of this research is to understand and improve work discipline and salesperson performance management at PT Sun Mega Motor Hyundai Yogyakarta. The research method employed is qualitative research using primary data obtained through observation and interviews. Narrative analysis is utilized for data analysis. The results of this research indicate several implementations and improvements in discipline and performance management at PT Sun Mega Motor Hyundai Yogyakarta. These include creative ideas and repeated approaches needed for consumer search strategies to obtain marketing area permits in elite housing. Complaint management is carried out through coordination and collaboration to address all customer complaints. Effective collaboration can be achieved through discussions and mutual support. The relevance of cleanliness to psychological aspects can enhance motivation and a sense of ownership in the job. Activity plan responsibilities can be fulfilled by adhering to rules and directives from supervisors. Competence achievement through training enhances knowledge and insights in salesperson, thereby improving soft skills in marketing activities
References
Anggraeni, S., & Ratmanto, T. (2022). Hubungan Antara Komunikasi Persuasi Marketing Daihatsu Dengan Minat Beli Konsumen Daihatsu. SPeSIA, 8(1).
Asman, H., Siswosukarto, S., & Pratiwi, E. P. A. (2023). Analisis Pengaruh Pelatihan Konstruksi terhadap Peningkatan Kompetensi Tenaga Kerja Konstruksi. Fakultas Teknik Universitas Quality, 7(2).
Asropi, S. M. (2007). Membangun Key Performance Indicator Lembaga Pelayanan Publik . Manajemen Pembangunan, 57
Assura, D. R., & Mudayana, A. A. (2020). Hubungan Budaya Kerja dan Kerja sama dengan Kinerja Tenaga Kesehatan di Seluruh Puskesmas Kota Yogyakarta. Universitas Ahmad
Bashir, M. (2021). Pengaruh Etos Kerja, Disiplin Kerja, dan Lingkungan Kerja terhadap Motivasi Kerja Petugas Kebersihan di Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Pare Pare. Program Pascasarjana A STIE Nobel Indonesia Makasar.
Hasibuan, K., & Simanjuntak, D. (2023). Analisis Faktor Perilaku Konsumen terhadap Kepuasan Konsumen melalui Komunikasi Pemasaran. Program Studi Manajemen Informatika Politeknik Ganesha Medan, 7(3).
Iroth, F., Posumah, J. H., & Ruru, J. M. (2020). Komunikasi Pemerintah dalam Hubungan Kerja Sama antar Umat Beragama di Desa Kanonang Tiga Kecamatan Kawangkoang Kabupaten Minahasa. Sam Ratulangi University.
Isman, R. P. M. A., Purnahayu, I., & Aminda, R. S. (2020). Analisis Pengaruh Disiplin, Kepribadian dan Pelatihan terhadap Kompetensi (Studi Pada Peserta Pelatihan Di Balai Latihan Kerja Kota Bogor). Jurnal Manajemen, 11(2), 162.
Krisnawan, L. A., Diwawancarai oleh Wirabuana, A. A, 2023, PT Sun Mega Motor Hyundai Yogyakarta, Indonesia
Linando, J.A. (2021). Manajemen Kinerja: Konsep Praktis & Prespektif Islam. UPP STIM YKPN.
Maulana, T. (2013). Analisa Perilaku Kerja Karyawan di De Bolivia Surabaya Town Square Universitas Kristen Petra, 1(2).
Maulia, I. R. (2021). Analisis Efektivitas Kerja Karyawan PT PLN (Persero) Dipengaruhi oleh Kedisiplinan Kerja dan Lingkungan Kerja. ARKA INSTITUE, 1(3).
Nitisemito, A., (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Pustaka setia.
Onsardi, & Putri, S, H. (2020). Pengaruh Disiplin Kerja Dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Karyawan. Universitas Muhammadiyah Bengkulu
Pranitasari, D., & Khotimah, K. (2021). Analisis Disiplin Kerja Karyawan. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Jakarta, 18(01).
Pusparani, M. (2021). Faktor yang Memengaruhi Kinerja Pegawai (Suatu Kajian 49 Prasetyo and Nurnida. (2017). Analisis Pengaruh Pendidikan terhadap Kinerja Perusahaan. Ecodomica, 1(1). Studi Literatur Manajemen Sumber Daya Manusia). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 2(4), 534–543.
Riswan. (2021). Pengaruh Independensi, Tanggung Jawab dan Kompetensi terhadap Prestasi Kerja Auditor pada Kantor Akuntan Publik di Jawa Barat Tahun 2020. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya, Universitas Pakuan.
Siagian. Kiat Meningkatkan Produktivitas Kerja. Rineka Cipta. Jakarta. 2002
Sinambela. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia: Membangun Tim Kerja yang Solid untuk Meningkatkan Kinerja
Simanungkalit, D. R., Anna, D. L., & Si, M. (2013). Analisis Hubungan Kerja Sama Tim Untuk Meningkatkan Efisiensi Kerja pada PT Mitha Samudera Wijaya Medan. Universitas Sumatera Utara, 1(4).
Virna, S. E. (2015). Penanganan Komplain Pelanggan PDAM Tirta Khatulistiwa dalam Perspektif Pelayanan Publik Berdasarkan PERDA Kota Pontianak No 04 Tahun 2009. PublikA, 4(3).
Yulianto, M. B. (2020). Manajemen Komplaian dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Mahakam di Kecamatan Sanga-Sanga Kabupaten Kutai Kartanegara. Ilmu Pemerintahan, 8(3).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JPEK (Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Kewirausahaan)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
semua jurnal ini menjadi tanggung jawab penuh penulis, JPEK memberikan akses terbuka kepada siapapun agar informasi dan temuan pada artikel bermanfaat bagi semua orang, JPEK dapat diakses dan diunduh oleh siapapun tanpa dipungut biaya sesuai dengan lisensi creative common yang digunakan.