Pengaruh Kecerdasan Emosional, Perilaku Belajar Dan Cara Mengajar Dosen Terhadap Pemahaman Akuntansi Mahasiswa Di Masa Pandemi

Authors

  • Muna Wara Universitas Mataram
  • Herlina Pusparini Universitas Mataram
  • Adhitya Bayu Suryantara Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29408/jpek.v6i2.5679

Keywords:

Accounting Understanding, Emotional Intelligence, Learning Behavior, Lecturer Teaching Method,

Abstract

This study aims to examine the effect of emotional intelligence, learning behavior and teaching methods of lecturers on accounting understanding during the Covid 19 pandemic. The study was conducted on undergraduate accounting students of 2017 and 2018 who had taken compulsory accounting courses. This type of research is an associative study which aims to determine the effect of emotional intelligence, learning behavior and teaching methods of lecturers on accounting understanding during the Covid 19 pandemic. Data processing techniques use multiple linear regression analysis method with IBM SPSS 26 software application. The results of this study indicate that emotional intelligence affects accounting understanding with a significant value of emotional intelligence during the Covid 19 pandemic, learning behavior does not affect accounting understanding during the Covid 19 pandemic, this is due to several factors such as poor study habits, namely poor study time. Regular and poor reading habits, especially during this pandemic, students study independently at home so that their learning behavior is irregular. The way of teaching lecturers has an effect on accounting understanding during the COVID-19 pandemic

Author Biographies

Herlina Pusparini, Universitas Mataram

Jurusan Akuntansi

Adhitya Bayu Suryantara, Universitas Mataram

Jurusan Akuntansi

References

Ansharullah, O. (2013). PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI (Studi pada Mahasiswa Tingkat Akhir di Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Akuntansi, Universitas Brawijaya). JIMFEB, 2(1), 105. https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/777

Diabnita, D. (2014). PENGARUH PERILAKU BELAJAR, GAYA MENGAJAR DOSEN, DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP PEMAHAMAN MAHASISWA PADA MATA KULIAH PENGANTAR AKUNTANSI [Universitas Bengkulu]. http://repository.unib.ac.id/8081/

Hidayat, R., & Hati, R. P. (2017). Pengaruh Kualitas Dosen dan Metode Mengajar terhadap Pemahaman Akuntansi (Studi Kasus Mahasiswa Prodi Akuntansi Universitas Riau Kepulauan Batam). Jurnal Equilibiria, 4(1), 1–20.

Iskandarsyah, D., & Ghozali, I. (2012). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI PRESTASI MAHASISWA DALAM MEMPELAJARI MATAKULIAH AKUNTANSI KEUANGAN MENENGAH (Studi empiris pada mahasiswa Jurusan Akuntansi Reguler di Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro tahun angkatan 2009 dan 20. Diponegoro Journal of Accounting, 1(1), 289–301.

Lubis, W. (2017). Analisis Pengaruh Kecerdasan Emosional, Perilaku Belajar, dan Gaya Mengajar Dosen Terhadap Tingkat Pemahaman Mata Kuliah Pengantar Akuntansi pada Mahasiswa Akuntansi USU [Universitas SUmatera Utara]. http://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/20464

Prasetyaningsih, E. (2018). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI (Studi Kasus Pada Mahasiswa Semester Akhir Angkatan 2014 Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta). Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Putri, I. T., & Asmanah, S. (2020). PENGARUH KECERDASAN INTELEKTUAL, PERILAKU BELAJAR, GAYA MENGAJAR DOSEN DAN PRAKTIKUM AKUNTANSI TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI MAHASISWA. Konferensi Ilmiah Akuntansi. http://repository.umj.ac.id/1361/2/Artikel Penelitian.pdf

Rahayu, A. (2019). PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI Asmi. Media Riset Akuntansi, Auditing & Informasi, 2(1), 38–45. https://doi.org/10.57093/metansi.v2i1.73

Rohmah, N. (2019). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Perilaku Belajar, dan Kompetensi Dosen Terhadap Pemahaman Akuntansi (Studi pada Mahasiswa Akuntansi Syariah FEB Islam IAIN Surakarta). IAIN Surakarta.

Sari, I. P., & Sartika, R. (2018). PENGARUH PERILAKU BELAJAR, GAYA MENGAJAR DOSEN, DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP PEMAHAMAN MAHASISWA PADA MATA KULIAH PENGANTAR AKUNTANSI. Menara Ekonomi, IV(2), 39–49.

Satria, M. R., & Fatmawati, A. P. (2017). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Pada Mahasiswa Akuntansi Di Kota Bandung. Amwaluna: Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Syariah, 1(1), 66–80. https://doi.org/10.29313/amwaluna.v1i1.2022

Sugiarti, S. (2016). Pengaruh Perilaku Belajar, Preferensi Gaya Belajar, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Intelektual, dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi di Kota Semarang. In Universitas Muhammadiyah Semarang. Universitas Muhammadiyah Semarang.

Widayati, N., & Ristiyana, R. (2019). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, Kecerdasan Sosial, Dan Perilaku Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi. Jurnal Penelitian Dan Karya Ilmiah, 19(2), 194–209. https://doi.org/10.33592/pelita.vol19.iss2.121

Wulandari, N. A. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Pelaksanaan Pendidikan Di Indonesia. Pustakabergerak.Id. https://pustakabergerak.id/artikel/dampak-pandemi-covid-19-terhadap-pelaksanaan-pendidikan-di-indonesia-2

Downloads

Additional Files

Published

2022-12-12