Penerapan Problem Based Learning Berbasis Numbered Heads Together: Dampak Hubungan Aktivitas Dengan Hasil Belajar

Authors

  • Aminah Khairunisa Tadris Fisika, FMIPA, IAIN Palangka Raya
  • Mukhlis Rohmadi Tadris Fisika, FMIPA, IAIN Palangka Raya
  • Hadma Yuliani Tadris Fisika, FMIPA, IAIN Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.29408/kpj.v4i2.2118

Keywords:

Problem Based Learning, Numbered Heads Together, Aktivitas Siswa, Hasil belajar

Abstract

Abstrak:

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan antara hasil belajar fisika siswa sebelum dan sesudah dan hubungan yang signifikan antara aktivitas siswa dengan hasil belajar fisika siswa setelah diterapkan model problem based learning berbasis numbered heads together. Jenis penelitian yang dilakukan adalah quasi experimental design yaitu one group pretest-posttest design. Pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh. Data hasil penelitian diperoleh dengan menggunakan lembar observasi aktivitas siswa dan tes hasil belajar berupa soal uraian. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar sebelum dan sesudah dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan terdapat hubungan yang signifikan antara aktivitas siswa dengan hasil belajar fisika siswa setelah diterapkan model problem based learning berbasis numbered heads together dengan nilai signifikansi 0,028 < 0,05.

 

DOI: 10.29408/kpj.v4i2.2118

References

Abidin, Yunus. 2014. Desain Sistem Pembelajaran Dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: PT Refika Aditama

Anwar, Miftah; Yuliani, Hadma, Fatmawati, Sri. 2018. Perbandingan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Tipe Two stay Two Stray Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Elastisitas. Edu Fisika Jurnal Pendidikan Fisika, Vol 3 (2).

Baksir, Elda Lestari; Mayub, Afrizal, Putri ,Desy Hanisa. 2017. Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Serta Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Model Problem Based Learning Pada Konsep Cahaya Di Kelas VIII.E SMPN 6 Kota Bengkulu. Jurnal Pembelajaran Fisika Universitas Bengkulu, Vol.1 (1).

Ernawati. 2017. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau Dari Kemampuan Berfikir Kritis. Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, Vol. 4 (1).

Hidayah, Nurul. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dipadukan Dengan Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP PGRI 1 Kediri Pokok Bahasan Pencemaran Lingkungan. Skripsi: Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Hartono, Rudi. 2013. Ragam Model Mengajar yang Mudah diterima Murid. Yogyakarta: Diva Press

Priansa, Donni Juni. 2017. Pengembagan strategi dan Model Pembelajaran. Bandung: CV Pustaka Setia

Rerung, Nensy; Sinon, Iriwi L.S, Widyaningsih, Sri Wahyu. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik SMA Pada Materi Usaha Dan Energi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni UIN Raden Intan Lampung, 47-55.

Rusman. 2017. Belajar dan Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development. Bandung: Alfabeta

Siregar, 2014. Statistik Parametrik Untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Bumi Aksara

Syahdani, Ferdi. 2014. Perbandingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Dikombinasikan Dengan Model Pembelajaran PBL Dengan Model Pembelajaran Konvensional di MAN 1 Model Kota Bengkulu. Skripsi: Universitas Bengkulu

Suprihatiningrum, Jamil. 2014. Strategi pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Wajdi, Badrul. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Menggunakan Media Power Point Pada Pembelajaran Fisika. Kappa Journal Pendidikan Fisika, Vol. 11 (1)

Downloads

Additional Files

Published

2020-12-30

Issue

Section

Articles