Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Ditinjau Dari Kreativitas Siswa Terhadap Prestasi Belajar

Authors

  • Tarpin Juandi Universitas Hamzanwadi
  • Anhar . Universitas HAmzanwadi

DOI:

https://doi.org/10.29408/kpj.v1i1.412

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap prestasi belajar siswa, 2) Pengaruh kreativitas siswa kategori tinggi dan rendah terhadap prestasi belajar siswa, 3) Interaksi antara penggunaan model pembelajaran Project Based Learning dengan tingkat kreativitas siswa terhadap prestasi belajar siswa. Jenis penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi penelitian semua siswa kelas X SMAN 1 Masbagik tahun pembelajaran 2014/2015. Teknik sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Instrumen penelitian berupa angket dan tes. Tes diberikan untuk mengumpulkan data prestasi belajar dan angket diberikan untuk mengumpulkan data kreativitas siswa. Teknik analisis data digunakan ANAVA dua jalan isi sel tak sama dengan desain 2 x 2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Ada pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap prestasi belajar siswa 2) Ada pengaruh kreativitas siswa kategori tinggi dengan kreativitas siswa kategori rendah terhadap prestasi belajar siswa dan 3) Tidak terdapat intraksi antara model pembelajaran Project Based Learning dengan tingkat kreativitas siswa terhadap prestasi belajar siswa. Hasil uji Scheffe menunjukkan bahwa 1) prestasi belajar siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning memberikan pengaruh yang lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional dan 2) hasil belajar siswa yang memiliki kreativitas tinggi memberikan pengaruh lebih baik dibandingkan dengan siswa yang memiliki kreativitas rendah..

References

Indra Himayatul Sari (2013). “Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Prestasi Belajar Siswa Sebagai Usaha Untuk Meningkatkan Academic Skill Siswa Kelas XI SMA 3 Surakarta

Isriani, dkk. (2012). Project Based Lear-ning Dalam Pembelajaran Aktif. Diunduh di: http://isriani-dewi-ump.blogspot.com/2012/06/Project Based Learning-dalam-pembelajaran-aktif-html. tanggal 08 Januari 2015.

I wayan Suarnajaya. (2011). Pengaruh Pembelajaran Project Based Learning Dalam Pembelajaran FisikaTerhadap Sikap dan Hasil Belajar.Jurnal Visi Ilmu Pendidikan Volume 1, nomor 1, hal. 70.

Trianto. (2011). Mendesain Model Pem-belajaran Inovatif-Progresif. Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Downloads

Published

2017-07-11

Issue

Section

Articles