Kemampuan Memecahkan Masalah Pada Siswa Sekolah Menengah Di Palangka Raya Menggunakan Pendekatan Saintifik

Authors

  • Luvia Ranggi Nastiti Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.29408/kpj.v1i1.417

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan memecahkan masalah dalam peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan penerapan model pembelajaran PBL dan PjBL dan untuk mengetahui peningkatan kemampuan memecahkan masalah siswa setelah menggunakan penerapan model pembelajaran PBL dan PjBL. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan metode pre-experiment, dengan desain penelitian yang digunakan adalah one-group pretest-posttest design. Instrumen yang digunakan adalah lembar tes hasil belajar (THB) kognitif, lembar tes kemampuan memecahkan masalah (KMM) dan lembar pengamatan aktivitas pembelajaran fisika.Hasil penelitian: 1) Hasil belajar siswa dengan menerapkan model PBL dan PjBL dapat dikatakan mengalami peningkatan; dan 2) hasil nilai N-Gain kemampuan memecahkan masalah siswa pada kelas yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran inquiry training memperoleh nilai N-Gain rata-rata sebesar 0.45 dengan kategori sedang;

References

Afid Burhanuddin, Pengertian dan Unsur Pendidikan, ARTIKEL Penelitian h. 4-6

Hake, Richard R. 1998. “Interactive-engagement versus traditional methods: A six-thousand-student survey of mechanics test data for introductory physics courses,†Am. J. Phys. 66, 64–74

Hamruni. 2012. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Insan Madani.

Kemendikbud. 2013. Pendekatan dan stra-tegi Pembelajaran. Jakarta

Made Wena, 2008. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Malang : Bumi Askara.

_______. 2011. Strategi Pembelajaran Inivatif Kontemporer, Jakarta: Bumi Aksara.

permendikbud tahun 2014 no. 103

Rusman, Model-Model Pembelajaran, Jakarta: Rajagrafindo Bersada,

Suharsimi Arikunto. 2003. Manajemen Penelitian, Jakarta: Rineka Cipta

_______. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta.

Sumarna Surapranata. 2004. Analisis Validitas Reliabilitas dan Interpretasi Hasil Tes, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progesif, Jakarta : Kencana Prenada Media Group

Winkel, W. S. 1996. Psikologi Pengajaran.. Jakarta: PT. Gramedia

Zainal Arifin. 2011. Evaluasi Pembela-jaran, Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Downloads

Published

2017-06-30

Issue

Section

Articles