Pengembangan Media Animasi Menggunakan Adobe Flash Cs6 Materi Termodinamika Untuk Siswa Smk Kelas Xi Teknik Otomotif

Authors

  • muhammad nasir IAIN Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.29408/kpj.v2i1.761

Keywords:

Media Animasi, Adobe Flash CS6, Termodinamika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis kebutuhan media animasi menggunakan Adobe Flash CS6 materi termodinamika di SMK Karsa Mulya Palangka Raya Kelas XI Teknik Otomotif , (2) Mengambarkan spesifikasi media animasi menggunakan Adobe Flash CS6 materi termodinamika. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Research and Development (R & D) tipe ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation,dan Evaluation). Media animasi divalidasi oleh ahli materi, ahli media dan guru Fisika SMK Karsa Mulya Palangka Raya.

Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1). Penggunaan TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) dalam media animasi menggunakan Adobe Flash CS6 pada kurikulum 2013 sebagai media semua mata pelajaran,  diperlukan dalam mengajarkan materi  termodinamika, (2). Spesifikasi produk media animasi menggunakan Adobe Flash CS6yang memiliki tool yang mudah dipahami oleh setiap penggunanya dan menghasilkan file berekstensi “swf†yang dapat dijalankan pada perangkat komputer yang telah terinstal software videoplayer ataupun flashplayer.

References

Darmawan, Deni. 2012. Teknologi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mayer, R. E., 2009. Multimedia Learning: Prinsip-prinsip dan Aplikasi, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Mudjidjo. 1995. Tes Hasil Belajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Munir dan Badioze Zaman,1999. Aplikasi Multimedia dalam Pendidikan 2. Jurnal BTP BILL 1. Malaysia : Universiti Kebangsaan Malaysia.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Utami. 2007. Animasi Teks. [Online] Tersedia http://www.slideshare.net pada tanggal 06 Oktober 2017.

Yuafi, Muhammat Erwin Dasa. Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran Phet (Physics Education Technology) Simulation Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Title Pada Standar Kompetensi Mengaplikasikan Rangkaian Listrik Di SMKN 7 Surabaya. 2015. Skripsi: Universitas Negeri Surabaya.

Published

2018-06-29

Issue

Section

Articles