IMPLEMENTATION OF CHARACTER-BASED LISTENING SKILLS THROUGH INDONESIAN LANGUAGE LEARNING

Ryan Eka Rahmawati, Nurul Awaliyah Mukhlis, Ida Laila

Abstract


Artikel ini membahas Penerapan Pembelajaran Mendengarkan Berbasis Karakter di Pondok Pesantren Kelas IV MI Unggulan Roudlotul Ulum Pilang Sidoarjo (Pra-Covid-19 dan Selama Pandemi Covid-19). Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan penelitian kualitatif. Serta teknik analisis data menggunakan Miles dan Huberman Model. Teknik analisis data terdiri dari beberapa tahap, yaitu pengurangan data, tampilan data, dan verifikasi data. Mata pelajaran penelitian ini adalah guru dan siswa kelas empat di Pondok Pesantren Uggulan Roudlotul Ulum Pilang Sidoarjo. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan di Pondok Pesantren Kelas IV MI Unggulan Roudlotul Ulum Pilang Sidoarjo tentang Pelaksanaan Pembelajaran Mendengarkan Berbasis Karakter sebelum pandemi dan selama pandemi Covid-19, dapat disimpulkan bahwa: Pertama, pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia berbasis karakter di masa pra pandemi dan selama pandemi Covid-19 menekankan dua hal, yaitu aktivitas sumber daya manusia dan pencapaian proses pembelajaran. Kedua, mengenai kendala yang dihadapi guru selama proses pembelajaran bahasa Indonesia berbasis karakter, yaitu pada masa pra-pandemi (offline) muncul kendala dalam hal bahan ajar yang guru tidak memaksimalkan internet. Sementara online (masa pandemi) guru memaksimalkan internet namun tidak memantau keseriusan siswa.

Keywords: Pembelajaran Bahasa Indonesia, Keterampilan Mendengarkan, Pendidikan Karakter


Full Text:

PDF

References


Arief Wibowo, M. (2016). Penerapan Strategi Directed Listening Thinking Approach (Dlta) Dalam Pembelajaran Keterampilan Menyimak Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif, 20(1).

Arono. (n.d.). Pengembangan Pembelajaran Keterampilan Menyimak Melalui Teknologi Informasi. Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, Universitas Bengkulu, 1–20.

Arti kata kendala - Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online. (n.d.). Retrieved July 6, 2021, from https://kbbi.web.id/kendala

Arti kata kode - Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online. (n.d.). Retrieved July 6, 2021, from https://kbbi.web.id/kode

Bagus, R. (2017). Kesulitan Menyimak dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia (Penelitian Studi Kasus Pada Siswa Kelas 3 Sekolah Dasar Inklusi X Bandung). LITERASI : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia Dan Daerah, 7(1), 41. https://doi.org/10.23969/literasi.v7i1.277

Barus, S. (2013). Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Menyimak Bahasa Indonesia Di Sekolah. Jurnal Bahas Unimed, 85, 1–16.

Damayanti, & Susetyo Rukmi, A. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Cerita Siswa SDN Mojongapit III Jombang. JPGSD, 2(3), 1–11.

ERIC - ED549613 - Teaching Listening, TESOL International Association, 2013-Jan-11. (n.d.). Retrieved April 6, 2021, from https://eric.ed.gov/?id=ED549613

Fawzi, A. (2016). Pengembangan Alat Penilaian Pembelajaran Menyimak Eksposisi Kelas X SMA. Bahasa Dan Seni: Jurnal Bahasa, Sastra, Seni Dan Pengajarannya, 44(2), 125–134. https://doi.org/10.17977/um015v44i22016p125

Harlina, & Wardarita, R. (2020). Peran Pembelajaran Bahasa Dalam Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Bindo Sastraurnal Bindo Sastra, 4(1), 63–68.

Hijriyah, U. (2016). Stategi dan implikasinya dalam kemahiran berbahasa. In Menyimak Stategi Dan Implikasinya Dalam Kemahiran Berbahasa.

Ibda, H. (2018). Penguatan Karakter Toleran dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Whole Language di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Wahana Akademika, 5, 17–39.

Kristiyani, A. (n.d.). Impelemntasi Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran Bahasa di PG-TPA Alam Uswatun Khasanah Sleman Yogyakarta. 1–16.

Kurniawan, B. (2017). Teori Kendala Sebagai Alat Pengukuran Kinerja. Jurnal Akuntansi Bisnis, 9(2), 211–239. https://doi.org/10.30813/jab.v9i2.882

Mana, L. H. A., & Yusandra, T. F. (2017). Pengembangan RPKPS dan SAP Menyimak Berbasis Pendekatan Contekstual Teachingand Learning (CTL). JURNAL GRAMATIKA Jurnal Penelitian Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(2), 84–100. https://media.neliti.com/media/publications/80703-ID-peran-pengajaran-sastra-dan-budaya-dalam.pdf J

Mulyati, Y. (2015). Hakikat Keterampilan Berbahasa. Pdgk4101/Modul1, 1–34.

Murniati. (2019). Keterampilan Menyimak Legenda dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia.

MVS1: Listening. (n.d.). Retrieved April 6, 2021, from http://introtocommopensource.ridgewater.edu/ModuleV/ModVSect1.html

NME Juniartini, I. R. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Google Meet Dalam Keterampilan Menyimak Dan Berbicara Untuk Pembelajaran Bahasa Pada Masa Pandemi Covid-19 1Nme. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 9(2), 133–141.

Pebriana, U., & Fantiro, F. A. (2017). Peningkatan Keterampilan Menyimak Melalui Model Pembelajaran Artikulasi Dan Media Boneka Tangan Pada Pembelajaran Tematik Kelas 1 Sdn Pejok Ii Kedungadem Bojonegoro. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 5(2), 766. https://doi.org/10.22219/jp2sd.vol5.no2.766-772

Pratiwi, C. P. (2018). Penerapan Media Warek (Wayang Karakter) Untuk Menumbuhkan Nilai Religius Pada Pembelajaran Menyimak Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. Muaddib : Studi Kependidikan Dan Keislaman, 8(1), 65. https://doi.org/10.24269/muaddib.v8i1.1047

Rosdia. (2014). Peningkatan Kemampuan Menyimak Melalui Metode Mendongeng Siswa Kelas VI SDN Sese. Kreatif Tadulako Online, 4(8), 250–267.

Setiawan, B. (2021). Optimalisasi Peran Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia sebagai Wahana Pembentukan Karakter Peserta Didik dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean ( MEA ) 1. Jurnal Darma Sastra (Jurnal Penelitian Bahasa Dan Sastra), 1(1), 66–73.

Setiawati, L. (2014). Menyimak (pp. 1–40). Universitas Terbuka. http://repository.ut.ac.id/4737/

Siahaan, M. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan. Jurnal Kajian Ilmiah, 1(1), 73–80. https://doi.org/10.31599/jki.v1i1.265

Simatupang, N. D. (n.d.). Meningkatkan Kemampuan Menyimak Anak Melalui Stategi Simak-Kerjakan. PG-PAUD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya, 1–5.

Sufriadi, S. (2017). Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas Rendah Di Sekolah Dasar Islam Sabilal Muhtadin Banjarmasin (the Learning of Indonesian of Low Class At Islamic Primary School of Sabilal Muhtadin Banjarmasin). Jurnal Bahasa, Sastra Dan Pembelajarannya, 5(1), 81–93. https://doi.org/10.20527/jbsp.v5i1.3713

Valden Arthanta Naibaho, A. (2020). Kompasiana.com. Keterampilan Berbahasa Indonesia di Masa Pandemi Covid-19. Kompasiana.Com. https://www.kompasiana.com/agungvalden/5fd2278d8ede4802f81225f2/keterampilan-berbahasa-indonesia-di-masa-pandemi-covid-19

Wardarita, R. (2020). Peran Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia selama Masa Pandemi Covid 19. 1–17.

Widyantara, I., & Rasna, I. (2020). Penggunaan Media Youtube Sebelum dan Saat Pandemi Covid-19 dalam Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 9(2), 113–122. https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_bahasa/article/view/3531/pdf

Yildirim, S. (2016). The Importance Of Listening In Language Learning And Listening Comprehension Problems Experienced By Language Learners: A Literature Review. Abant İzzet Baysal Üniversitesi Eğitim Fakültesi Dergisi, 16(4), 0–0. https://doi.org/10.17240/aibuefd...-5000209696




DOI: https://doi.org/10.29408/sbs.v4i2.3766

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
SeBaSa: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats