Media Permainan Sunda Manda Robot Bercahaya Untuk Kemampuan Keseimbangan Anak

Authors

  • Putri Sobah Horunisa STKIP Muhammadiyah Kuningan
  • nika cahyati STKIP Muhammadiyah Kuningan

DOI:

https://doi.org/10.29408/goldenage.v4i01.1668

Keywords:

Media permainan, sunda manda, keseimbangan anak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media permainan yang dapat mengembangkan kemampuan keseimbangan anak usia 5-6 tahun, serta mengetahui kefektifan dari media tersebut. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan Borg & Gall yang dibatasi menjadi 6 tahap yaitu penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan draf produk, uji coba lapangan awal, revisi hasil uji coba, dan uji pelaksanaan lapangan. Berdasarkan hasil penelitian peningkatan hasil perkembangan keseimbangan anak dengan menggunakan media permainan sunda manda robot bercahaya meningkat sebesar 27.7, dari nilai rata-rata awal sebesar 65.2 menjadi 92.9. Pada  hasil uji t nilai posttest kelas kontrol dan kelas eksperimen, diperoleh nilai Sig (2-tailed) sebesar 0,000. Nilai Sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima, yang artinya terdapat perbedaan secara signifikan antara perkembangan motorik kasar aspek keseimbangan  menggunakan media permainan sunda manda robot bercahaya dengan perkembangan motorik kasar aspek keseimbangan tanpa menggunakan media permainan sunda manda robot bercahaya.

References

adawiyah agustina, R., shofa ilhami, B., & Najamuddin. (2015). Pengembangan Model Permainan Tradisional Engklek Edukatif Dalam Mengembangkan Kemampuan Motorik Kasar Dan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. 5–6.

Aswasulasikin, A., & Nur, H. Z. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Hts (Hang of the Scramble) Pada Mata Pelajaran Ipa Siswa Kelas Iii Sdn 03 Sambelia. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(2), 50. https://doi.org/10.29408/didika.v4i2.1200

Elfiadi. (2016). Bermain Dan Permainan Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Itqan, VII(1), 51–60.

Essa, Eva. L. (2014). Introduction to early childhood education. United States of America : Wadsworth Cengage Learning

Fitriani, R., Pendidikan, F. I., & Hamzanwadi, U. (n.d.). MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN PERMAINAN ESTAFET PENDAHULUAN Undang-Undang No . 20 tahun 2003 Pasal 1 butir 14 menyebutkan bahwa pendidikan anak usia dini merupakan suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam. 1–13.

Hurlock, B. Elizabeth. (1978). Perkembangan Anak. (Terjemahan: Med Meitasari Tjandrasa dan Muchichah Zarkasih). Jakarta: Erlangga.

Ilhami, B. S., Fitri, B. F. H., & Ramdhani, S. (2019). Permainan Kuda Bisik Untuk Meningkatkan Kemampuan Pembendaharaan Kosakata Anak Usia 5-6. Cakrawala Dini; Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 10(2), 101–108.

Khaironi, M. (2018). Perkembangan anak usia dini. Jurnal Golden Age Hamzanwadi University, 3(1), 1–12.

Kusumaningtiyas, N. (2014). Alat permainan edukatif untuk Anak Usia Dini.

Murtafi’atun, (2018). Kumpulan Permainan Tradisional Nusantara. Yogyakarta: C-kilk Media

Munawaroh, H. (2017). Pengembangan model pembelajaran dengan permainan tradisional engklek sebagai sarana stimulasi perkembangan anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 86-96

. Nur, L., Halimah, M., & Nurzaman, I. (2017). Permainan Tradisional Kaulinan Barudak untuk Mengembangkan Sikap Empati dan Pola Gerak Dasar Anak Usia Dini. Jurnal PAUD Agapedia, 1(2), 170-180.

Nahdi, K., & Yunitasari, D. (2019). Literasi Berbahasa Indonesia Usia Prasekolah: Ancangan Metode Dia Tampan dalam Membaca Permulaan. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 446. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.372

Paramita, M. V. A., & Sutapa, P. (2019). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Permainan Sirkuit Untuk Meningkatkan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Golden Age, 3(01), 1–15.

Ramdhani, S., Yuliastri, N. A., Sari, S. D., & Hasriah, S. (2019). Penanaman Nilai-Nilai Karakter melalui Kegiatan Storytelling dengan Menggunakan Cerita Rakyat Sasak pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 153. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.108

Rosita, Fadillah, D. Y. (2018). Pengembangan Potensi Kognitif Anak Melalui Bermain Kontruksi dengan Lego di TK Kartika V – 49 Pontianak.

Satriana, M. (2013). Permainan Tradisional Berbasis Budaya Sunda Sebagai Sarana Stimulasi Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 7(1), 65-84.

Shin, D. (2016). Research on Children’s Outdoor Play: Analysis of Published Journal Articles in Korea from 2005 to 2015. Asia-Pacific Journal Of Research In Early Childhood Education, 10(2), 29–46. https://doi.org/10.17206/apjrece.2016.10.2.29

Pratiwi, Y., & Kristanto, M. (2014). Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar (Keseimbangan Tubuh) Anak Melalui Permainan Tradisional Engklek Di Kelompok B Tunas Rimba II Tahun Ajaran 2014/2015. PAUDIA: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2 Oktober).

Published

2020-06-30