Pembelajaran Berbasis Engineering Di PAUD: Perspektif Guru
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyajikan perspektif guru tentang konten engineering di tingkat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan enam sampel guru yang sudah mempraktikkan konten engineering di PAUD. Pengumpulan data dilakukan dengan purpossive sampling. Data dikumpulkan melalui wawancara semi terstruktur dan data dianalisis dengan menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa konten engineering di PAUD adalah proses belajar dan bermain yang anak-anak dapat mengembangkan kemampuan mereka untuk memecahkan masalah, berpikir kritis, berpikir kreatif, dan berkomunikasi dengan baik. Guru menerapkan konten engineering berdasarkan pada tahap perkembangan anak, kemudian menggabungkan semua rencana pelajaran yang sesuai, metode pengajaran, media, dan proses penilaian. Konsep konten engineering terkait dengan keterlibatan orang tua dan dapat mengarahkan guru untuk berpikir lebih kreatif dan inovatif.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: https://doi.org/10.29408/goldenage.v4i02.2385
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Yubaedi Siron, Mutriani Mula Putri Mama, Filia Tri Utari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats