Pengaruh Kepemimpinan Kepala RA dan Regulasi Diri Guru terhadap Kinerja Guru di PC Cilimus Kabupaten Kuningan

Authors

  • Lesi Sri Lestari STKIP Muhammadiyah Kuningan
  • Mira Mayasarokh STKIP Muhammadiyah Kuningan

DOI:

https://doi.org/10.29408/goldenage.v4i02.2620

Keywords:

Kepemimpinan Kepala RA, Regulasi Diri, Kinerja Guru

Abstract

Kepala sekolah merupakan salah satu komponen pendidikan yang berpengaruh dalam meningkatkan kinerja guru. Sementara itu dari sisi internal salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kinerja guru adalah regulasi diri guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) seberapa besar pengaruh kepemimpinan kepala RA terhadap kinerja guru di PC Cilimus Kab. Kuningan; (2) seberapa besar pengaruh regulasi diri guru terhadap kinerja guru RA di PC Cilimus Kab. Kuningan; dan (3) seberapa besar pengaruh kepemimpinan kepala RA dan regulasi diri guru terhadap kinerja guru di PC Cilimus Kab. Kuningan. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian ex-post facto. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah guru Raudhatul Athfal di PC Cilimus Kabupaten Kuningan yang berjumlah 61 guru dari 23 lembaga. Instrumen pengumpulan data berupa kuesioner dengan skala likert yang memiliki 4 alternatif jawaban. Analisis data menggunakan teknik analisis regresi linear berganda dengan pengujian hipotesis uji parsial (Uji t) dan uji simultan (Uji F) menggunakan software SPSS 20. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Kepemimpinan kepala RA berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja guru sebesar 1,202; kemudian (2) Regulasi diri guru berpengaruh positif tidak signifikan terhadap kinerja guru sebesar 0,469; dan (3) Kepemimpinan kepala RA dan regulasi diri guru secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru sebesar 90,7%, sedangkan 9,3% lainnya dijelaskan oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.

Author Biographies

Lesi Sri Lestari, STKIP Muhammadiyah Kuningan

S1 PAUD

Mira Mayasarokh, STKIP Muhammadiyah Kuningan

S2 PAUD

References

Afrina, D. (2019). Hubungan Kepemimpinan Instruksional Kepala Sekolah Dan Efikasi Diri Dengan Kinerja Mengajar Guru. Manajer Pendidikan, 13(2), 146-157.

Aguswara, Winda W., & Reza Rachmadtullah. (2018). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Iklim Organisasi dengan Kinerja Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 11(2). https://doi.org/10.21009/JPUD.112.14

Aryawan, I. W. (2019). Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah Di Era Revolusi Industri 4.0 Berlandaskan Pada Konsep Panca Upaya Sandhi. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial, 5(2), 132-141.

Ghozali, Imam. (2002). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Halimah, S., Rahman, I. K., & Hakiem, H. (2019). Hubungan regulasi diri dengan disiplin kerja guru PAI di MTS kota dan kabupaten bogor. e-Jurnal Mitra Pendidikan, 3(4), 519-530.

Huda, M. (2018). Tugas Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Manajemen Berbasis Sekolah. al-Afkar, Journal For Islamic Studies, 1(2, July), 46-54.

Husaini Usman. (2008). Manajemen, Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Ideswal, I., Yahya, Y., & Alkadri, H. (2020). Kontribusi Iklim Sekolah dan Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 460-466.

King, Laura A. (2010). Psikologi Umum: Sebuah Pandangan Apresiatif. Alih bahasa: Brian Marwensdy. Jakarta: Salemba Humanika.

Maharani, Dyah. (2015). Pengaruh Perilaku Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Mengajar Guru TK. Jurnal Administrasi Pendidikan, 22(1), 102–113.

Mbuik, H. B. (2019). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Penerapan Manajemen Berbasis Sekolah di SD. Indonesian Journal of Primary Education, 3(2), 28-37.

Mulyasa, E. (2009). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Mulyasa, H. E. (2013). Uji Kompetensi dan Penilaian Kinerja Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya

Nafiqoh, Heni. (2017). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Berprestasi terhadap Kinerja Guru Pendidikan Anak Usia Dini. 3(1), 57–75.

Nurlaila. (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia. Ternate: Lepkhair

Okoji, O. O. (2015). Relationship between School Principals’ Leadership Styles and Teachers’ Job Performance in Ondo State Nigeria. Ife Psychologia, 23(2), 133–138. https://doi.org/ISSN:1117-1421

Ormrod, Jeanne Ellis. (2011). Human Learning. 6th. ed. New York: Pearson.

Permadi. D., & Arifin Daeng. 2010. Kepemimpinan Transgormasional Kepala Sekolah dan Komite Sekolah. Bandung: PT Sarana Panca Karya Nusa

Prasad, S., Lim, V. K. G., & Chen, D. J. Q. (2010). Self-Regulation, Individual Characteristics and Cyberloafing. PACIS Proceedings, 152.

Priansa, Donni Juni. (2014). Kinerja Dan Profesionalisme Guru Fokus pada Peningkatan Kualitas Pendidikan, Sekolah, dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Sulfemi, W. B. (2020). Pengaruh Rasa Percaya Diri dan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Nidhomul Haq: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 157-179.

Wahjosumidjo. (2010). Kepemimpinan Kepala Sekolah; Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Wulandari, Trie. (2015). Analisis Kinerja Guru dalam Mengelola Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Untan, 4(11)

Published

2020-12-30