Persepsi Guru Dalam Implementasi Holistik Integratif Pendidikan Anak Usia Dini Pada Kondisi New Normal

Authors

  • Yani Yani Institut Agama Islam Negeri Samarinda
  • Mohammad Salehudin Institut Agama Islam Negeri Samarinda http://orcid.org/0000-0002-0279-9819
  • Sri Yatun Pascasarjana PIAUD, Institut Agama Islam Negeri Samarinda
  • Denok Lailatin Komariah Pascasarjana PIAUD, Institut Agama Islam Negeri Samarinda
  • Nur Eka Rizky Aminda Pascasarjana PIAUD, Institut Agama Islam Negeri Samarinda
  • Pratiwi Hidayati Pascasarjana PIAUD, Institut Agama Islam Negeri Samarinda dan KB/TK Selyca Islamic School Samarinda
  • Nur Latifah Pascasarjana PIAUD, Institut Agama Islam Negeri Samarinda dan TK Tunas Darma Sangatta Utara
  • Aisyah Aisyah Pascasarjana PIAUD, Institut Agama Islam Negeri Samarinda dan TK Alam Baiturrahman, Bontang

DOI:

https://doi.org/10.29408/goldenage.v4i02.2767

Keywords:

Persepsi Guru, Implementasi Holistik Integratif, PAUD, New Normal, Teacher Perception, Integrative Holistic Implementation

Abstract

 

Pembelajaran tatap muka menjadi primadona pembelajaran dengan berbagai bentuk dan hasil belajar yang diharapkan, namun di masa new normal sebagai kelanjutan pandemi covid-19 pembelajaran online menjadi kebijakan pemerintah tidak terkecuali di lavel PAUD, tujuan penelitian ini untuk mengetahui persepsi guru dalam implementasi holistik integratif pendidikan anak usia dini pada kondisi new normal. Pendekatan penelitian kuantitatif survey pada 49 responden guru PAUD di Kabupaten Penajam Paser Utara, dibagikan dalam google form dengan 12 item pertanyaan penelitian yang dianalisis dengan desktiptif  kuantitatif. Hasil penelitian bahwa persepsi guru dalam implementasi Holistik Integratif (HI) dengan hasil sangat baik, artinya implementasi HI dalam pandangan guru PAUD berjalan dengan sangat baik meliputi dua komponen HI, pertama implementasi HI dengan prinsip pembelajaran PAUD kedua implementasi kecerdasan anak. Saran untuk penelitian selanjutnya dikembangakan pada studi berbagai variabel yang meliputi layanan, lembaga PAUD, kebijakan pemerintah, aspek penilaian dan aspek perkembangan pengetahuan AUD.

Abstract 

Face-to-face learning is the prima donna of learning with various forms and expected learning outcomes, but in the new normal era as a continuation of the Covid-19 pandemic online learning has become a government policy, including at the PAUD level, the purpose of this study is to determine teacher perceptions in the holistic, integrative implementation of children's education. early age in new normal conditions. A quantitative survey research approach to 49 PAUD teacher respondents in Penajam Paser Utara District, distributed in google form with 12 research question items analyzed using quantitative descriptive. The results of the study show that teachers' perceptions in implementing Integrative Holistic (HI) are very good, meaning that the implementation of HI in the view of PAUD teachers is going very well including two HI components, first the implementation of HI with the principles of PAUD learning, the second the implementation of children's intelligence. Suggestions for further research are developed on the study of various variables which include services, PAUD institutions, government policies, aspects of assessment and aspects of development of AUD knowledge.

References

Abazi-Bexheti, L., Kadriu, A., Apostolova-Trpkovska, M., Jajaga, E., & Abazi-Alili, H. (2018). LMS Solution: Evidence of Google Classroom Usage in Higher Education. Business Systems Research, 9(1), 31–43. https://doi.org/10.2478/bsrj-2018-0003

Agus Jatmiko, Eti Hadiati, M. O. (2020). Penerapan Evaluasi Pembelajaran Anak Usia Dini. Al Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 83–97. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/al-athfaal

Agustian, A. G. (2005). Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi dan Spritual, ESQ; Emotional Spritual Quotiont (New Editio). Penerbit Arga.

Agustin, M., Puspita, R. D., Nurinten, D., & Nafiqoh, H. (2020). Tipikal Kendala Guru PAUD dalam Mengajar pada Masa Pandemi Covid 19 dan Implikasinya. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 334. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.598

Agustini, S. (2015). Implementasi Pendidikan Holistik Integratif Pada Anak Usia Dini (Studi di PAUD Aisyiyah Bustanul Athfal Metro, Wahdatul Ummah, Al Ishlah Kota Metro). STAIN Jurai Siwo Metro.

Akbar, R. A. (2018). Evaluasi Program Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif Pada Satuan Paud. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 4(2), 137. https://doi.org/10.24235/awlady.v4i2.2703

Ana, Saparahayuningsih, S., & Indrawati, D. (2020). Studi Kasus Anak Hafal Al-Qur’an Juz 30 di PAUD IT Generasi Rabbani Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Potensia, 5(1), 45–55.

Aylward, Bruce (WHO); Liang, W. (PRC). (2020). Report of the WHO-China Joint Mission on Coronavirus Disease 2019 (COVID-19). 2019(February), 16–24.

Bungin, B. (2006). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Prenada Media.

Cahyati, N., & Kusumah, R. (2020). Peran Orang Tua Dalam Menerapkan Pembelajaran Di Rumah Saat Pandemi Covid 19. Jurnal Golden Age, Universitas Hamzanwadi, 04(1), 152–159.

Creswell, J. W. (2012). Educational Research; Planning, Conduction and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. Pearson Education. Inc.

Data Statistik Penduduk Indonesia. (2019). Jumlah Penduduk Indonesia 2019 Mencapai 267 Juta Jiwa. Dkatadata.Co.Id, 1. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/01/04/jumlah-penduduk-indonesia-2019-mencapai-267-juta-jiwa

Davis, A. (n.d.). Theory and Practice of Online Learning (T. Anderson & F. Elloumi (eds.)). Athabasca University.

Dhawan, S. (2020). Online Learning: A Panacea in the Time of COVID-19 Crisis. Journal of Educational Technology Systems, 49(1), 5–22. https://doi.org/10.1177/0047239520934018

Elfan Fanhas, F. K., & Gina Nurazizah, M. (2017). Pendidikan Karakter Untuk Anak Usia Dini Menurut Q.S. Lukman : 13 – 19. PEDAGOGI: Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini Volume, 3(3a), 42–51. http://103.114.35.30/index.php/Pedagogi/article/view/1032

Elyana, L. (2017). Kurikulum holistik integratif anak usia dini dalam implementasi self regulated learning. Prosiding HIPKIN Jateng, 1(1), 1–7.

Fatmawati, N. I. (2019). Literasi Digital, Mendidik Anak Di Era Digital Bagi Orang Tua Milenial. MADANI: Jurnal Politik Dan Sosial Kemasyarakatan, 11(9), 119–138. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Fauzi, Supa’at, & Novikasari, I. (2019). Holistic-integrative education system in an islamic kindergarten. Qudus International Journal of Islamic Studies, 7(2), 399–414. https://doi.org/10.21043/qijis.v7i2.6449

Fitri, M., & Na’imah. (2020). Faktor Yang Mempengaruhi Perkembangan Moral Pada Anak Usia Dini. Al Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 1–15. https://www.kompasiana.com/www.kompasiana.comamqurrota_/55208248a33311314746ce79/faktor-yang-mempengaruhi-perkembangan-bahasa-pada-anak

Ghony, H. M. D., & Almanshur, F. (2009). Metodologi Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif (1 februari). UIN-Malang Press.

Hageman, J. R. (2020). The Coronavirus Disease 2019 (COVID-19). Pediatric Annals, 49(3), e99–e100. https://doi.org/10.3928/19382359-20200219-01

Hajati, K. (2018). Pelaksanaan Pendidikan Holistik-Integratif dalam Pelayanan Kebutuhan Dasar Anak Usia Dini di Kabupaten Mamuju Sulawesi-Barat. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 1(1), 17–24. https://doi.org/10.31605/ijes.v1i1.133

Hewi, L., & Asnawati, L. (2021). Strategi Pendidik Anak Usia Dini Era Covid-19 dalam Menumbuhkan Kemampuan Berfikir Logis. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 158–167. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.530

Hidayati, U. (2017). Pendidikan Holistik Integratif Di Raudlatul Athfal (Ra). EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 15(2), 241–262. https://doi.org/10.32729/edukasi.v15i2.451

Hijriyani, Y. S., & Machali, I. (2017). Pembelajaran Holistik – Integratif Anak Usia Dini dengan Pendekatan Cashflow Quadrant di RA Al Muttaqin Tasikmalaya. Al-Athfal : Jurnal Pendidikan Anak, 3(2), 119. https://doi.org/10.14421/al-athfal.2017.32-02

Inawati, A. (2017). Strategi Pengembangan Moral dan Nilai Agama Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 3(1), 51–64.

Jaya, P. R. P., & Ndeot, F. (2018). Penerapan Model Evaluasi CIPP Dalam Mengevaluasi Program Layanan PAUD Holistik Integratif. PERNIK Jurnal PAUD, 1(1), 10–25.

Juanda. (2018). Revitalisasi Nilai Dalam Dongeng Sebagai Wahana Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Pustaka Budaya, 5(2), 11–18. https://doi.org/10.19109/ra.v1i2.2684

Juherna, E., Purwanti, E., Melawati, & Utami, Y. S. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter Pada Disabilitas Anak Tunarungu. Jurnal Golden Age, Universitas Hamzanwadi, 04(1), 12–19.

Jumiatin, D., Windarsih, C. A., & Sumitra, A. (2020). Penerapan Metode Holistik Integratif Dalam Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal. Tunas Siliwangi : Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini STKIP Siliwangi, Bandung, 6(2), 1–8.

Kurniati, E., Nur Alfaeni, D. K., & Andriani, F. (2020). Analisis Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 241. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.541

Kusmana, A. (2011). E-Learning Dalam Pembelajaran. Lentera Pendidikan, 14(1), 35–51.

Lestari, I., Maksum, A., & Kustandi, C. (2019). Mobile Learning Design Models for State University of Jakarta , Indonesia. International Journal of Interactive Mobile Technologies (IJIM), 13(9), 152–171. https://doi.org/https://doi.org/10.3991/ijim.v13i09.10987

Lina Handayani. (2020). Keuntungan , Kendala dan Solusi Pembelajaran Online Selama Pandemi Covid-19 : Studi Ekploratif di SMPN 3 Bae Kudus Lina Handayani. Journal Industrial Engineering & Management Research ( Jiemar), 1(2), 15–23.

Lina, L., Suryana, D., & Nurhafizah, N. (2019). Penerapan Model Evaluasi CIPP dalam Mengevaluasi Program Layanan PAUD Holistik Integratif. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 346. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.200

Mansyur, A. R. (2020). Dampak COVID-19 Terhadap Dinamika Pembelajaran Di Indonesia. Education and Learning Journal, 1(2), 113–123. https://doi.org/10.33096/eljour.v1i2.55

Maryatun, I. B. (2016). Peran Pendidik Paud Dalam Membangun Karakter Anak. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1), 747–752. https://doi.org/10.21831/jpa.v5i1.12370

Misbah, M., Pratama, W. A., Hartini, S., & Dewantara, D. (2018). Pengembangan E-Learning Berbasis Schoology pada Materi Impuls dan Momentum untuk Melatihkan Literasi Digital. PSEJ (Pancasakti Science Education Journal), 3(2), 109. https://doi.org/10.24905/psej.v3i2.1067

Nurdin, N., & Anhusadar, L. (2020). Efektivitas Pembelajaran Online Pendidik PAUD di Tengah Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 686–697. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.699

Nursalim, & Raharja, S. P. (2019). Memperkuat Pelembagaan Model Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif (PAUD HI) Di Kabupaten Sorong Dan Kabupaten Raja Ampat. Jurnal ABDIMASA Pengabdian Masyarakat, 2(2), 18–28.

Pakpahan, R., & Fitriani, Y. (2020). Analisa Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Di Tengah Pandemi Virus Corona Covid-19. JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Researh), 4(2), 30–36.

Pramudyani, A. V. R., Kurniawan, M. R., Rasyid, H., & Sujarwo. (2017). Kurikulum Holistik Integratif Berbasis Permainan Tradisional Pada PAUD Di Yogyakarta. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 10(2), 86–96.

Salehudin, M. (2020a). Dampak Covid-19 : Guru Mengadopsi Media Sosial Sebagai E-Learning Pada Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal MUDARRISUNA, 10(1), 1–16.

Salehudin, M. (2020b). Literasi Digital Media Sosial Youtube Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Potensia, 5(2), 106–115.

Salehudin, M. (2020c). Penggunaan Multimedia Berbasis Teknologi Bagi Pendidikan Profesi Guru (PPG): Analisis User Experience (UX). Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 11(1), 93–109.

Salehudin, M., Marniah, & Hariati. (2020). Siswa SD Menggunakan Smartphone Dalam Pembelajaran Online. IBTIDA’: Media Komunikasi Hasil Penelitian Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 01(02), 229–241. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.37850/ibtida’.v1i1.155

Sarinastitin, E. (2019). Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Lonto Leok Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 95–102.

Setyosari, P. (2009). Pembelajaran Kolaborasi, Landasan Untuk Mengembangkan Keterampilan Sosial, Rasa Saling Menghargai dan Tanggung Jawab. In Pidato Pengukuhan Guru Besar dalam Bidang Ilmu Teknologi Pembelajaran. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.

Suarta, I. N., & Rahayu, D. I. (2018). Model Pembelajaran Holistik Integratif di PAUD Untuk Mengembangkan Potensi Dasar Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 3(1), 37. https://doi.org/10.29303/jipp.Vol3.Iss1.44

Sugiono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan; Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (cetakan ke). Alfabeta, CV.

Sung, E., & Mayer, R. E. (2013). Computers in Human Behavior Online multimedia learning with mobile devices and desktop computers : An experimental test of Clark ’ s methods-not-media hypothesis. Computers in Human Behavior Journal, 29, 639–647.

Sutjiono, T. W. A. (2005). Pendayagunaan Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Penabur (JPP), No.4/IV, 76–84.

Syah, R. H. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(5). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314

Tantri, N. R. (2018). Kehadiran Sosial Dalam Pembelajaran Daring Berdasarkan Sudut Pandang Pembelajar Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh. Jurnal Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh, 19(1), 19–30. https://doi.org/10.33830/ptjj.v19i1.310.2018

Tantri Wahyuni. (2015). Model Pembelajaran Experiential Kolb Dengan Visualisasi Virtual Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Pada Mata Kuliah Fisika Dasar Listrik (Studi Kasus: Teknik Informatika Universitas Majalengka). Seminar Nasional Informatika 2015 (SemnasIF 2015), 2015(November), 292–307. https://doi.org/ISSN: 1979-2328 2.

Ulfah, M. (2019). Pendekatan Holistik Integratif Berbasis Penguatan Keluarga pada Pendidikan Anak Usia Dini Full Day. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 10. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.255

Wahjoedi, Adi, I. P. P., & Damiati. (2017). Model Pengembangan Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini Berbasis Outbound di Kota Singaraja. Seminar Nasional Riset Inovatif, 5, 931–940. https://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/senari/article/view/1068/793

Wahyuni, F. (2019). Pendidikan Anak Usia Dini ( PAUD ) Holistik Integratif. Qalamuna, 11(2), 61–72.

Wardani, D. N., Toenlioe, A. J. E., & Wedi, A. (2018). Daya Tarik Pembelajaran Di Era 21 Dengan Blended Learning. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan (JKTP), 1(1), 13–18.

Wulandari, H., Supriyati, Y., & Jalal, F. (2018). Evaluation of Holistic Integrative Program in Early Childhood Education and Development (PAUD HI). Int. J. of Multidisciplinary and Current Research, 6(June). https://doi.org/https://doi.org/10.14741/ijmcr/v.6.3.2

Yulianto, D., Lestainingrum, A., & Utomo, H. budi. (2016). Analisis Pembelajaran Holistik Integratif Pada Anak Di Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Grogol Kabupaten Kediri. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 10(2), 277–294. https://doi.org/10.21009/jpud.102.05

Yuliati, Y., & Saputra, D. S. (2020). Membangun Kemandirian Belajar Mahasiswa Melalui Blended Learning Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Elementaria Edukasia, 3(1), 142–149. http://jurnal.unma.ac.id/index.php/jee/article/view/2218

Zahro, I. F., Atika, A. R., & Westhisi, S. M. (2019). Strategi Pembelajaran Literasi Sains Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(2), 121–130.

Published

2020-12-31