EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK ICEBREAKING BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI SISWA KELAS XI IPA MA NW RENSING RAJAK

Ahmad Ali Fathi Zain, Marfuatun Marfuatun, Musifuddin Musifuddin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas bimbingan kelompok menggunakan icebreaking berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan rasa percaya diri siswa kelas XI IPA MA NW Rensing Rajak. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian one-group pretest-posttest. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA MA NW Rensing Rajak. Kemudian didapatkan 6 sampel menggunakan bimbingan kelompok dengan teknik icebreaking berbasis kearifan lokal untuk menangani peserta didik tersebut. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan observasi. Hasil penelitian ini menemukan bahwa penerapan bimbingan kelompok dengan teknik icebreaking berbasis kearifan lokal dapat digunakan untuk meningkatkan rasa percaya diri siswa kelas XI IPA. Dari uji hipotesis maka dapat disimpulkan bahwa penerapan bimbingan kelompok dengan teknik icebreaking berbasis kearifan lokal efektif dapat meningkatkan rasa percaya diri siswa kelas XI IPA MA NW Rensing Rajak Tahun 2020/2021.


Keywords


layanan Bimbingan Kelompok, metode Ice breaking, Rasa Percaya Diri.

Full Text:

PDF

References


Ahmadi dan Supriyadi. 2006. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Arikunto, S. 2006. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara

Hakim, Thursan. 2002. Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri. Jakarta: Puspa Swara.

Marjanti, Sri. 2015. Upaya Meningkatkan Rasa Percaya Diri Melalui Konseling Kelompok Bagi Siswa X IPS 6 SMA 2 Bae Kudus Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Konseling, Vol. 1 No 2.

Majid, Abdul. 2019. Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. cet. 3.

Marjanti, Sri. 2015. Upaya Meningkatkan Rasa Percaya Diri Melalui Konseling Kelompok. Jurnal Konseling Gusjigang (Online). Vol. 1 No. 2. http://jurnal.umk.ac.id/index.php/gusjigang/article/view/412/444.diakses 3 Maret 2017.

Nurdin, S. & Adrianto. (2016). Kurikulum dan Pembelajaran. Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Surapranata, Sumarna. 2005. Panduan Penu lisan Tes Tertulis Implementasi Kurikukum 2004. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Utari, R, dkk (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Explicit Instruction Berbantuan Lingkungan Alam Sekitar Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV. Dalam E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. [Online], Vol 4 (1), 10 halaman. Tersedia: http://journal.undiksha.ac.id/index.php. [diunduh 31 Januari 2017].




DOI: https://doi.org/10.29408/jkp.v5i1.3669

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Ahmad Ali Fathi Zain, Marfuatun, Musifuddin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics

View My Stats