Pengembangan Model Pembelajaran My Trip My Adventure

Authors

  • Dedy Febry Rachman Prodi Teknik Informatika STMIK Bumigora
  • Restu Fahdiansyah Prodi Teknik Informatika STMIK Bumigora

DOI:

https://doi.org/10.29408/jpek.v2i2.935

Keywords:

model pembelajaran, my trip my adventure, pengembangan

Abstract

Tujuan penelitian pengembangan ini diharapkan akan menghasilkan suatu paket produk pengembangan berupa model pembelajaran: 1). Perangkat pembelajaran, 2). Pedoman penilaian/evaluasi pembelajaran, 3). Pedoman untuk pengembangan pembelajaran, 4). Menghasilkan model pembelajaran  berbasis game yang di adopsi dari monopoli, 5). Pengembangan model didasarkan pada identifikasi karakteristik siswa pada usianya yang telah mencapai tahap operasional formal dari sisi perkembangan kognitif, 6). Pengembangan model didasarkan pada identifkasi tujuan pembelajaran  dengan mempertimbangkan kurikulum yang telah diterapkan yaitu pengembangan materi dari kurikulum 2013, 7). Model pembelajaran fokus pada satu materi yaitu kurs valuta asing, dan tidak dapat diterapkan model yang sama untuk  materi pelajaran yang lainnya

Setelah prototype produk selesai dikembangkan selanjutnya dilakukan proses uji validasi ahli, uji coba perorangan, uji kelompok kecil dan uji lapangan. Berdasarkan hasil uji tersebut, model pembelajaran sangat valid, menarik, dan efektif dapat diterapkan dalam pembelajaran. Hal ini dapat diketahui dari hasil uji validasi dengan tingkat kelayakan produk dari ahli isi/materi sebesar 100%, validasi ahli media pembelajaran diperoleh skor rata - rata sebesar 97.5%.Tingkat kemenarikan produk dengan skor presentase rata-rata sebesar 89,76% masuk kriteria sangat menarik. Produk efektif digunakan dengan rata-rata skor presentase sebesar 79,66%.

Produk ini juga dapat dimanfaatkan untuk kalangan lebih luas dengan penyesuaian terutama penyesuaian pada karakteristik siswa sebagai pengguna. Lebih lanjut model pembelajaran yang sudah dikembangkan dapat diintegrasikan dengan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi.

References

Affan, A, (2011). Penerapan Pembelajaran kooperatif Model Quiz-Quiz Trade dan Team Game Tournament untuk Meningkatkan Hasil Belajar, Keaktifan Belajar dan Self Esteem. Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Anderson, L.W., dan Krathhwohl D.R. (2010). Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran dan Asesme. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arens, Richad. 2008. Learning to Teach, belajar untuk mengajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Borg. W.R., dan Gall, M.D., 1983, Educational Research: An Introductio, New York - Longman.

Creswell, Jhon W. (2012). Research Design, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan MiXIed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Darmadi, H. (2011). Metode penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Desminta, (2005), Psikologi Perkembangan, Bandung - PT. Remaja Rosdakarya.

Indrawati, A., (2009). Pengembangan Model Pembelajaran yang Berorientasi Jiwa Kewirausahaan pada Pendidikan Anak Usia Dini, Disertasi, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Nusa, P. (2012). Research & Development: Penelitian dan Pengembangan Suatu Pengantar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Putri, R, (2014) Pengembangan Model Pembelajaran The Money Adventure, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Rusman, (2012). Model-model Pembelajaran mengembangkan profesionalisme guru, Jakarta - PT. Raja Grafindo Persada.

StanÄić, H, (2007). Simulation Models in Education. INFuture2007

Sugiyono, (2011). Statistika untuk Penelitian, Bandung - CV Alfabeta.

Wahyono, Hari. (2013). Revitalisasi Pendidikan Ekonomi, Perilaku Berkarakter dan Permasalahan Ekonomi. Malang: Materi seminar pendidikan nasional.

Downloads

Published

2018-12-11