Pengaruh Game Online Mobile Legend Terhadap Kesehatan Mental Peserta Didik

Authors

  • Asri Suci Afiani Program studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Irfan Zinat Achmad Program studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Resty Gustiawati Program studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Dhika Bayu Mahardhika Program studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.29408/porkes.v5i2.6110

Keywords:

Game online, kesehatan mental, mobile legend, peserta didik

Abstract

Motivasi yang melatar belakangi penelitian ini adalah untuk mengkaji seberapa besar pengaruh game online mobile legend terhadap kesehatan mnetal peserta didik di SMPN 1 Kota Baru. Penelitian ini menggunakan metodologi kuantitatif dengan teknik penelitian ex-post facto . Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 1 Kota Baru pada tanggal 20 Mei 6 Juni 2022. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII di SMPN 1 Kota Baru berjumlah 427 orang. Populasi dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan metode pemeriksaan snowball sampling , terdiri dari 30 orang yang terdiri dari 21 pria dan 9 wanita. Instrumen menggunakan game angket online mobile legenddan kesehatan mental. Metode pemeriksaan yang digunakan dalam eksplorasi ini adalah persamaan regresi linier. Konsekuensi dari penelitian ini menunjukkan sejauh mana sig. < 0,05 dan koefisien jaminan sebesar 0,000 yang menunjukkan bahwa pengaruh permainan mobile legend online terhadap kesehatan mnetal peserta didik di SMPN 1 Kota Baru adalah sebesar 90,8% sedangkan 9,2% dipengaruhi oleh variabel yang berbeda. Kondisi yang ditetapkan adalah = 4.923 + 1.000 X, sehingga kesehatan mental peserta didik akan berkurang seiring kekuatan bermain game mobile legend meningkat sebesar 1.000.

References

Amran, A., Marheni, E., Sin, T. H., & Yenes, R. (2020). Kecanduan Game Online Mobile Legends dan Emosi Siswa SMAN3 Batusangkar. Jurnal Patriot, 2(4), 1118-1130. https://doi.org/10.24036/patriot.v2i4.733

Bikriyah, N. (2020). Pengaruh Media Sosial Terhadap Kesehatan Mental Peserta Didik Di Smpn 166 Jakarta. 183.

Dewi, K. S. (2012). Buku ajar kesehatan mental. In A. Sunaryanto (Ed.), UPT UNDIP Press Semarang (Cetakan I). UPT UNDIP Press Semarang Jl. Imam Barjo, SH No. 1 Semarang. http://eprints.undip.ac.id/38840/1/KESEHATAN_MENTAL.pdf

Faisol, A., & Ilyas, M. (2022). Pengaruh Mobile Lagend (Game Online) Terhadap Minat Belajar. Jurnal Pendidikan Dan Kajian Aswaja, 7(1), 53–66. https://doi.org/10.56013/jpka.v7i1.1102

Fakhriyani, D. V. (2021). Peran Resiliensi Terhadap Kesehatan Mental : Penyesuaian Psikologis Selama Pandemi Covid-19 ( The Role of Psychological Resilience in Mental Health : Psychological Adjustment During t ... Peran Resiliensi Terhadap Kesehatan Mental : Penyesuaian Psikologis. 19(November), 465–476. https://conference.iainmadura.ac.id/index.php/iconis/article/view/133

Febriandari, D., Nauli, F. A., & Rahmalia, S. (2016). Hubungan Kecanduan Bermain Game Online terhadap Identitas Diri Remaja. Jurnal Keperawatan Jiwa, 4(1), 50–56. https://doi.org/https://doi.org/10.26714/jkj.4.1.2016.50-56

Haris, I. N. (2018). Model pembelajaran peer teaching dalam pembelajaran pendidikan jasmani. Biormatika: Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 4(1), 1–8. https://doi.org/http://ejournal.unsub.ac.id/index.php/FKIP/article/view/191

Hariadi, H., Suryansah, S., & Watoni, MRR Penerapan Atletik Anak Sebagai Media Pembelajaran Audio Visual Interaktif. TEGAR: Jurnal Pengajaran Pendidikan Jasmani di Sekolah Dasar , 4 (1), 55-60. https://doi.org/10.17509/tegar.v4i1.27821

Isnaini, L. M. Y. (2019). Aplikasi Latihan Mental Dalam Pembelajaran Gerak Untuk Meningkatkan Keterampilan Pada Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Jurnal Porkes, 2(1), 17-25. Doi. 10.29408/porkes.v2i1.1451

Janttaka, N. (2020). Analisis Dampak Game Online Mobile Legend Pada Anak Usia Sekolah Dasar Di Desa Junjung Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung. Inventa: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 132-141. https://doi.org/10.36456/inventa.4.2.a2683

Kautsar. (2019). Pengaruh Game Online Terhadap Prestasi Akademik Peserta Didik Di Man 3 Aceh Besar. Αγαη, 8(5), 55. https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/9928/

Mohammad Arif, Ruslan Abdul Gani, A. K. Y. (2022). Tingkat Keaktifan Anak Tunagrahita dalam Pembelajaran Pendidikan. Jurnal Speed (Sport, Physical Education, Empowerment), 5(5), 45–51. https://doi.org/https://doi.org/10.35706/speed.v5i01

Muhammad Asprizal, C. R., & Rizki, A. (2022). Pengaruh Media Musik Remix Terhadap Minat Siswa Dalam Materi Senam Ritmik Pada Pembelajaran Pendidikan Jasmani Sman 13 Depok. Jurnal Speed (Olahraga, Pendidikan Jasmani Dan Pemberdayaan), 5(Mei), 63–78. https://journal.unsika.ac.id/index.php/speed/article/view/6685/3291

Nurkholis. (2013). Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi Oleh: Nurkholis Doktor Ilmu Pendidikan, Alumnus Universitas Negeri Jakarta Dosen Luar Biasa Jurusan Tarbiyah STAIN Purwokerto. 1(1), 24–44. https://doi.org/https://doi.org/10.24090/jk.v1i1.530

Purnomosidi, F., & Mutiarasari, A. A. (2021). Kesehatan Mental pada Pecandu Game Online Di Desa Kwangen Gemolong. JURNAL TALENTA, 10(2). https://www.jurnal.usahidsolo.ac.id/index.php/JTL/article/view/764

Rahayuningsih, A. P., & Jariono, G. (2022). Pola Pembinaan Olahraga Taekwondo Pada Masa Adaptasi Kebiasaan Baru Ditinjau Dari Context, Input, Process, dan Product. Jurnal Porkes, 5(1), 12-22. https://doi.org/10.29408/porkes.v5i1.5443

Rohman, K. (2018). Agresifitas Anak Kecanduan Game Online. Martabat, 2(1), 155-172.

Suryansah, T., & Suwarjo, S. (2016). Pengembangan video pembelajaran untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar kognitif siswa kelas IV SD. Jurnal Prima Edukasia, 4(2), 209-221. https://doi.org/10.21831/jpe.v4i2.8393

Sulastri, T., Suryana, Y., & Hidayat, S. (2021). Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 1 Manonjaya. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 21(1), 31–38. http://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/index

Utami, A. T., Bandarsyah, D., & Sulaeman, S. (2022). Dampak Game Mobile Legends Terhadap Pola Interaksi Sosial Siswa Kelas V di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(3), 899-907. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.2710

Published

2022-12-20

How to Cite

Afiani, A. S., Achmad, I. Z., Gustiawati, R., & Mahardhika, D. B. (2022). Pengaruh Game Online Mobile Legend Terhadap Kesehatan Mental Peserta Didik. Jurnal Porkes, 5(2), 391–405. https://doi.org/10.29408/porkes.v5i2.6110

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.