Analisis Kemampuan Motorik Halus Anak Berkebutuhan Khusus di TK

Authors

  • Moch Danny Yudha Pradana Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Vera Septi Sistiasih Program studi Pendidikan Olahraga , Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Univeritas Muhammadiyah Surakarta
  • Gatot Jariono Program studi Pendidikan Olahraga , Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Univeritas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.29408/porkes.v5i2.6640

Keywords:

Anak berkebutuhan khusus, kemampuan motorik halus, kolase.

Abstract

Di sekolah inklusi TK Alam Muhammadiyah Surya Mentari belum pernah diadakan pengukuran motorik halus untuk anak berkebutuhan khusus. Oleh karena itu sangat penting untuk dilakukan, karena sangat dibutuhkan oleh anak berkebutuhan khusus untuk mendapatkan perhatian dan pelayanan khusus, dan selain itu dari tenaga pendidik khususnya guru penjas adaptif harus mengetahui secara langsung kondisi fisik dari peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa baik kemampuan motorik halus anak berkebutuhan khusus di TK Alam Muhammadiyah Surya Mentari Kecamatan Laweyan Surakarta. Metode penelitian ini yaitu deskriptif. Populasi yang digunakan adalah anak berkebutuhan khusus di TK Alam Muhammadiyah Surya Mentari yang berjumlah 10 anak. Teknik sampling yang digunakan yaitu total sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kemampuan motorik halus anak berkebutuhan khusus yaitu lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif persentase. Hasil penelitian kemampuan motorik halus anak berkebutuhan khusus di TK Alam Muhammadiyah Surya Mentari Kecamatan Laweyan Surakarta berada pada kategori “Berkembang Sangat Baik (BSB)” sebesar 0,00% (0 anak), “Berkembang Sesuai Harapan (BSH)” sebesar 20,00% (2 anak), “Mulai Berkembang (MB)” sebesar 60,00% (6 anak), dan “Belum Berkembang (BB)” sebesar 20,00% (2 anak). Dapat diambil kesimpulan bahwa kemampuan motorik halus anak berkebutuhan khusus di TK Alam Muhammadiyah Surya Mentari Kecamatan Laweyan Surakarta dalam kategori “Berkembang Sesuai Harapan (BSH)”. Hal ini dikuatkan dari hasil analisis presentase sebesar 60%, berada pada inteval nilai 51%-75% (Yoni, 2010).

References

Arikunto, S. (2019). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik.

Ashari, M. A. (2021). Pengembangan Permainan Gobak Sodor Dalam Meningkatkan Motorik Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Husnul Khotimah Jiken. Jurnal Porkes, 4(2), 134-139. https://doi.org/10.29408/porkes.v4i2.4850

Astuti, M. D., & Masnina, R. (2018). Hubungan antara Status Gizi dan Perawatan Kesehatan dengan Perkembangan Motorik pada Anak Usia Pra Sekolah di TK ABA 3, 6, 7 & 8 Kota Samarinda. https://dspace.umkt.ac.id//handle/463.2017/609

Arianti, B. D. D., Aswasulasikin, A., Hadi, Y. A., Ibrahim, D. S. M., & Suryansah, S. (2021). Pengembangan Kamus Bergambar Bahasa Inggris Untuk Anak Usia Dini Menggunakan Model Addie. Jurnal Golden Age, 5(2), 425-434. https://doi.org/10.29408/goldenage.v5i2.4590

Budiwanto, S. (2017). Metode statistika untuk mengolah data keolahragaan. Metode Statistika, 1–191.

Baharudin, N. A. (2022). Pengaruh Permainan Lempar Tangkap Bola Kasti Terhadap Perkembangan Motorik Anak Down Syndrome. Jurnal Prestasi Olahraga, 5(1), 98-108. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-prestasi-olahraga/article/view/44183

Hakim, A. R. (2016). Pengaruh Motorik Kasar Anak Tunagrahita Terhadap Motorik Halus. Jurnal Ilmiah Penjas (Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran), 2(2). http://ejournal.utp.ac.id/index.php/JIP/article/view/440

Hardani, A. H., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Istiqomah, R. R., Fardani, R. A., Sukmana, D. J., & Auliya, N. H. (2020). Metode penelitian kualitatif & kuantitatif. CV. Pustaka Ilmu Group. Yogyakarta.

Hakim, A. R. (2016). Pengaruh Motorik Kasar Anak Tunagrahita Terhadap Motorik Halus. JURNAL ILMIAH PENJAS (Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran), 2(2). http://ejournal.utp.ac.id/index.php/JIP/article/view/440

Hidahyani, A., & Sujarwanto, S. (2021). Finger painting sebagai teknik pengembangan motorik halus anak cerebral palsy di usia sekolah. Jurnal Pendidikan Khusus, 16(2). https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/38/article/view/36666

Hakim, A. R. (2017). Memuliakan Anak Berkebutuhan Khusus Melalui Pendidikan Jasmani Adaptif. Jurnal Ilmiah Penjas (Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran), 3(1). http://ejournal.utp.ac.id/index.php/JIP/article/view/539

Prihantina, R. (2018). Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Melalui Kegiatan Melukis Dengan Alat Bulu Ayam Pada Anak Kelompok B Taman Kanak-Kanak Ambar Asri Mejing. Pendidikan Guru PAUD S-1, 7(2), 109-120. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/pgpaud/article/view/10502

Putri, R. (2021). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Permainan Kolase Bahan Bekas Studi Literatur. Jurnal Golden Age, 5(2), 314–322. https://doi.org/10.29408/goldenage.v5i2.3705

Nopiana, R. (2021). Penerapan Permainan Olahraga Bocce Untuk Meningkatkan Minat Berolahraga Terhadap ABK Tunagrahita Pada SLBN 1 Lombok Timur. Jurnal Segar , 9 (2), 63-68. https://doi.org/10.21009/Segar/0802.01

Ridawati, I. D., Oktaviani, E., Zuraidah, Z., Aprilyadi, N., Feri, J., Eriani, T., ... & Murtilawati, T. (2022). Peningkatan Pengetahuan Pencegahan Omicron Melalui Bermain Puzzle Pada Anak Berkebutuhan Khusus. Selaparang Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(2), 915-921. https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i2.8664

Ramadhani, R. (2013). Metode Sensori Integrasi Bermedia Papan Titian Modifikasi Terhadap Kemampuan Motorik Kasar Anak Autis di Sekolah Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Pendidikan Khusus, 3(3). https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/38/article/view/3860

Sugiyono. (2016). metode penelitian (3rd ed.). alfabeta.

Susanto, S. I., & Wijaya, F. J. M. (2021). Analisis Perkembangan Motorik Anak Berkebutuhan Khusus Setelah Latihan Gymnastics. Jurnal Prestasi Olahraga, 4(6), 107-113. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-prestasi-olahraga/article/view/39593

Setiawan, I. (2020). A to Z anak Berkebutuhan Khusus. CV Jejak (Jejak Publisher).

Sudarto, Z., Rofiah, K., Ardianingsih, F., & Sujarwanto, S. (2019). Program Intervensi Terpadu Anak Berkebutuhan Khusus: Proses Pengembangan Kurikulum. JPI (Jurnal Pendidikan Inklusi), 3(1), 1-10. https://doi.org/10.26740/inklusi.v3n1.p1-10

Sukriadi, S., & Arif, M. (2021). Model Pembelajaran Pe

ndidikan Jasmani Adaptif Berbasis Permainan Untuk Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Ilmiah Sport Coaching and Education, 5(1), 12–24. https://doi.org/10.21009/JSCE.05102

Ubaidillah, K. (2018). Penggunaan Terapi Okupasi untuk Pengembangan Motorik Halus Anak Down Syndrome. Yinyang: Jurnal Studi Islam Gender Dan Anak, 13(1), 15-32. https://ejournal.uinsaizu.ac.id/index.php/yinyang/article/view/2091

Widiyanto, W. E., & Putra, E. G. P. (2021). Pendidikan jasmani adaptif di sekolah inklusif bagi anak berkebutuhan khusus. Sport Science And Education Journal, 2(2). https://doi.org/10.33365/ssej.v2i2.1052

Yoni, A., Purwanto, H., & Ambarwati, S. K. (2010). Menyusun penelitian tindakan kelas. Yogyakarta: Familia.

Published

2022-12-20

How to Cite

Pradana, M. D. Y., Sistiasih, V. S., & Jariono, G. (2022). Analisis Kemampuan Motorik Halus Anak Berkebutuhan Khusus di TK. Jurnal Porkes, 5(2), 562–570. https://doi.org/10.29408/porkes.v5i2.6640

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.