Tingkat Pemahaman Keselamatan Air Pengawas Kolam Renang

Authors

  • Ahmad Sova Sundoro Program Studi Pendidikan Olahraga, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Vera Septi Sistiasih Program Studi Pendidikan Olahraga, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.29408/porkes.v5i2.6704

Keywords:

Keselamatan air, pengawas kolam renang, tingkat pemahaman

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pemahaman keselamatan air Pengawas Kolam se-Solo Raya. Hal ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana keselamatan di kolam renang terhadap pengawas kolam. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis tingkat pemahaman keselamatan kolam renang oleh pengawas kolam se-Solo Raya. Peneliti menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Metode analisis data pada studi ini ialah analisis deskriptif kuantitatif dengan persentase. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dengan narasumber. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah purposive random sampling dan berjumlah 24 orang, dengan pengambilan sampel secara acak. Hasil dari penelitian ini yaitu Tingkat pemahaman pengawas kolam renang tentang keselamatan air di area Solo Raya berada pada kategori “rendah” sebesar 8,3% terdiri dari 2 orang, kategori “sedang” sebesar 12,5% terdiri dari 3 orang, dan kategori “tinggi” sebesar 79,2% dengan 19 orang. Berdasarkan nilai rata-rata yang diperoleh yaitu sebesar 83,7083 tingkat pemahaman pengawas kolam renang tentang keselamatan air di area Solo Raya masuk dalam kategori “tinggi”.

References

Anindya, G. S., & Sartika, D. (2018). Hubungan antara self-efficacy dengan Stress pada Mahasiswa yang Sedang Menyusun Skripsi di Universitas Islam Bandung. Prosiding Psikologi, 4(1), 345–351.

Ali, M. (2011). Kontribusi status gizi dan motivasi belajar terhadapkesehatan jasmani mahasiswa pendidikan olahragadan kesehatan Universitas Jambi. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 8(1). https://doi.org/10.21831/jpji.v8i1.3485

B, H., & Hamzah, R. (2020). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Tingkat Stres Akademik Pada Mahasiswa Stikes Graha Medika. Indonesian Journal for Health Sciences, 4(2), 59–67. https://doi.org/10.24269/ijhs.v4i2.2641

Dinata, K., Daniyantara, D., Hariadi, N., Jumesam, J., & Jaya, P. (2021). Pengaruh Pembelajaran Audio Visual Terhadap Kemampuan Renang Gaya Dada. Jurnal Porkes , 4 (1), 14-18. https://doi.org/10.29408/porkes.v4i1.3433

Faridah, I., Afiyanti, Y., & Fatonah, S. (2022). Pengaruh Application Mobile Mindfulness (MM) Terhadap Tingkat Stress Pada Mahasiswa Di Tangerang Raya. Nusantara Hasana., 1(8), 91–95. http://www.nusantarahasanajournal.com/index.php/nhj/article/view/220

Fauziyah, N. (2021). Pelibatan Pasien dalam Manajemen Asuhan Keperawatan (patient engagement in nursing care management). Penerbit NEM.

Gamayanti, W., Mahardianisa, M., & Syafei, I. (2018). Self Disclosure dan Tingkat Stres pada Mahasiswa yang sedang Mengerjakan Skripsi. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 5(1). https://doi.org/10.15575/psy.v5i1.2282

Greene, K., Derlega, V. J., & Mathews, A. (2018). Self-Disclosure in Personal Relationships. The Cambridge Handbook of Personal Relationships.

Gani, RA, Setiawan, E., Mahardhika, DB, & Syamsudar, B. (2022). Menyelidiki Persepsi Atlet, Peran Orang Tua, dan Pelatih Tentang Tingkat Motivasi Latihan Renang di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Porkes , 5 (1), 105-116. https://doi.org/10.29408/porkes.v5i1.5176

Handayani, V. F., Arisanti, I., & Atmasari, A. (2019). Pengaruh Pengungkapan Diri (Self Disclosure) Terhadap Stres Pada Mahasiswa Yang Mengerjakan Skripsi Di Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Teknologi Sumbawa. Jurnal Psimawa, 2(1). http://jurnal.uts.ac.id/index.php/PSIMAWA

Hidayat, E. I., Ramli, M., & Setiowati, A. J. (2021). Pengaruh self eficacy , self esteem , dukungan sosial terhadap stres akademik mahasiswa tingkat akhir. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 6, 635–642.

Isnaini, L. M. Y. (2019). Aplikasi Latihan Mental Dalam Pembelajaran Gerak Untuk Meningkatkan Keterampilan Pada Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Jurnal Porkes, 2(1), 17-25. https://doi.org/10.29408/porkes.v2i1.1451

Klassen, R. M., & Klassen, J. R. L. (2018). Self-efficacy beliefs of medical students: a critical review. Perspectives on Medical Education, 7(2). https://doi.org/10.1007/s40037-018-0411-3

Kriswanti, I. D., Budiono, A. N., & Mutakin, F. (2020). Hubungan Self Efficacy dengan Tingkat Stress .dalam Menyusun Tugas AKhir (SKRIPSI). Jurnal Consulenza : Jurnal Bimbingan Konseling Dan Psikologi, 3(2), 58–64. https://doi.org/10.36835/jcbkp.v3i2.824

Marbun, A. P. S., Arneliwati, & Amir, Y. (2018). Faktor- Faktor yang Mempengaruhi Stres Mahasiswa Program Transfer Keperawatan yang Sedang Menyusun Skripsi. Researchgate, 1(1), 446–459. https://www.researchgate.net/publication/323107663_Gambaran_Tingkat_Stres_pada_Mahasiswa_Fakultas_Kedokteran_Universitas_Riau_Tahun_Pertama

Muhammad, W. Z., Erliana, Y. D., & Hakim, L. (2021). Hubungan Jenis Kepribadian (Ekstrovert & Introvert) Dengan Pengungkapa Diri (Self Disclosure) Pada Pengguna Media Sosial Instagram : Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Teknologi Sumbawa. Jurnal PSIMAWA, 4(1), 13–18. https://doi.org/10.1234/jp.v4i1.1266

Parjianto, J., Yanto, A. D., & Erlita, D. (2021). Pengaruh Pelatihan Berpikir Positif Terhadap Peningkatan Efikasi Diri Akademik pada Mahasiswa Baru Fakultas Psikologi Universitas Airlangga. Jurnal Sains Psikologi, 10(2), 118. https://doi.org/10.17977/um023v10i22021p118-135

Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan RI. (2019). Situasi Kesehatan Jiwa Di Indonesia. In InfoDATIN (p. 12). InfoDatin Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan RI.

Pambudi, Y. T., Widorotama, A., Fahri, A. S., & Farkhan, M. M. (2022). Korelasi Efikasi Diri dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Jasmani. Jurnal Porkes, 5(1), 158-167. https://doi.org/10.29408/porkes.v5i1.5350

Prayoga, AS (2020). Aplikasi Model Pembelajaran Langsung Untuk Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Renang Gaya Dada. Jurnal Porkes , 3 (1), 53-62. Doi. 10.29408/porkes.v3i1.2087

Rosyad, Y. S. (2019). Tingkat Stres Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Yogyakarta Dalam Mengerjakan Skripsi Tahun Akademik 2018/2019. Cahaya Pendidikan, 5(1), 56–64. https://doi.org/10.33373/chypend.v5i1.1872

Saputro, A. A. (2021). Pengaruh Self-Efficacy Terhadap Setres Mahasiswa Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Selama Pandemi. Journal Pendidikan Jasmani Kesehatan & Rekreasi (PORKES), 4(2). https://doi.org/10.29408/porkes.v4i2.4369

Supriyono, S., Romaisyah, L., & Mawardi, A. I. (2019). Analisis Pengaruh Stres Mahasiswa Yang Mengerjakan Skripsi. Jurnal MEBIS (Manajemen Dan Bisnis), 4(2). https://doi.org/10.33005/mebis.v4i2.57

Suyanti, S., & Albadri, A. (2021). Self Efficacy dan Kecemasan Mengerjakan Skripsi pada Mahasiswa. PSYCOMEDIA : Jurnal Psikologi, 1(1), 10–20. https://doi.org/10.35316/psycomedia.2021.v1i1.10-20

Sistiasih, VS (2020). Penguasaan teknik renang gaya dada dengan metode peningkatan pembelajaran resiprokal. Jurnal Porkes , 3 (1), 63-70. Doi. 10.29408/porkes.v3i1.2201

Wahdania, W., Murdiana, S., & Indahari, N. A. (2021). Pengaruh Metode Expressive Writing terhadap Pengungkapan Diri Mahasiswa Baru. Journal of Art, Humanity and Social Studies, 1(2), 95–102. https://ojs.unm.ac.id/PJAHSS/article/view/31711

Zhang, R. (2017). The stress-buffering effect of self-disclosure on Facebook: An examination of stressful life events, social support, and mental health among college students. 75. https://doi.org/10.1016/j.chb.2017.05.043

Zakariah, M. A., Afriani, V., & Zakariah, K. M. (2020). Metodologi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Action Research, Research And Development (R n D). Yayasan Pondok Pesantren Al Mawaddah Warrahmah Kolaka.

Published

2022-12-20

How to Cite

Sundoro, A. S., & Sistiasih, V. S. (2022). Tingkat Pemahaman Keselamatan Air Pengawas Kolam Renang. Jurnal Porkes, 5(2), 581–597. https://doi.org/10.29408/porkes.v5i2.6704

Issue

Section

Articles