BAKTI SOSIAL PGSD DI PANTI ASUHAN AL-ISTIQOMAH LENDANG BEDURIK

Authors

  • Abdul Aziz Universitas Hamzanwadi
  • Arif Rahman Hakim Universitas Hamzanwadi
  • Mijahamuddin Alwi Universitas Hamzanwadi
  • Husnul Mukti Universitas Hamzanwadi
  • Musabihatul Kudsiah Universitas Hamzanwadi
  • B. Fitri Rahmawati Universitas Hamzanwadi
  • Muh Yazid Universitas Hamzanwadi
  • Mashun Mashun
  • Mashun Mashun

Keywords:

Bakti sosial, Panti Asuhan

Abstract

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar merupakan program studi paforit yang ada di Universitas Hamzanwadi dan pada saat ini PGSD terus meningkatkan kemampuan dan kreatifitasnya di berbagai kegiatan. Kegiatan yang paling sering dilakukan adalah kegiatan pengabdian pada masyarakat dikarenakan itu merupakan visi misi dari Program Studi yang harus dilakukan. Kegiatan pengabdian masyarakat oleh mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) adalah salah satu cara untuk mengimplementasikan pengetahuan yang berupa teori dan keterampilan yang mahasiswa dapatkan di kampus dipraktikkan dalam masyarakat yang sesungguhnya. Kegiatan ini multi manfaat bagi mahasiswa dan masyarakat secara langsung, yaitu memberikan memberikan pengalaman belajar yang berharga bagi mahasiswa secara langsung dikarenakan mahasiswa melihat kondisi, berinteraksi, dan merasakan apa yang ada di masyarakat khususnya di pantai asuhan, selain itu manfaat yang dilakukan adalah masyarakat terbantukan secara moril dan materil. Kegiatan pengabdian ini merupakan luaran dari Mata Kuliah Psikologi Sosial sebagai bentuk praktik langsung ke masyarakat yang tema kegiatannya adalah “Bakti Sosial Mahasiswa PGSD di Lingkungan Panti Asuhan Al-Istiqomah”. Mahasiswa didampingi beberapa oleh beberapa Dosen dan berkolaborasi dengan beberapa donator sebagai bentuk partisipasi dalam kegiatan ini. Kegiatan ini mengingatkan dan menunjukkan kepada semua orang bahwa kepedulian sosial kepada sesama manusia harus ditumbuhkan kepada semua orang terutama kepada mahasiswa PGSD dan pada hakikatnya manusia itu saling membutuhkan satu sama lainnya demi terciptanya kehidupan yang baik dan humanis.

References

Alwi, Mijahamuddin, Musabihatul Kudsiah, Arif Rahman Hakim, Saprudin Jauhari, and Baiq Fitri Rahmawati. 2021. “Pendampingan Pembuatan Sistem Biopori Dalam Menanggulangi Masalah Limbah Rumah Tangga Desa Tebaban.” ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat 2(2):291–300.

Anggraini, Laelia Dwi. 2017. “Bakti Sosial.” UMY, Yogyakarta.

Hidayat, Relon Taufik, and Sri Zuliarni. 2014. “Pengaruh Lokasi Usaha Pada Volume Penjualan (Survei Pada Restoran Kecil Di Lingkungan Universitas Riau).” Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Bisnis 9(2):92–100.

Khairunnisa, Khairunnisa, Ilham Syahrul Jiwandono, Nurhasanah Nurhasanah, Nurul Kemala Dewi, Heri Hadi Saputra, and Tri Linggo Wati. 2019. “Kampanye Kebersihan Lingkungan Melalui Program Kerja Bakti Membangun Desa Di Lombok Utara.” Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat 2(2).

Muhali, Muhali. 2019. “Pembelajaran Inovatif Abad Ke-21.” Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika 3(2):25–50.

Octavia, Shilphy A. 2020. Motivasi Belajar Dalam Perkembangan Remaja. Deepublish.

Rahmi, Siti. 2021. Komunikasi Interpersonal Dan Hubungannya Dalam Konseling. Syiah Kuala University Press.

Sarnoto, Ahmad Zain, and Mohammad Muhtadi. 2019. “Pendidikan Humanistik Dalam Perspektif Al-Qur’an.” Alim 1(1):21–46.

Suminto, Suminto, Moh Farih Fahmi, and Binti Mutafarida. 2020. “Tingkat Literasi Ekonomi Syariah Mahasiswa Dalam Kegiatan Ekonomi.” JPEKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen Dan Keuangan 4(1):31–44.

Tohir, Mohammad. 2020. “Buku Panduan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka.”

Published

2024-01-27