PELATIHAN PENGOLAHAN SAMPAH MELALUI METODE 3R (Reuse, Reduce, dan Recycle) DI DESA MUJUR PRAYA TIMUR

Rohyana Fitriani, Nur Adiyah Yuliastri, Rabihatun Adawiyah

Abstract


Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini diharapkan dapat        memberikan/melakukan sosialisasi kepada masyakarat membuang sampah pada tempatnya sesuai jenisnya agar mudah dikelola. Dapat mengarahkan masyarakat tentang sampah sesuai dengan system 3R yaitu yang Pertama, Reuse adalah pemakaian kembali, mengarahkan masyarakat untuk menggunakan sesuatu barang tidak sekali pakai. Kedua Reduce, tim PKM dapat mengarahkan masyarakat untuk memilih produk dengan kemasan yang dapat didaur ulang, mengurangi penggunaan bahan sekali pakai, hindari membeli produk yang menghasilkan sampah dalam jumlah besar dan sebagainya. Ketiga Recycle, mendaur ulang sampah yaitu tim PKM memberikan pelatihan membuat produk baru yang bermanfaat dari sampah plastik yang nanti bisa digunakan maupun dijual. Sehingga dengan pelaksanaan PKM di Desa Mujur Praya Timur diharapkan dapat meningkatkan kesadaran prilaku membuang sampah pada tempatnya, meminimalisir, dan mengolah sampah menjadi sesuatu yang bermanfaat, serta menjadi contoh untuk daerah-daerah yang lain yang ada di NTB.


Keywords


Pengolahan Sampah, Metode 3R

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Anggi T.P. (2015). Sistem Pengolahan Sampah Ramah Lingkungan Di Sekolah Kota Medan. BIOLOGI SEL (Vol 4 No 1 Edisi Jan-Jun 2015 Issn 2252-858x).

Hasanah, N. (2020). Implementasi Model Sentra Bermain Peran Pada Anak Kelompok B Di TK IT Al-Hasna. Jurnal Golden Age, 4(01), 167-181

Joflius Dobiki. (2018). Analisis Ketersedian Prasarana Persampahan Di Pulau Kumo Dan Pulau Kakara Di Kabupaten Halmahera Utara. Jurnal Spasial Volume 5 No, 2 ,2018.

Muchammad Zamzami E, dkk. (2018). Analisis Pengelolaan Sampah Pada Masyarakat Desa Disanah Kecamatan Sreseh Kabupaten Sampang. Jurnal Kesehatan Lingkungan, Vol.10 , No.4, Oktober 2018: 368-375.

Nahadi. Program Pengelolaan Sampah Melalui Pemanfaatan Teknologi Komposting Berbasis Mayarakat. Jurusan Pendidikan Kimia FPMIPA UPI.

Noviani, N., Elanda, F., Pujiono, P., & Bambang, Y. (2020). Studi Literatur Tentang Peran Serta Pengolahan Sampah Dengan Metode 3R Dan Faktor–Faktor Yang Mempengaruhinya (Doctoral dissertation, Politeknik Kesehatan Kementrian Kesehatan Bandung).

Ni Nyoman S. (2019). Dampak Lingkungan Kotor dan Polusi Sampah. Dinas Perumahan, Permukiman dan Pertahanan.

Nur Rahmawati S, dkk. Partisipasi Masyarakat dalam Pengelolaan Sampah di Lingkungan Margaluyu Kelurahan Cicurung. Share Social Work Jurnal Volume: 5 Nomor: 1 Halaman: 1 - Issn:2339 -0042.

Putri Nilam S. (2016). Analisis Pengelolaan Sampah Padat di Kecamatan Banuhampu Kabupaten Agam. Jurnal Kesehatan Masyarakat Andalas- September 2016 | Vol. 10, No. 2, Hal. 157-165.

S.Sayuti. Staf Pada Sub Bagian Program, Evaluasi Dan Pelaporan Dinas Lingkungan Hidup Dan Kehutan Provinsi Banten.

Surahma A.M. & Sulistiyawati. (2014). Keberadaan Tps Legal Dan Tps Ilegal Di Kecamatan Godean Kabupaten Sleman. KEMAS 9 (2) 122-130.

Taufik Hidayat. (2017). Sampah Membuat Jadi Kumuh dan Tidak Sehat. Medan: Website Kotaku.

Wajdi, B., Sapiruddin, S., Novianti, B. A., & Zahara, L. (2020). Pengolahan Sampah Plastik Menjadi Bahan Bakar Minyak (BBM) Dengan Metode Pirolisis Sebagai Energi Alternatif. Kappa Journal, 4(1), 100-112

Yusmartini, E. S., Mardwita, M., & Fahmi, I. A. (2020). Pendampingan Pelabelan Dan Pembuatan Website Untuk Pemasaran Produk Hasil Pengolahan Sampah Di Tps-3r Kelurahan Talang Kelapa Kecamatan Alang-Alang Lebar. Aptekmas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(4).


Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF (Indonesian) - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JURNAL ABDI POPULIKA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.