Pendampingan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Dan Publikasi Bagi Guru Sekolah Dasar

Arif Rahman Hakim, Yul Alfian Hadi, Muhammad Husni

Abstract


Pendampingan Penulisan karya tulis ilmiah bagi guru Sekolah Dasar ini dilaksanakan dengan tujuan supaya guru dapat memberikan pemahaman lebih terhadap guru supaya bisa berpikir secara logis dan ilmiah dalam menguraikan dan membahas suatu permasalahan, serta dapat menuangkannya  secara sistematis dan terstruktur. Lokasi pelaksanaan kegiatan ini dilakukan di gugus 03 Masbagik Timur dan Gugus 01 Pringgabaya. Prosedur sistem pelaksanaan pada program ini supaya mendukung realisasi metode kegiatan adalah dengan melakukan pendekatan-pendekatan. Pada kegiatan ini, ada tiga tahap yang akan dilakukan, antara lain yaitu tahap survey dan persiapan, tahap pelatihan, tahap monitoring dan evaluasi. Peserta pelatihan berasal dari guru-guru, pengawas, maupun kepala sekolah yang tergabung dalam Tim KKG di gugus 03 Masbagik Timur dan Gugus 01 Pringgabaya. Seperti yang sudah diperkirakan, tiap peserta ternyata memiliki masalah yang bervariasi dalam penulisan artikel. Secara intensif, para penyaji memberikan bimbingan pada peserta yang dibagi dalam tiga kelompok sesuai jumlah penyaji. Kegiatan ini telah membantu  peserta  untuk  menyusun  dan  memperbaiki  kerangka  artikel  yang mereka punya setelah dibekali dengan pengetahuan teknis maupun teoretis mengenai cara menulis artikel untuk diterbitkan di jurnal akademik

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek. Jakarta: Rineksa Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2008. Penelitian tindakan kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Darmalaksana, W. (2020). Kelas Menulis untuk Bantuan Penulisan Akademik. Jurnal Kelas Menulis UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1.

Depdikbud. 2003. Kamus besar bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Junaid, R., Baharuddin, M. R., & Ramadhana, M. A. (2020). Bimbingan Teknis Penulisan Artikel Ilmiah bagi Guru-Guru SMP Negeri 8 Palopo, Sulawesi Selatan. Abdimas Siliwangi, 3(2), 329-338.

Mawardi. 2015. Desain Pengembangan Keprofesian Guru Berkelanjutan Berbasis E-Learning (Suatu Tinjauan Teoretik). RIS UKSW.

Mulyasa, Enco, 2009. Menjadi guru profesional. Cetakan Ke-8. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Maryam, Siti. 2010. Pembelajaran Kreativitas Berbahasa dalam Menulis Esai di Sekolah.

Prabawati, M. N., & Muslim, S. R. (2020). Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah Bagi Guru Matematika Sekolah Menengah Pertama Wilayah Sukaraja Kabupaten Tasikmalaya. ABDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 207-212.

Subaidi, S., Maswan, M., & Wibowo, P. A. (2020). Pelatihan penulisan buku ajar bagi guru di MA Safinatul Huda Sowan Kidul Kedung Jepara. J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 4(1), 93-98.

Suharsimi, dkk. 2008. Penelitian tindakan kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Susatya, Edhy. 2013. Pengembangan Model Pelatihan Guru Sekolah Menengah Kejuruan Kelompok Seni dan Budaya. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 19, Nomor 1, Maret 2013.

Tarigan, H.G. 2008. Menulis (sebagai suatu keterampilan berbahasa). Bandung: Penerbit Angkasa

Tanjung, Bahdin Nur dan Ardial. 2005. Pedoman penulisan karya ilmiah. Medan: Kencana. Suyanto 2003. Sertifikasi profesi guru: jaminan pengakuan sekaligus ancaman. Seminar nasional” merekonstruksi profesi guru memasuki era global dan otonomi” Semarang: UNESA.

Wardoyo, D. T. W., Kautsar, A., & Fazlurrahman, H. (2020). Strategi Pengembangan Penulisan Karya Ilmiah pada Guru di Kabupaten Sidoarjo. Abimanyu: Journal of Community Engagement, 1(1), 16-23.


Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JURNAL ABDI POPULIKA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.