Pengasuhan Anak Usia Dini Di Suku Laut Kabupaten Wakatobi

La Hewi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengasuhan anak usia dini di suku laut yaitu desa Mola Selatan Kabupaten Wakatobi. Untuk mendapatkan data yang komprehensif peneliti menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan interactive model dari Miles dan Huberman dengan langkah-langkah analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan adalah teknik credibility (derajat kepercayaan) yakni, triangulasi member check. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, pengasuhan anak usia dini di suku laut desa Mola Selatan ambivalen antara di rumah dan di sekolah yaitu selama anak di sekolah diberikan perhatian dan kontrol yang sangat ketat sementara di rumah tidak diberikan perhatian dan kontrol. pertama, pengasuhan anak usia dini di desa Mola Selatan Kabupaten Wakatobi dominan menggunakan pola asuh yang memanjakan anak.

Kata Kunci: 


Keywords


Pengasuhan, Anak Usia Dini, Suku Laut

References


Apriastuti, (2013). Analisis Tingkat Pendidikan dan Pola Asuh Orang Tua dengan Perkembangan Anak Usia 48-60 Bulan, Bidan Prada: Jurnal Ilmiah Kebidanan Vol. 4 No. 1: 1-14.

Badan Pusat Statistik Kabupaten Wakatobi, Wakatobi dalam Angka 2015

Crain, William, (2007). Teori Perkembangan Konsep dan Aplikasi, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Creswell, J. W. (2015). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed . Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Diana Baumrind’s Concept of Parenting, diakses 22 Oktober 2019 http://www.athealth.com/Practitioner/ceduc parentingstyles.html (internet)

Djamarah, Syaiful Bahri, (2014). Pola Asuh Orang Tua dan Komunikasi dalam Keluarga: Upaya Membangun Citra membentuk Pribadi Anak, Jakarta: Rineka Cipta.

Kamus Besar Bahasa Indonesia Online

La Hewi, (2015). Kemandirian Usia Dini di Suku Bajo, Jurnal Pendidikan Usia Dini Vol. 9 No. 1: 75-92.

Lestari, Sri, (2012). Psikologi Keluarga, Jakarta: Kencana Prenada.

Moleong, Lexy J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Morrison, George S. (2012). Dasar-Dasar PAUD, terjemahan Suci Romadona, Jakarta: PT. Indeks.

Nathania Longkutoy, Jehosua Sinolungan dan Henry Opod, (2015). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Kepercayaan Diri Siswa SMP Kristen Ranotongkor Kabupaten Minahasa, Jurnal e-Biomedik (eBm), Volume 3, Nomor 1, Januari-April 2015: 93-99.

Papalia, Diane E. dan Ruth Duskin Feldman, Menyelami Perkembangan Manusia, Jakarta: Salemba Humanika, 20154

Rabiatul Adawiah, (2017). Pola Asuh Orang Tua dan Implikasinya terhadap Pendidikan Anak: Studi pada Masyarakat Dayak di Kecamatan Halong Kabupaten Balangan, Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Vol. 7 No. 1: 33-48.

Robbiyah, Ekasari dan Witarsa, (2018). Pengaruh Pola Asuh Ibu terhadap Kecerdasan Sosial Anak Usia Dini di TK Kenanga Kabupaten Bandung Barat, Jurnal Obsesi Vol. 2 No. 1: 76-84.

Santoso, Soegeng, (2002). Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta: Yayasan Citra Pendidikan Indonesia.

Santrock, John W. (2012). Psikologi Pendidikan, Jakarta: Salemba Humanika.




DOI: https://doi.org/10.29408/goldenage.v3i02.1644

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 la hewi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats