PERAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP PENDIDIKAN BERSPEKTIF GENDER DI TK NEGERI SE-KABUPATEN SINTANG
Keywords:
Kepala Sekolah, Pendidikan Berspektif GenderAbstract
Abstrak: Kegiatan pembelajaran dalam memfasilitasi perkembangan anak di masa emasnya lebih cenderung pada identitas, relasi sosial, dan gender anak. Penelitian bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan peran kepala sekolah terhadap pendidikan berspektif gender di TK Negeri se-Kabupaten Sintang. Penelitian ini adalah menggunakan metode deskriptif, dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini mendeskrispsikan bahwa peran kepala sekolah terhadap pendidikan berspektif gender sudah baik, yaitu kepala sekolah berperan sebagai edukator, sebagai manajer, sebagai suvervisor, sebagai inovator dan sebagai motivator. Adapun kendala yang dihadapi oleh kepala sekolah dalam melaksanakan pendidikan berspektif gender yaitu pelaksanaan suvervisi tidak sesuai jadwal, kurangnya komunikasi antara kepala sekolah dengan sebagian stakeholder, dan kurang memperhatikan iklim kerjasama diantara sesama guru. Upaya mengatasi kendala adalah melibatkan guru dalam menyusun jadwal suvervisi dan mengadakan pertemuan untuk mengatasi kesulitan yang dialami guru.
References
Danim, Sudarwan. (2012). Motivasi Kepemimpinan & Efektivitas Kelompok. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Dewi, Indah Nugrahaeni Kusuma. Sunawan & Muslikah. (2017). Pemahaman Kesetaraan Gender Anak Sekolah Dasar di Komunitas Rumah Pintar Bangjo Johar Semarang. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional “Penerapan Panduan Operasional Penyelenggaran (POP) Bimbingan dan Konseling di Sekolah dalam Menyikapi Tantangan Profesi BK di Abad 21†Jurusan Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Semarang.2017
Komariah, Aan, dkk. (2005). Visionary Leadership Menuju Sekolah Efektif. Jakarta: Bumi Aksara
Kompri. (2017). Standarisasi Kompetensi Kepala Sekolah Pendekatan teori untuk praktik profesional. Jakarta: Kencana
Pidarta, Made. (2004). Manajemen Pendidikan Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta
Marno dan Idris, M. (2008). Strategi & Metode Pengajaran: Menciptakan Keterampilan yang Efektif dan Edukatif. Yogyakarta: Ar-ruzz Media
Mulyasa, E. (2013). Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E. (2010). Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya
Santrock, John W. (2009). Life Span Development : Perkembangan Masa Hidup, Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Umar, Nasaruddin. (2003). “Dicourse Gender Perspektif Al-Qur’anâ€. Pikiran Rakyat [online]. Tersedia:http://www.pikiranrakyat.com/cetak/0803/teropong/resensibuku1.htm [akses: 25 September 2017
Usman, Moch. Uzeir. (2009). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.
Wahjosumidjo. (2008). Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Ghalia Indonesia
Ulya, I. (2013). Pendidikan Berbasis Kesetaraan Gender: Studi Kebijakan Pemerintah dan Aplikasi dalam Pendidikan. Jurnal Wahana Akademika, IV (1):148-170.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Â
All writings in this journal are the full responsibility of the author. The Jurnal Golden Age provides open access to benefit anyone for valued information and findings. Jurnal Golden Age can be accessed and downloaded for free, free of charge, in accordance with the creative commons license used.Â
Â
Jurnal Golden Age by Universitas Hamzanwadi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jga/indexÂ