Pengaruh Kualifikasi Akademik Guru PAUD Terhadap Kemampuan Menyusun Perencanaan Pembelajaran

Authors

  • Tasya Jembar Putri Phelitha Haty Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Cucu Atikah
  • Isti Rusdiyani

DOI:

https://doi.org/10.29408/goldenage.v7i2.19402

Abstract

Kualifikasi akademik guru PAUD memiliki pengaruh terhadap kemampuan guru dalam merancang perencanaan pembelajaran. Hal tersebut disebabkan karena kualifikasi akademik guru belum sesuai standar yang berlaku dan kurangnya pemahaman guru dalam merancang perencanaan pembelajaran di Kecamatan Tirtayasa. Tujuan yang akan dicapai melalui penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari kualifikasi akademik guru PAUD terhadap kemampuan dalam merancang perencanaan pembelajaran. Metodelogi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif ex post facto dengan jumlah responden sebanyak 30 orang guru PAUD di Kecamatan Tritayasa. Berdasarkan hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa nilai signifikansi regresi linear sederhana didapatkan nilai sebesar 0,009 dan nilai korelasi (R) sebesar 0,217 yang artinya H1 dierima dan H0 ditolak. Dengan kata lain terdapat pengaruh yang signifikan kualifikasi akademik guru PAUD terhadap kemampuan menyusun perencanaan pembelajaran sebesar 21,7%.

 

Published

2023-12-31