PENERAPAN KEGIATAN LITERASI ANAK USIA DINI

Authors

  • Muhammad Syafe'i PIAUD STAI Muhammadiyah Klaten
  • Marlina Azzahra

DOI:

https://doi.org/10.29408/goldenage.v7i2.21521

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Penerapan Strategi Kegiatan Literasi Anak Usia Dini di KB Surya Alam ‘Aisyiyah Boyolali.   dan (2) Penerapan Metode Kegiatan Literasi Anak Usia Dini di KB Surya Alam ‘Aisyiyah Boyolali.            Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Subyek penelitian ini terdiri dari anak didik KB Surya Alam ‘Aisyiyah Boyolali. Data penelitian ini dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Data penelitian ini dianalisis menggunakan teknik analisis kualitatif secara interaktif diantaranya pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan Kegiatan Literasi Anak Usia Dini di KB Surya Alam ‘Aisyiyah Boyolali mencangkup strategi aspek membacakan buku, pengembangan lingkungan kaya teks di sekolah, bagan-bagan pendukung literasi, bagan fungsional untuk komunikasi di kelas, bagan kaya teks yang dibuat guru dan siswa, pajangan tulisan siswa, dinding kata, sudut kelas baca. Metode penerapan kegiatan literasi di KB Surya Alam ‘Aisyiyah Boyolali meliputi, membacakan buku cerita, mencari huruf, suku kata dan kata, bernyanyi, bermain menyusun namaku, membuat huruf atau kata dengan bahan sekitar anak. 

 

Kata Kunci: literasi, anak usia dini.  

Published

2023-12-31