Boosting Kognitif Pada Anak ; Diseminasi Survey Domino Konvensional vs Domino Digital
Keywords:
Domino Edukasi, Kognitif, Anak Usia 5-6 TahunAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan efektifitas media domino edukasi konvensional dan media domino edukasi digital kontemporer terhadp kognitif anak usia 5-6 tahun. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian R&D (Reaserch and Development) dengan menggunakan model ASSURE. Desain uji coba yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan Cross Sectional Survey. Sampel penelitian yang digunakan terdiri dari 135 orang tua anak usia 5-6 tahun. Perolehan data didapat dari pengumpulan menggunakan kuisioner yang dilakukan secara online melalui google form, dokumentasi berupa desain produk sebelum dan setelah direvisi. Hasil dari penelitian ini adalah dua buah produk media domino edukasi berupa media konvensional dan digital kontemporer yang berupa aplikasi games. Dari hasil survey dan feedback orang menghasilkan bahwa media domino edukasi konvensional dan digital kontemporer sangat berpengaruh terhadap kognitif anak, serta media domino edukasi konvensional dan digital kontemporer layak dan efektif untuk digunakan. Dengan tinggkat keefektifan lebih tinggi media domino digital kontemporer dibanding media domino konvensional. Implikasi penelitian ini adalah pada aspek kebermanfaatan media digital yang positif, dimana perkembangan kognitif anak terbentuk melalui stimulus games kohnitif yang dimainkan oleh anak, sehingga gamification learning dapat diterapkan secara efektif dalam pekembangan kognitif pada anak.
References
Anhusadar, L. O., & Islamiyah, I. (2019). Taman Layak Anak Usia Dini di Kota Kendari. Jurnal
Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.143
Aisyah, S. 2014. Pengembangan Kartu Angka Terhadap Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan 1-5 Anak Usia 4-5 Tahun. Skripsi. Pendidikan Anak Usia Dini. Universitas Pendidikan Indonesia.
Azhari, R. 2018. Pengembangan Media Komik Pengenalan Karir Siswa Kelas 4-5. Skripsi.
Bimbingan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Surabaya: Surabaya
Brankaer, C., Ghesquière, P., & De Smedt, B. (2015). The effect of a numerical domino game on numerical magnitude processing in children with mild intellectual disabilities. Mind, Brain,
and Education. https://doi.org/10.1111/mbe.12065
Fadlillah, M. (2016). KOMPARASI PERMENDIKBUD NOMOR 137 TAHUN 2014 DENGAN PERMENDIKNAS NOMOR 58 TAHUN 2009 DALAM PEMBELAJARAN PAUD.
Jurnal INDRIA (Jurnal Ilmiah Pendidikan Prasekolah Dan Sekolah Awal). https://doi.org/10.24269/jin.v1n1.2016.pp42-53
Ghozali, I. (2016). Ghozali, Imam. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23. Semarang: BPFE Universitas Diponegoro. IOSR Journal of Economics and Finance. https://doi.org/https://doi.org/10.3929/ethz-b-000238666
Hewi, L. (2019). Pengasuhan Anak Usia Dini Di Suku Laut Kabupaten Wakatobi. Jurnal Golden Age, 3(02), 73-83.
Kemendikbud, R. I. 2014. Permendikbud Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.
Khaironi, M. (2018). Perkembangan anak usia dini. Jurnal Golden Age Hamzanwadi University.
Lillard, A. S. (2013). Playful learning and Montessori education. American Journal of Play.
Mansur. (2011). Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam. In At-Taqaddum. https://doi.org/10.1016/j.supflu.2008.07.002
Nursalim, M. P. 2019. Mitos Di Media Sosial Terkait Pilpres 2019. PIKTORIAL: Journal of Humanities, 1(1), 1-14.
Putra, Y. R. (2018). PENGEMBANGAN APLIKASI SMALL-SIDED GAMES UNDER 12 BERBASIS ANDROID. Pengembangan Aplikasi Small-Sided Games.
Roopnarine, Jaipul L. dan James E. Johnson. Pendidikan Anak Usia Dini dalam Berbagai Pendekatan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2011.
Santos & Alves. 2000. Dominos as an Interactive Context for the Construction of Knowledge by Preschool Children. Article. Portuguese: Universidade Federal do Pará
Saroinsong, W. P. (2016). GADGET USAGE INHIBITED INTERPERSONAL INTELLIGENCE of CHILDREN on AGES 6-8 YEARS OLD. Jurnal TEKPEN.
Saroinsong, W. P., Sun, X. J., Boonrungrut, C., Sidiq, B. A., Nursalim, M., Wagino, & Simatupang, N. D. (2020). Excessive Internet Use and Its Hours Usage Control among Indonesian Students in China. https://doi.org/10.2991/icei-19.2019.78
Sulistyo, W.D., & Wiradimadja, A. 2019. Lesson Study (LS): Memahamkan “Masalah
Penelitian†kepada mahasiswa. Jurnal Teori dan Praktis Pembelajaran IPS, 29-37. Jakarta
Suryameng, S., & Sarayati, S. (2019). Peran Kepala Sekolah Terhadap Pendidikan Berspektif Gender Di Tk Negeri Se-Kabupaten Sintang. Jurnal Golden Age, 3(02), 107-115.
Udak, Aplonia. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Konvensional Pada Muatan.
Pembelajaran Matematika Dalam Subtema Hidup Bersih Dan Sehat Di Rumah Untuk Siswa
Kelas 2 Sekolah Dasar. Skripsi. Universitas Sanata Dharma.
UNESCO & UNICEF. 2012. Early Childhood Care and Education. Bangkok. UNESCO UNICEF
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Â
All writings in this journal are the full responsibility of the author. The Jurnal Golden Age provides open access to benefit anyone for valued information and findings. Jurnal Golden Age can be accessed and downloaded for free, free of charge, in accordance with the creative commons license used.Â
Â
Jurnal Golden Age by Universitas Hamzanwadi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jga/indexÂ