Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Penggunaan Media Bahan Alam Pada Kelompok B
Abstract
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak kelompok B melalui penggunaan media bahan alam. Sampel dalam penelitian ini adalah 8 orang peserta didik yang berusia 5-6 tahun. Dalam penelitian ini, data diperoleh melalui pengamatan menggunakan lembar observasi. Analisis data menggunakan analisis data kuantitatif secara deskriptif. Hasil penelitian pada siklus 1 pertemuan 1 rata-rata perkembangan kognitif anak mencapai 60%, dan pada pertemuan ke-2 mencapai 66%. Pada siklus 2, yaitu pada pertemuan ke-1 memperoleh persentase rata-rata 80% dan rata-rata 87% pada pertemuan ke-2. Selain mengembangkan kognitif, penggunaan bahan alam dapat meningkatkan interaksi peserta didik dengan alam, sehingga peserta didik dapat mengeksplor alam untuk mengembangkan kognitifnya. Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengembangan kognitif anak kelompok B melalui penggunaan media bahan alam
References
Adawiyah Agustina, R., Shofa Ilhami, B., & Najamuddin. (2015). Pengembangan Model Permainan Tradisional Engklek Edukatif Dalam Mengembangkan Kemampuan Motorik Kasar Dan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. 5–6.
Aprilianti, R. (2017). Meningkatkan Kemampuan Membilang Angka 1 Sampai 20 Melalui Permainan Bendera Pintar Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Golden Age Universitas Hamzanwadi, 02(4), 22–33.
Arimbi, Y. D., Saparahayuningsih, S., & Ardina, M. (2018). Meningkatkan Perkembangan Kognitif Melalui Kegiatan Mind Mapping. Jurnal Ilmiah Potensia, 3(2), 64–71. Https://Ejournal.Unib.Ac.Id/Index.Php/Potensia/Article/View/2603/2689
Elfiadi. (2016). Bermain Dan Permainan Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Itqan, Vii(1), 51–60.
Indarwarti, A. (2017). Mengembangkan Kecerdasan Kognitif Anak Melalui Beberapa Metode. 109–118.
Kasumayanti, E., & Elina, Y. (2018). Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun Di Tinjau Dari Tingkat Pendidikan Ibu Di Paud Kasih Ibu Kecamatan Rumbai. Paud Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 186–197. Https://Doi.Org/10.31849/Paudlectura.V1i2.1179
Khadijah. (2016). Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. Https://Doi.Org/10.1016/S0262-8856(98)00132-2
Khaironi, M. (2018). Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age Hamzanwadi University, 3(1), 1–12.
Nasution, R. A. (2016). Pembelajaran Seni Musik Bagi Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Keguruan Uin Sumatera Utara, Iv, 11–21.
Nur Hayati, Nur Cholimah, M. C. (2017). Kata Kunci : Keterampilan Kognitif, Anak Usia Dini. Pendidikan Anak Is Licensed Under A Creative, 6(2), 181–189.
Nuraeni, A. (2016). Peran Orang Tua Dalam Pengembangan Literasi Dini Anak Kelompok B Di Gugus 7 Mangunan Dlingo Bantul. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3, 245–256. Http://Journal.Student.Uny.Ac.Id/Ojs/Index.Php/Pgpaud/Article/Viewfile/1256/1131
Oktari, V. M. (2017). Penggunaan Media Bahan Alam Dalam Pembelajaran Di Taman Kanak-Kanak Kartika I-63 Padang. Paud Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol 1 No 1 (2017): Paud Lectura, 49–57. Https://Journal.Unilak.Ac.Id/Index.Php/Paud-Lectura/Article/View/503
Pagestu, R. (2017). Ratna Pangastuti. Fenomena Gadget Dan Perkembangan Sosial Bagi Anak Usia Dini.
Purnamasari, A., & Nurhayati, N. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun Di Taman Kanak-Kanak. Kindergarten: Journal Of Islamic Early Childhood Education, 1(2), 124. Https://Doi.Org/10.24014/Kjiece.V1i2.6657
Rahman Taopik, S. F. F. (2017). Peningkatan Kemampuan Anak Usia Dini Mengenal Lambang Bilangan Melalui Media Playdough. 1(Desember), 118–128.
Ramdani, Z., & Ramdhani, S. (2020, May). Information And Communication Technology (Ict) Within The Scope Of Early Childhood Development. In Journal Of Physics: Conference Series (Vol. 1539, No. 1, P. 012071). Iop Publishing.
Rosita, Fadillah, D. Y. (2018). Pengembangan Potensi Kognitif Anak Melalui Bermain Kontruksi Dengan Lego Di Tk Kartika V – 49 Pontianak.
Saroinsong, W. P., Anggraeni, N., & Adhe, K. R. (2020). Boosting Kognitif Pada Anak; Diseminasi Survey Domino Konvensional Vs Domino Digital. Jurnal Golden Age, 4(01), 112-127.
Windarsih, C. A., Jumiatin, D., Efrizal, E., Sumini, N., & Utami, L. O. (2017). Implementasi Pendidikan Anak Usia Dini Inklusif Dikota Cimahi Jawa Barat. P2m Stkip Siliwangi, 4(2), 7. Https://Doi.Org/10.22460/P2m.V4i2p7-11.636
Yuliastri, N. A., & Ramdhani, S. (2018). Pengembangan Pembelajaran Tematik Integratif Untuk Meningkatkan Nilai Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 2(01), 44-58.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Â
All writings in this journal are the full responsibility of the author. The Jurnal Golden Age provides open access to benefit anyone for valued information and findings. Jurnal Golden Age can be accessed and downloaded for free, free of charge, in accordance with the creative commons license used.Â
Â
Jurnal Golden Age by Universitas Hamzanwadi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jga/indexÂ