Literasi : Pemahaman Literasi Baca - Tulis Anak Usia Dini Pada Mahasiswa PIAUD Semester 4 Universitas Muhammadiyah Gresik

Authors

  • Ayunda S Ifadah Universitas Muhammadiyah Gresik

DOI:

https://doi.org/10.29408/goldenage.v4i02.2419

Keywords:

Budaya Literasi, Baca-Tulis, Anak Usia Dini

Abstract

Pada masa usia dini adalah masa kritis dalam perkembangan seorang anak. Segala aspek kehidupan anak berkembang dengan pesat termasuk dalam bidang literasi. Pemberian rangsangan pendidikan dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan anak untuk kesiapan dalam memasuki kehidupannya dimasa mendatang, penanaman budaya literasi yang dipupuk sejak dini akan memberikan dampak yang positif pada anak salah satu bentuk dari literasi yaitu baca-tulis . Dengan adanya Gerakan Literasi Nasional yang dibuat oleh pemerintah merupakan gambaran nyata betapa pentingnya literasi dalam kehidupan. Sebagai calon pendidik sudah seharusnya memiliki pemahaman yang luas tentang literasi baca-tulis anak usia dini karena hal tersebut merupakan modal dari salah satu kompetensi yang dimiliki oleh calon pendidik anak usia dini. Pada penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner, observasi,dan dokumentasi dan teknik analisis data menggunakan skala guttman. Hasil penelitian diperoleh bahwa secara umum pemahaman literasi baca tulis anak usia termasuk dalam kategori paham dengan skor nilai 75 dan persentase 93,75%.

References

Asmani. (2011). Tuntunan Lengkap Metodologi Praktis Penelitian Pendidikan. Diva Press.

Erik, E., Badroeni, B., & Cahyati, N. (2020). Kegiatan Home Literacy Dalam Mengembangkan Kemampuan Awal Membaca Anak Usia Dini Di Masa WFH. Jurnal Golden Age, 4(01), 160-166.

Inten, D. N. (2017). Peran Keluarga dalam Menanamkan Literasi Dini pada Anak Role of the FamilyToward Early Literacy of the Children. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 23–32. https://doi.org/10.29313/ga.v1i1.2689

Handoko, H., & Novitasari, K. (2019). Model Multisensori Berbasis Teknologi Multimedia untuk Pembelajaran Literasi Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 3(02), 64-72.Kemendikbud. (2017a). Materi Pendukung Literasi Baca Tulis. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kemendikbud. (2017b). Peta Jalan Gerakan Literasi Nasional. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Miranto, S. (2019). Menanamkan literasi lingkungan pada pendidikan anak usia dini. Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 517–522.

Nahdi, K., & Yunitasari, D. (2019). Literasi Berbahasa Indonesia Usia Prasekolah: Ancangan Metode Dia Tampan dalam Membaca Permulaan. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 446. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.372

Nahdi, K., & Yunitasari, D. (2020). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Literasi Berbahasa Indonesia Usia Prasekolah : Ancangan Metode Dia Tampan dalam Membaca Permulaan Abstrak. 4(1), 434–441. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.372

Nuraeni, A. (2016). Peran Orang Tua dalam Pengembangan Literasi Dini Anak Kelompok B di Gugus 7 Mangunan Dlingo Bantul. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3, 245–256. http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pgpaud/article/viewFile/1256/1131

Nurutami, R., & Adman, A. (2016). Kompetensi Profesional Guru Sebagai Determinan Terhadap Minat Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 119. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3345

Sari, D. Y. (2017). Peran Guru dalam Menumbuhkan Literasi Melalui Bermain Pada Anak Usia Dini. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2). https://doi.org/10.29313/ga.v1i2.3316

Seefeldt, C., & Wasik, B. A. (2008). Pendidikan Anak Usia Dini Menyiapkan Anak Usia Tiga Empat Dan Lima Tahun Masuk Sekolah. Indeks.

suharsimi Arikunto. (2013). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi). In Jakarta: Rineka Cipta. Rineka Cipta. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Sujiono, Y. N. (2011). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Indeks.

Published

2020-12-30