Pengembangan Model Pembelajaran Sains, Technology, Art, Engineering And Mathemathic Pada Kurikulum PAUD

Authors

  • Sri Wahyuni Universitas Lancang Kuning
  • Reswita Reswita Universitas Lancang Kuning
  • Mar'atul Afidah Universitas Lancang Kuning

Keywords:

Pembelajaran STEAM, Kurikulum PAUD, Pengembangan Model

Abstract

Pembelajaran Science, Technology, engineering, Art and Mathematic (STEAM) memiliki efek positif pada pembelajaran anak. Metode STEAM dalam pembelajaran mampu melatih peserta didik baik secara kognitif, keterampilan, maupun afektif. Tujuan yang akan dicapai melalui penelitian ini adalah tersusunnya sebuah model pembelajaran bermuatan STEAM yang dapat diterapkan di satuan PAUD. Metodologi penelitian yang digunakan adalah desain penelitian pengembangan atau research and development dengan responden pengelola dan guru PAUD di Kecamatan Rumbai Pesisir. Berdasarkan keseluruhan hasil kuesioner disimpulkan bahwa indikator yang menjadi tolok ukur keterbacaan kurikulum bermuatan STEAM. Terjadi peningkatan pengetahuan dan pemahaman guru setelah dilakukan ujicoba operasional model pengembangan kurikulum PAUD berbasis STEAM pada subjek penelitian yang telah dilakukan.

References

Apriliana, M. R., Ridwan, A., Hadinugrahaningsih, T., & Rahmawati, Y. (2018). Pengembangan Soft Skills Peserta Didik melalui Integrasi Pendekatan Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics (STEAM) dalam Pembelajaran Asam Basa. JRPK: Jurnal Riset Pendidikan Kimia. https://doi.org/10.21009/jrpk.082.05

Becker, K., & Park, K. (2011). Effects of integrative approaches among science , technology , engineering , and mathematics ( STEM ) subjects on students ’ learning : A preliminary meta-analysis. Journal of STEM Education. https://doi.org/10.1037/a0019454

DeJarnette, N. K. (2018). Implementing STEAM in the Early Childhood Classroom. European Journal of STEM Education. https://doi.org/10.20897/ejsteme/3878

Dubois, E., Yu, E., & Petit, M. (1998). From early to late formal requirements: A process-control case study. Proceedings of the 9th International Workshop on Software Specification and Design, IWSSD 1998. https://doi.org/10.1109/iwssd.1998.667917

Hofstra, B., Kulkarni, V. V., Galvez, S. M. N., He, B., Jurafsky, D., & McFarland, D. A. (2020). The diversity–innovation paradox in science. Proceedings of the National Academy of Sciences of the United States of America. https://doi.org/10.1073/pnas.1915378117

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2014). Permendikbud No. 137 Tahun 2014. Lampiran III. Implementation Science. https://doi.org/10.4324/9781315853178

Maeda, J. (2013). STEM + Art = STEAM. STEAM. https://doi.org/10.5642/steam.201301.34

Moye, J., & Jr, W. D. (2012). The Status of Technology and Engineering Education in the United States: A Fourth Report of the Findings From the States (2011-12)-Results of a fourth. Technology and Engineering Teacher.

Munawar, M., Roshayanti, F., & Sugiyanti, S. (2019). IMPLEMENTATION OF STEAM (Science Technology Engineering Art Mathematics) - BASED EARLY CHILDHOOD EDUCATION LEARNING IN SEMARANG CITY. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif). https://doi.org/10.22460/ceria.v2i5.p276-285

New Oxford American dictionary. (2011). Choice Reviews Online. https://doi.org/10.5860/choice.48-3013

Nugraheni, A. D. (2019). Penguatan Pendidikan Bagi Generasi Alfa Melalui Pembelajaran Steam Berbasis Loose Parts Pada Paud. Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran 2019.

Nugroho, O. F., Permanasari, A., & Firman, H. (2019). Program Belajar berbasis STEM untuk Pembelajaran IPA: Tinjauan Pustaka, dengan Referensi di Indonesia. JURNAL EKSAKTA PENDIDIKAN (JEP). https://doi.org/10.24036/jep/vol3-iss2/328

Nurhikmayati, I. (2019). Implementasi Steam Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Didactical Mathematics.

Radziwill, N., Benton, M., & Moellers, C. (2015). From STEM to STEAM: Reframing What it Means to Learn. STEAM. https://doi.org/10.5642/steam.20150201.3

Riduwan. (2007). Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. In Alfabeta, Bandung.

Septiani, N. L. W., & Yuliarto, B. (2016). Review—The Development of Gas Sensor Based on Carbon Nanotubes. Journal of The Electrochemical Society. https://doi.org/10.1149/2.0591603jes

Sugeng, H. M., Tarigan, R., & Sari, N. M. (2019). Gambaran Tumbuh Kembang Anak pada Periode Emas Usia 0-24 Bulan di Posyandu Wilayah Kecamatan Jatinangor. JSK.

Wijaya, A. D., Dina, K., & Amalia. (2015). Implementasi Pembelajaran Berbasis STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, Mathematics) Pada Kurikulum Indonesia. Seminar Nasional Fisika Dan Aplikasinya.

Downloads

Published

2020-12-30