Efektifitas Permainan Sirkuit Dalam Menstimulus Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini

Authors

  • Made Vina Arie Paramita Universitas Pendidikan Ganesha
  • Vivi Sufiati Universitas PGRI Madiun

DOI:

https://doi.org/10.29408/goldenage.v4i02.2615

Keywords:

Model Pembelajaran, Permainan Sirkuit, , Motorik Halus

Abstract

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penerapan permainan sirkuit dalam menstimulus kemampuan motorik halus anak usia dini. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen. Teknik dan instrument pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, lembar observasi dan lembar validasi atau angket. Teknik analisis data uji efektivitas yang digunakan adalah dengan analisis statistik nonparametrik Uji Wilcoxon atau uji tanda. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 14 anak. Adapun hasil dari analisis data menunjukkan J- adalah 2 dan nilai J tabel untuk N=13 adalah 17, sehingga dapat dilihat bahwa J- < dari J tabel (2 < 17), sehingga dapat disimpulkan bahwa permainan sirkuit efektif dalam menstimulus kemampuan motorik halus anak usia dini.

References

Abristiana, P. O., & Kristanti, A. (2020). Pengenalan Angka Menggunakan Permainan Puzzle Dan Pengaruhnya Terhadap Perkembangan Emosi Dan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini Di Play Group Se-Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember. Laplace: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 70-86.

Adawiyah Agustina, R., Shofa Ilhami, B., & Najamuddin. (2015). Pengembangan Model Permainan Tradisional Engklek Edukatif Dalam Mengembangkan Kemampuan Motorik Kasar Dan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. 5–6.

Agustina, S., Nasirun, M., & Delrefi, D. (2018). MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI BERMAIN DENGAN BARANG BEKAS. Jurnal Ilmiah Potensia, 3(1), 24-33.

Britto, P. R., Lye, S. J., Proulx, K., Yousafzai, A. K., Matthews, S. G., Vaivada, T., Perez-Escamilla, R., Rao, N., Ip, P., Fernald, L. C. H., Macmillan, H., Hanson, M., Wachs, T. D., Yao, H., Yoshikawa, H., Cerezo, A., Leckman, J. F., & Bhutta, Z. A. (2017). Nurturing Care: Promoting Early Childhood Development. The Lancet, 389(10064), 91–102. Https://Doi.Org/10.1016/S0140-6736(16)31390-3

Chairilsyah, D. (2019). Web-Based Application To Measure Motoric Development Of Early Childhood. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 13(1), 1–14. Https://Doi.Org/10.21009/10.21009/Jpud.131.01

Effi Kumala Sari. (2014). Peningkatan Perkembangan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Kolase Dari Bahan Bekas Di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Simpang Iv Agam. Pesona PAUD, 1(1), 1–11.

Elfiadi. (2016). Bermain Dan Permainan Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Itqan, VII(1), 51–60.

Faris, A., & Lestari, A. F. (2016). Anak Usia Dini. Teknik Komputer, 2(1), 59–67.

Hasanah, U. (2016). Pengembangan Kemampuan Fisik Motorik Melalui Permainan Tradisional Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1), 717–733. Https://Doi.Org/10.21831/Jpa.V5i1.12368

Khaironi, M. (2018). Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age Hamzanwadi University, 3(1), 1–12.

Maghfuroh, L. (2018). Metode Bermain Puzzle Berpengaruh Pada. Endurance, 3(1), 55–60.

Muarifah, A., & Nurkhasanah, N. (2019). Identifikasi Keterampilan Motorik Halus Anak. Journal Of Early Childhood Care And Education, 2(1), 14. Https://Doi.Org/10.26555/Jecce.V2i1.564

Novitasari, R., Nasirun, M., & D., D. (2019). Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Melalui Bermain Dengan Media Hulahoop Pada Anak Kelompok B Paud Al-Syafaqoh Kabupaten Rejang Lebong. Jurnal Ilmiah POTENSIA, 4(1), 6–12. Https://Doi.Org/10.33369/Jip.4.1.6-12

Paramita, M. V. A., & Sutapa, P. (2019). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Permainan Sirkuit Untuk Meningkatkan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Golden Age, 3(01), 1–15.

Sofia, A., & Fatmawati, N. (2019). Bermain Pembangunan Terhadap Keterampilan Motorik Halus Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 5(2).

Sugiyono. (2016). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. In CV Alfabeta. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.3929/Ethz-B-000238666

Syahrum, & Salim. (2012). METODOLOGI PENELITIAN KUANTITATIF.Pdf (P. 184)

.

Fitriani, R., & Adawiyah, R. (2018). Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 2(01), 25-34.

Widyasari, E. H., & Sutapa, P. (2019). Do Over-Active Kids Have Different Gross Motor Skills? 296(Icsie 2018), 383–386. Https://Doi.Org/10.2991/Icsie-18.2019.70

Yudiwinata, H. P., & Handoyo, P. (2014). Permainan Tradisional Dalam Budaya Dan Perkembangan Anak. Paradigma, 02, 1–5.

Published

2020-12-30