Model Layanan BK AUD Dengan Teknik Biblioterapi Untuk Meningkatkan Perilaku Empati
Keywords:
BK AUD, Teknik Biblioterapi, EmpatiAbstract
Layanan bimbingan konseling perlu di terapkan di semua jenjang pendidikan dikarenakan proses pengalaman belajar dan pembelajaran di tingkat pendidikan usia dini dan sekolah dasar akan berpengaruh terhadap perilaku di masa depannya di tingkat sekolah menengah pertama, sekolah menengah atas maupun tingkat perguruan tinggi. Untuk itu berdasarkan hasil dari pra-penelitian yang diperoleh dan didukung oleh pendapat para ahli perlu adanya model layanan BK AUD dengan teknik biblioterapi untuk meningkatkan perilaku empati. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and development) yang didasarkan pada prinsip-prinsip dan langkah-langkah dari Borg & Gall. Dari penelitian ini dihasilkan: (a) 1) Tingkat perilaku empati siswa di Kober Rabbani secara global sebelum diberi perlakuan berada pada kategori sedang, setelah diberikan perlakuan berada pada kategori tinggi. (b) Dihasilkan model layanan BK AUD dengan teknik biblioterapi untuk meningkatkan perilaku empati aud yang terdiri dari 7 komponen yaitu 1) Rasional, 2) Visi dan misi, 3) Tujuan, 4) Isi Layanan BK siswa PAUD dengan teknik biblioterapi, 5) Dukungan Sistem, 6) Prosedur Layanan BK siswa PAUD dengan teknik biblioterapi, 7) Evaluasi dan Tindak Lanjut. (c) Model Layanan BK AUD dengan teknik biblioterapi efektif dalam meningkatkan perilaku empati siswa Kober Rabbani.
References
ABKIN. (2008). Penataan Pendidikan Profesional Konselor dan Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Jalur Pendidikan Formal. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi : Departemen Pendidikan Nasional
Afolabi, Olukayode Ayooluwa. (2014). Psychosocial Predictors Of Prosocial Behaviour Among A Sample Of Nigerian Undergraduates. European Scientific Journal January 2014 edition vol.10, No.2 ISSN: 1857 – 7881 (Print) e - ISSN 1857- 7431
Albert, A. Paul., T. Thilagavathy., (2013). A Study on Pro-Social Behaviour and Parental Behaviour of Higher Secondary Students. International Journal of Science and Research (IJSR). ISSN (Online): 2319-7064
Baron, Robert A. & Byrne, Donn. (2005). Psikologi Sosial. Jakarta : Erlangga
Borg, Walter R. & Gall, Meredith Damien. (1983). Educational Research : An Introduction. New York and London ; Longman
C C Islami, E Gustiana .(2020). Layanan Bimbingan dan Konseling AUD Berbasis Tugas Perkembangan untuk Meningkatkan Perilaku Prososial. ISSN 2716-2974.
Chitra, Noor. (2019). Development of Guidance and Counseling's Model Services with Bibliotherapy Techniques to Improve Prosocial Behavior For Student of Primary School. volume 1179 No 012060
Gibson Robert L., & Mitchell Marianne H., (2011). Bimbingan dan Konseling. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Gladding Samuel T., (2012). Konseling: Profesi yang Menyeluruh. Edisi Keenam. Jakarta: Indeks.
Juntika Nurihsan. (2011). Bimbingan dan Konseling dalam Berbagai Latar Kehidupan. Bandung: Refika Aditama.
King, Laura A. (2010). Psikologi Umum : Sebuah Pandangan Apresiasif. Jakarta : Salemba Humanika
Norton, Michael I., (2013). Prosocial Spending and Well-Being: Cross-Cultural Evidence for a Psychological Universal. Journal of Personality and Social Psycholog. American Psychological Association. Vol. 104, No. 4, 635–652
Olson, Matthew H. (2013). Pengantar Teori-teori Kepribadian, Edisi Kedelapan. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Purwanto, Edi. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang
Santrock, John W. (2012). Life-Span Development (Perkembangan Masa-Hidup) Edisi Ketigabelas Jilid 1. Jakarta : Erlangga
Sari, Erlina Permata. (2013). Pengembangan Model Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Sosiadrama untuk Meningkatkan Sikap Empati. ISSN 2252-6889. http://journal.unnes.ac.id//sju/index.php/j
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta
Winkel & M. Sri Hastuti. (2006). Bimbingan dan Konseling. Yogyakarta : Media Abadi
Yusuf, Syamsu dan Juntika Nurihsan. (2010). Landasan Bimbingan & Konseling. Cetakan kelima. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Â
All writings in this journal are the full responsibility of the author. The Jurnal Golden Age provides open access to benefit anyone for valued information and findings. Jurnal Golden Age can be accessed and downloaded for free, free of charge, in accordance with the creative commons license used.Â
Â
Jurnal Golden Age by Universitas Hamzanwadi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jga/indexÂ