Model Layanan BK AUD Dengan Teknik Biblioterapi Untuk Meningkatkan Perilaku Empati

Authors

  • Chitra Charisma Islami STKIP Muhammadiyah Kuningan
  • Mira Mayasarokh STKIP Muhammadiyah Kuningan

DOI:

https://doi.org/10.29408/goldenage.v4i02.2630

Keywords:

BK AUD, Teknik Biblioterapi, Empati

Abstract

Layanan bimbingan konseling perlu di terapkan di semua jenjang pendidikan dikarenakan proses pengalaman belajar dan pembelajaran di tingkat pendidikan usia dini dan sekolah dasar akan berpengaruh terhadap perilaku di masa depannya di tingkat sekolah menengah pertama, sekolah menengah atas maupun tingkat perguruan tinggi. Untuk itu berdasarkan hasil dari pra-penelitian yang diperoleh dan didukung oleh pendapat para ahli perlu adanya model layanan BK AUD dengan teknik biblioterapi untuk meningkatkan perilaku empati. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and development) yang didasarkan pada prinsip-prinsip dan langkah-langkah dari Borg & Gall. Dari penelitian ini dihasilkan: (a) 1) Tingkat perilaku empati siswa di Kober Rabbani secara global sebelum diberi perlakuan berada pada kategori sedang, setelah diberikan perlakuan berada pada kategori tinggi. (b) Dihasilkan model layanan BK AUD dengan teknik biblioterapi untuk meningkatkan perilaku empati aud yang terdiri dari 7 komponen yaitu 1) Rasional, 2) Visi dan misi, 3) Tujuan, 4) Isi Layanan BK siswa PAUD dengan teknik biblioterapi, 5) Dukungan Sistem, 6) Prosedur Layanan BK siswa PAUD dengan teknik biblioterapi, 7) Evaluasi dan Tindak Lanjut. (c) Model Layanan BK AUD dengan teknik biblioterapi efektif dalam meningkatkan perilaku empati siswa Kober Rabbani.

References

ABKIN. (2008). Penataan Pendidikan Profesional Konselor dan Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Jalur Pendidikan Formal. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi : Departemen Pendidikan Nasional

Afolabi, Olukayode Ayooluwa. (2014). Psychosocial Predictors Of Prosocial Behaviour Among A Sample Of Nigerian Undergraduates. European Scientific Journal January 2014 edition vol.10, No.2 ISSN: 1857 – 7881 (Print) e - ISSN 1857- 7431

Albert, A. Paul., T. Thilagavathy., (2013). A Study on Pro-Social Behaviour and Parental Behaviour of Higher Secondary Students. International Journal of Science and Research (IJSR). ISSN (Online): 2319-7064

Baron, Robert A. & Byrne, Donn. (2005). Psikologi Sosial. Jakarta : Erlangga

Borg, Walter R. & Gall, Meredith Damien. (1983). Educational Research : An Introduction. New York and London ; Longman

C C Islami, E Gustiana .(2020). Layanan Bimbingan dan Konseling AUD Berbasis Tugas Perkembangan untuk Meningkatkan Perilaku Prososial. ISSN 2716-2974.

Chitra, Noor. (2019). Development of Guidance and Counseling's Model Services with Bibliotherapy Techniques to Improve Prosocial Behavior For Student of Primary School. volume 1179 No 012060

Gibson Robert L., & Mitchell Marianne H., (2011). Bimbingan dan Konseling. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Gladding Samuel T., (2012). Konseling: Profesi yang Menyeluruh. Edisi Keenam. Jakarta: Indeks.

Juntika Nurihsan. (2011). Bimbingan dan Konseling dalam Berbagai Latar Kehidupan. Bandung: Refika Aditama.

King, Laura A. (2010). Psikologi Umum : Sebuah Pandangan Apresiasif. Jakarta : Salemba Humanika

Norton, Michael I., (2013). Prosocial Spending and Well-Being: Cross-Cultural Evidence for a Psychological Universal. Journal of Personality and Social Psycholog. American Psychological Association. Vol. 104, No. 4, 635–652

Olson, Matthew H. (2013). Pengantar Teori-teori Kepribadian, Edisi Kedelapan. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Purwanto, Edi. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang

Santrock, John W. (2012). Life-Span Development (Perkembangan Masa-Hidup) Edisi Ketigabelas Jilid 1. Jakarta : Erlangga

Sari, Erlina Permata. (2013). Pengembangan Model Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Sosiadrama untuk Meningkatkan Sikap Empati. ISSN 2252-6889. http://journal.unnes.ac.id//sju/index.php/j

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta

Winkel & M. Sri Hastuti. (2006). Bimbingan dan Konseling. Yogyakarta : Media Abadi

Yusuf, Syamsu dan Juntika Nurihsan. (2010). Landasan Bimbingan & Konseling. Cetakan kelima. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2020-12-31