Pengembangan Media Frueelin Untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini

Authors

  • Narendradewi Kusumastuti STKIP Modern Ngawi
  • Vindy Lestari Putri STKIP Modern Ngawi
  • Arwendis Wijayanti Universitas Hamzanwadi

DOI:

https://doi.org/10.29408/goldenage.v5i01.3397

Keywords:

Frueelin, Roda Putar, Kognitif, Anak Usia Dini

Abstract

Perkembangan kognitif merupakan perkembangan yang sangat penting untuk dikembangkan sedini mungkin. Agar perkembangan kognitif dapat tercapai maka diperlukan alat dan media untuk merangsang perkembangan anak usia dini supaya dalam bermain, anak dapat seraya belajar. Peneliti telah melakukan wawancara dengan guru serta melakukan observasi bahwa terdapat beberapa anak yang kesulitan mengenal angka, mengatur benda berdasarkan ukuran bentuk. Permasalahan yang terlihat adalah media dan metode pembelajaran yang menarik dalam pembelajaran kognitif masih terbatas. Peneliti bersama dengan guru menindaklanjuti masalah tersebut dengan mengembangkan Media Frueelin dirancang dengan menggunakan metode penelitian Research and Development untuk pengumpulan data maka peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yaitu melakukan observasi, wawancara dan juga validasi ahli. Harapannya frueelin menjadi salah satu media permainan yang mampu meningkatkan perkembangan kognitif anak usia dini di KB Kamboja kec. Mantingan.  Hasil uji coba terbatas yang dilakukan di KB Kamboja menunjukkan peningkatan perkembangan kognitif pada anak usia 3-4 Tahun setelah bermain Frueelin.

Author Biography

Narendradewi Kusumastuti, STKIP Modern Ngawi

Pendidikan Anak Usia Dini

References

Agustin, P. A. & M. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA RODA PUTAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL BENTUK GEOMETRI ANAK USIA 4-5 TAHUN. Africa’s Potential for the Ecological Intensification of Agriculture, 53(9), 1689–1699.

Arsyad, A. (2012). kreatif mengembangkan media pembelajaran (Muna (ed.); 1st ed.). Gaung Persada.

Azizah, E. N., & Koesmadi, D. P. (2021). Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti PENGARUH METODE EKSPERIMEN MELALUI MEDIA REALIA TERHADAP KEMAMPUAN SAINS ANAK USIA DINI. 8, 82–91.

Briggs, L. J. (1977). Instructional Design,Educational Technology. Englewood Cliffs.

Gall, B. dan. (1983). Educational Research: An Introduction. Longman Inc.

Howard Gardner. (2000). ). Multiple Inteligences: Teori dan Praktek (terjemahan). Bata: Intraksa.

Hipziah, F. H. A. dan. (2020). PENGARUH PERMAINAN BALOK TERHADAP KETERAMPILAN KOGNITIF ANAK USIA 5 – 6 TAHUN DI PAUD BINA LESTARI MONTONG ARE KECAMATAN KEDIRI. Africa’s Potential for the Ecological Intensification of Agriculture, 53(9), 1689–1699.

Izzati, L., & Yulsyofriend. (2020). Pengaruh Metode Bercerita dengan Boneka Tangan Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(1), 472–481. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/486/431

Jaelani, M. (2012). Peningkatan Kemampuan Menulis Huruf Al-Qur’an Melalui Penggunaan Rotar Siswa Kelas III SD Negeri 2 Pegulon Kendal. 20, 1–8.

Koesmadi, D. P. (n.d.). PENGARUH CONSTRUCTIVE PLAY TERHADAP KEMAMPUAN PENGENALAN GEOMETRI DAN KLASIFIKASI PADA ANAK.

Mansur. (2005). Pendidikan anak usia dini dalam islam (K. Syafi’ie (ed.); 1st ed.). Pustaka pelajar.

Masykouri, P. &. (2011). Bermain bagi AUD dan Alat Permainan yang Sesuai Usia anak. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

S., T. S. dan M. (n.d.). Bermain, Mainan dan Permainan. Grasindo.

Sujiono, Y. S. dan B. (2010). Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak. Indeks.

Tanto, O., & Kristanto, A. (2015). Pengaruh Permainan Futsal Modifikasi Terhadap Perkembangan Motorik Kasar Pada Anak Usia 4-5 Tahun. PAUD Teratai, 4(2).

Published

2021-06-30